TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Lokatmala Ultimatum IPB Sukabumi Soal Motif Batik di Gedung Kampus

Penulis
Kamis 29 Sep 2022, 22:23 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Motif batik ‘Kota Sukabumi Masagi’ yang dipakai sebagai ornamen di gedung kampus IPB Sukabumi berbuntut panjang. Pasalnya, penggunaan motif batik tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan pihak Lokatmala Sukabumi, pemilik motif batik tersebut.

Baca Juga :

Batik-Lokatmala-Sapa-Pakistan"> Produk Unggulan Indonesia, Dkawung dan Batik Lokatmala Sapa Pakistan

Penggunaan motif batik ‘Kota Sukabumi Masagi’ tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya Motif batik yang dibuat pada tanggal 21 Mei 2014 sudah memiliki sertifikat Hak atas Kekayaan Intelektual (Haki) HKI.2-01.000006502.

Terkait kejadian tersebut, pemilik batik Lokatmala Fonna Melania menunggu itikad baik dari pihak IPB Sukabumi. "Saya masih menunggu itikad baik IPB untuk menghubungi saya,” ujar Fonna kepada sukabumiupdate.com.

Fonna pun memberikan ultimatum kepada pihak IPB. Menurutnya, jika sampai Minggu, 2 Oktober 2022, tidak ada respon, maka Senin, 2 Oktober 2022, dirinya akan lanjut mengirim surat resmi kepada pihak IPB. 

Fonna menyebutkan jika masih tidak ditanggapi maka akan mensomasi IPB. “Sampai saat ini belum ada pihak dari sana yang menghubungi saya. Bagaimanapun pelanggaran hak cipta sudah ada undang-undangnya," tuturnya.

Lebih lanjut, Fonna menyatakan motif batik itu menempel di dinding luar atas dua gedung IPB Sukabumi. "2 spot berhadapan, Ukuran [gambar batiknya] besar," katanya.

Fonna mengatakan kejadian serupa pernah terjadi pada tahun 2016, "Sekitar tahun 2016, saya mendapatkan temuan motif Masagi dipakai di seragam Batik SD hampir seluruh Kota Sukabumi," ujarnya. 

"Namun saya dibantu Dinas Pendidikan, Pemda Kota Sukabumi dan Polresta Kota sehingga selesai," ujarnya.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x