ABK Kapal Terbakar Ingin Pulang ke Sukabumi, Ardian: 25 Korban Masih Dicari

Senin 13 September 2021, 18:12 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - 5 ABK kapal terbakar yang selamat ingin pulang ke kampung halamannya, termasuk tiga orang warga Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Salah seorang awak yang selamat mengaku proses pencarian 25 awak kapal lainnya masih dilakukan basarnas dan pihak berwenang di perairan Maluku Tenggara, dua korban diduga meninggal terjebak di kapal yang terbakar.

Hal ini ditegaskan Ardian Rahman (30 tahun) wakil tekong atau kapten KM Hentri yang terbakar pada 3 September 2021. Ardian adalah satu dari tiga warga Kabupaten Sukabumi (Angga Framudia dan Asep Suryana) yang selamat bersama dua awak lainnya asal Jakarta (Henky) dan Ambon (La Asri).

"Iya kami ingin secepatnya pulang ke kampung halaman. Saat ini kondisi kami berlima sehat di Mess Pelabuhan Perikanan Kota Tual. Kami juga masih menunggu kabar dari 25 ABK lain yang dinyatakan hilang dan masih dalam proses pencarian," tegas Ardian kepada sukabumiupdate.com, melalui sambungan telepon, Senin (13/9/2021).

Menurut Ardian, proses pencarian sendiri masih terkendala cuaca buruk dan gelombang tinggi yang terjadi di perairan Maluku Tenggara. Dia belum mendapatkan informasi sampai kapan proses pencarian dilakukan oleh BASARNAS dan unsur terkait.

Baca Juga :

3 Warga Sukabumi, ABK Selamat dari Kapal Terbakar Dievakuasi ke Kota Tual

Ia mengakui jika saat ini BASARNAS fokus menemukan 25 awak KM Hentri yang bersama-sama meloncat dari atas kapal saat kebakaran terjadi. Saat itu, jelas Ardian 30 orang termasuk dia melompat ke air, karena sebagian besar badan kapal mulai terbakar. 

"2 lainnya sepengetahuan saya terjebak di ruang mesin yang terbakar, mereka saat itu tengah tertidur, kejadian kebakaran itu sebelum pukul 05.00 WIT. Saat kita berkumpul di bagian depan sebelum loncat ke air, dua orang itu tidak ada, kemungkinan masih terjebak di kapal," lanjutnya.

photo5 ABK yang selamat dari KM Hentri yang terbakar di perairan Maluku Tenggara, tiga diantaranya warga Kabupaten Sukabumi - (dok Kantor Basarnas Ambon )</span

Kedua orang yang terjebak didalam ruang mesin itu, tegas Ardian adalah warga Sukabumi yaitu Indra dan Damar. Sedangkan 25 yang masih dicari BASARNAS dipastikan berada di perairan karena sudah meloncat bersama 5 ABK yang diselamat oleh nelayan Tanimbar Kei termasuk Adrian.

"Kami berenang tak tau arah, kondisi gelombang saat itu juga cukup tinggi. Kami berlima diselamatkan oleh nelayan yang mencari ikan," sambungnya.

Adrian dan empat ABK selamat berhadap secepatnya bisa dipulangkan ke kampung halaman masing-masing. Ia mengaku selama ini hanya berkomunikasi dengan keluarga, belum ada informasi bantuan untuk memulangnya ke Sukabumi bersama Angga dan Asep.

"Kami ingin pulang tapi belum ada komunikasi dari perusahaan dan pemerintah daerah. Kami diterima baik oleh warga dan pemerintah daerah disini," tegasnya.

Baca Juga :

Daftar Nama Belasan Warga Sukabumi, ABK Kapal Ikan Terbakar di Perairan Maluku

Sementara mengutip rilis Basarnas Maluku, bahwa Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon pada Sabtu Sabtu 11 September 2021 melakukan evakuasi korban selamat dari tanimbar ke Kota Tual. Dijelaskan dalam proses tersebut juga dilakukan Ops SAR terhadap 25 korban yg hilang akibat terbakarnya KM.HENTRI di perairan Kepulauan Tanimbar dan Pulau Tanimbar Maluku Tenggara terus dilakukan

Pencarian menggunakan Kapal PSDKP Tual. Hingga pukul 1300 WIT, Tim Gabungan belum menemukan Tandas keberadaan korban. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh