Pimpin Upacara HUT ke -77 RI, Ini Pesan Wali Kota Sukabumi

Rabu 17 Agustus 2022, 14:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Kota Sukabumi diselenggarakan di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Rabu (17/8/2022).

Dalam upacara tersebut Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjadi Inspektur upacara dan hadir pula Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami serta unsur Forkopimda.

Selanjutnya bertindak sebagai pembaca teks pancasila Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Arianto, pembaca naskah pembukaan UUD 45 Kajari Kota Taufan Zakaria dan pembacaan naskah proklamasi Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman. Seusai upacara di Lapang Merdeka dilanjutkan dengan mengikuti upacara HUT kemerdekaan secara nasional melalui virtual di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Baca Juga :

Dalam pidatonya Fahmi berpesan Indonesia menyatakan diri sebagai sebuah negara merdeka dari segala penjajahan kolonialisme. Menurut dia, perjuangan untuk meraih kemerdekaan sangat berat dan harus bersatu jiwa dan raga. 

Fahmi menyatakan pahlawan yang gugur ketika berusaha memperjuangkan kemerdekaan merupakan para pahlawan yang telah berjuang dengan penuh semangat dan waspada.

“Peringatan kemerdekaan ini tentunya menjadi refleksi untuk kita semua. Apakah Setelah Proklamasi 17 Agustus 1945 tahun secara fisik kita memang sudah merdeka dan diakui sebagai sebuah negara yang berdaulat," kata Fahmi dalam pidatonya. 

Menurut Fahmi, penjajahan di era digital sekarang ini yakni menjadi penjajahan yang lebih mengarah kepada kesehatan mental. 

"Karena globalisasi membuat segala hal cepat berubah tanpa disangka-sangka. Hal ini mengancam kedaulatan, negara bukan terancam perang senjata tetapi dengan berita hoax merajalela di media sosial sehingga merusak persatuan dan kesatuan," kata Fahmi.

Pertemanan yang tadinya damai ungkap Fahmi, kini menjadi hancur hanya karena sebuah perbedaan, kebencian mendalam seolah menjadi senjata andalan dalam rangka merusak negara ini dari dalam. Dulu presiden Soekarno berpesan. "Perjuangan kami lebih mudah karena hanya mengusir penjajah, tapi perjuangan kalian lebih sulit karena akan melawan bangsa sendiri" dan betul hal itu kini terbukti benar adanya.

Kini lanjut Fahmi, bibit perpecahan terlihat dari berbagai sudut kehidupan terlebih media sosial yang tidak terkendali. Akan tetapi perlu diingat bahwa sebagai bangsa Indonesia selama ini telah terbukti dan mampu mengatasi berbagai permasalahan.

"Kita harus membuktikan perbedaan tidak akan menghancurkan bangsa kita justru akan menguatkan untuk selalu maju bersama-sama," kata Fahmi. 

Dia mengajak mari lupakan dan kubur sedalam dalamnya kebencian yang masih tersisa dari diri dan saatnya kembali merajut asa membangun negeri dengan karya terbaik dari setiap anak bangsa.

Dengan karya terbaik negara ini akan tegak berdiri dan disegani di dunia. "Pada peringatan HUT Indonesia ke 77 ini mari curahkan hati dan pikiran dengan niat untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia," ujarnya. 

Perjuangan mencapai kemerdekaan telah tercatat dalam sejarah, dan tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah. Khususnya pada tahun ini memperingati HUT RI ke-77 tahun 2022 dengan semangat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

Semangat tersebut sedang dibuktikan bersama melalui presidensi G20 Tahun 2022. Dengan peran besar bangsa dalam menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan perekonomian dunia.

"Mari isi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan sesuai dengan bidang masing-masing menuju kepada cita-cita kemerdekaan yang pada hakikatnya merupakan juga cita-cita luhur para pahlawan yang gugur mendahului,'' kata Fahmi. Yakni terbentuknya kehidupan masyarakat yang adil dan makmur.

Fahmi mengajak teruskan semangat para pahlawan itu dengan semangat pembangunan. Sebab itulah yang menjadi roda penggerak dalam mengisi kemerdekaan.

Selama kurang lebih empat tahun menerima amanah sebagai wali kota dan wakil wali kota kata Fahmi, ia senantiasa berupaya melakukan perubahan-perubahan dan berinovasi dalam membangun kota tercinta.

Untuk itu tutur Fahmi, pemda mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak dalam mewujudkan Kota Sukabumi yang religius, nyaman, dan sejahtera. Ke depan banyak hal yang diperbuat untuk mewujudkan kota yang lebih baik lagi.

Dengan kolaborasi, sinergi, dan persatuan sedikit demi sedikit permasalahan kota dapat diselesaikan. Misalnya kesemrawutan kota di beberapa kawasan dapat dibenahi dan ditata kembali.

