Rumah Belajar Anak Yatim di Cihanjawar Sukabumi, Yamuti Beri Motivasi Pendidikan

Senin 15 Maret 2021, 08:24 WIB

SUKABUMIUDATE.com - Yamuti (Yayasan Mutiara Titipan Ilahi) kali ini melaksanakan Rumah Belajar untuk anak-anak yatim di wilayah utara Kabupaten Sukabumi di Desa Cihanjawar Kecamatan Nagrak, Senin (15/3/2021). Selain santunan, anak yatim ini diberi motivasi pendidikan, dibina untuk mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi.

Rumah belajar anak yatim ini berlangsung di Aula Desa Cihanjawar. Ketua Koordinator Yamuti Kota dan Kabupaten Sukabumi,  Suherdik menjelaskan rumah belajar tak hanya memiliki tujuan santunan tetapi ada motivasi untuk pendidikan, dan melakukan seleksi anak-anak yatim yang berprestasi untuk kemudian mendapatkan pembinaan lebih lanjut.

"Selain anak yang berprestasi, anak yatim yang benar tidak mampu setiap bulannya kami santuni program Pandan Harum serta Beasiswa Harapan Umat," jelas Suherdik kepada sukabumiupdate.com.

Masih Kata Suherdik, saat ini Yamuti memiliki anak binaan sekitar 201 orang. Berasal dari banyak Kecamatan dan dibina dalam Rumah Belajar. 

"Rumah belajar Cihanjawar ini adalah basis untuk wilayah Sukabumi utara, Palabuhanratu di Cisolok Cikelat sama programnya seperti ini juga," sambung  Suherdik.

Selain membina anak yatim dari kalangan tidak mampu dalam bentuk rumah belajar. Pembinaan pendidikan, juga dilakukan melalui Pelatihan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

"Ini berkelanjutan, bila ada anak-anak tidak mampu untuk sekolah umum, maka kami fasilitasi untuk kejar paket A,B,C. Selain itu ada juga pendidikan karakter building untuk berwiraswasta," pungkasnya.

photoSaat anak yatim menyampaikan harapannya di rumah belajar Cihanjawar Sukabumi bersama Yamuti - (RIZA)</span

Sementara itu, Kepala Desa Cihanjawar Dodi Rahmat menegaskan kerjasama dengan Yayasan Mutiara Ilahi ini dalam rangka merealisasikan visi misi Desa Cihanjawar, yaitu Harum (Harmonis, Religius Maju dan Mandiri). "Kegiatan dengan Yamuti ini sudah berlangsung lama sejak saya menjabat sebagai Kades disini," ucapnya.

Menurut Kades, kegiatan mulia dengan manfaat besar seperti ini akan mendapatkan perhatian lebih. "Mengedukasi generasi yatim dan yatim piatu, meningkatkan pendidikan moral dan akhlak sebagai benteng dasar, untuk menjadi manusia yang benar atau bisa mandiri kedepannya," tandasnya. 

Untuk informasi, Yayasan Mutiara Titipan Ilahi (Yamuti) juga menerima donatur yang bisa disalurkan melalui nomor Rekening 009201010756537 atau bisa menghubungi lewat Whatsapp 081911828132.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)