Kambing Mati Terkoyak di Cisolok Sukabumi, Pemilik Ternak: Ini Kejadian Pertama

Senin 10 Februari 2020, 07:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Camat Cisolok, Kurnia Lesmana mengaku sudah menerima laporan ihwal puluhan ekor kambing milik warga Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi yang mati dengan bekas luka gigitan di leher dan perut terkoyak. Namun demikian, Kurnia belum bisa memastikan penyebab kematian puluhan ekor kambing tersebut. 

BACA JUGA: Teror Kambing Mati di Desa Caringin Sukabumi Terjadi Sejak Januari

Ia mengatakan, perlu dilakukan kroscek langsung ke lapangan untuk memastikan penyebab kematian misterius puluhan ekor kambing tersebut.

"Laporan sudah ada, tapi penyebabnya belum bisa dipastikan kebenarannya karena apa. Dari laporan yang diterima, ada kemungkinan karena anjing hutan. Tapi warga belum ada yang menyaksikan secara langsung, karena kejadiannya malam hari," ujar Kurnia kepada sukabumiupdate.com, Senin (10/2/2020).

BACA JUGA: Puluhan Kambing Milik Warga Desa Caringin Sukabumi Mati dengan Tubuh Terkoyak

Lanjut Kurnia, berdasarkan data sementara yang dilaporkan warga, jumlah kambing yang mati secara misterius tersebut sekitar 20 ekor lebih.

"Untuk itu saya mengimbau kepada warga harus lebih berhati-hati dan waspada, menjaga ternaknya dan keselamatan pribadinya. Kejadian ini bisa jadi fenomena alam atau mungkin karena faktor lainnya," tandas Kurnia.

BACA JUGA: Mati Misterius, Kambing Warga Purabaya Sukabumi Diduga Dimangsa Ajag

Sementara Ketua BPD Caringin, Encep Nurjana menyebut, hingga hari ini, Senin (10/2/2020) berdasarkan hasil koordinasi dengan masyarakat, tidak ada lagi kejadian kambing mati misterius. Namun begitu warga berharap ada tindakan nyata dari dinas terkait untuk melakukan penelitian terhadap kematian kambing-kambing tersebut.

"Sudah kita tembuskan ke pihak terkait mengenai kejadian ini. Warga ingin ada kepastian kematian puluhan kambing ini akibat apa, karena sebelum-sebelumnya tidak pernah ada kejadian seperti itu. Ini pertama kalinya," singkatnya.

BACA JUGA: Ternak Warga Purabaya Sukabumi Diserang Hewan Buas? Banyak Bekas Gigitan

Diberitakan sebelumnya, warga Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi dibuat resah dengan kematian puluhan ekor kambing secara misterius. Peristiwa tersebut mulai terjadi pada pertengahan Januari lalu, kemudian terjadi lagi pada Sabtu (8/2/2020).

Beberapa kambing ditemukan dalam kondisi bagian tubuh tidak utuh kemudian terdapat bekas cakaran serta isi perut yang terkoyak. Biasanya kambing ditemukan mati tak jauh dari kandang. Peristiwa kambing mati misterius terjadi di beberapa kampung di Desa Caringin yaitu di Kampung Tipar, Kampung Babakanmangah dan Kampung Caringin

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)