"Sehingga menjadikan kota nyaman untuk ditinggali sesuai dengan namanya Sukabumi atau suka bumen yakni kota yang nyaman tentunya akan membuat warganya menjadi bahagia. Mengisi kemerdekaan selain dengan pembangunan juga dengan merawat dan menjaga hasil pembangunan.

Mari jaga dan pelihara keindahan kota, persatuan dan kesatuan. Mari jaga kondusifitas kota dan jadi pribadi yang positif yaitu pribadi yang saling mendoakan dan jauhi pribadi negatif yakni pribadi saling menjatuhkan. ''Mari jaga dan pelihara semangat mengisi kemerdekaan dengan hal hal positif,'' ujar Fahmi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi18 Juli 2024, 23:57 WIB

Tangis Histeris Pedagang Tahu di Sukabumi Diduga Jadi Korban Hipnotis, Uang Rp3 Juta Raib

Seorang pria paruh baya pedagang tahu keliling menangis histeris usai diduga jadi korban hipnotis di Nagrak Sukabumi.
Engkos menangis histeris karena uang hasil jualannya raib dibawa pelaku. Dugaan penipuan modus hipnotis ini terjadi di Nagrak Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar video/Istimewa)
Sukabumi18 Juli 2024, 22:25 WIB

Pemkot Sukabumi Terbitkan Buku Data Statistik Sektoral Daerah, Cek Akses Bacanya di Sini

Berikut link buku Data Statistik Sektoral Daerah tahun 2024 yang diterbitkan Diskominfo Kota Sukabumi.
Kepala Diskominfo Kota Sukabumi Rahmat Sukandar saat menyerahkan buku Data Statistik Sektoral Daerah tahun 2024 kepada Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. (Sumber : @diskominfo_sukabumikota)
Sukabumi18 Juli 2024, 20:59 WIB

Pengacara Terlapor Hargai Proses Hukum Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu

Kuasa Hukum SRP buka suara terkait kasus pelecehan seksual finalis putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi yang kini naik ke tahap penyidikan.
Gedung Satreskrim Polres Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Bola18 Juli 2024, 20:20 WIB

Adam Alis Resmi Jadi Pemain Baru Persib Bandung

Adam Alis didatangkan Persib Bandung dari Borneo FC dengan status pinjaman dengan opsi kontrak permanen.
Persib Bandung umumkan Adam Alis sebagai pemain baru. (Sumber : Medsos Persib)
Jawa Barat18 Juli 2024, 20:20 WIB

Kecam Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu, Kohati Badko Jabar Minta Pelaku Dihukum Berat

Korps HMI Wati Badan Koordinasi (Kohati Badko) Jawa Barat memberikan perhatian serius terhadap kasus pelecehan seksual yang diduga melibatkan Ketua Panitia Hari Nelayan Palabuhanratu 2024.
(Foto Ilustrasi) Unit PPA Polres Sukabumi menangani kasus dugaan pemerkosaan salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Sukabumi18 Juli 2024, 20:01 WIB

Target Rampung 75 Hari, Dinas PU Perbaiki Jalan Caringin-Cidahu Sukabumi

Proyek ini merupakan bagian dari upaya Dinas PU Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di Cidahu.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi mulai perbaiki ruas jalan Caringin-Cidahu di Desa Pondokkaso Tengah. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Mengelola Strategi Perilaku ADHD Pada Anak Anda

Ada Beberapa Strategi Terbaik untuk Mengelola Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua.
Ilustrasi - Ada Beberapa Strategi Terbaik untuk Mengelola Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua. (Sumber : Pixabay.com/@SarahRichterArt)
Sukabumi18 Juli 2024, 19:29 WIB

Bocah 10 Tahun di Cidadap Sukabumi Lumpuh Sejak Balita, Butuh Biaya Pengobatan

Ali yang berusia 10 tahun tidak bisa berinteraksi atau bermain dengan anak-anak seusianya. Berat badannya hanya berkisar antara 8 hingga 9 kilogram, setara dengan berat badan anak usia lima tahun.
Muhamad Ali Mursali (10 tahun) dan sang ibu, Solihat, warga di Cidadap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Arena18 Juli 2024, 19:13 WIB

Peslalom Asal Sukabumi Naik Podium di Autokhana Championship Kejurnas 2024

Bikin bangga, pembalap asal Sukabumi raih juara 2 di event Autokhana Championship Kejurnas 2024.
Bikin bangga, pembalap asal Sukabumi raih juara 2 di event Autokhana Championship Kejurnas 2024. (Sumber : Istimewa).
Sehat18 Juli 2024, 19:00 WIB

3 Gejala ADHD Pada Anak yang Umum Terjadi, Orang Tua Perlu Mengetahuinya

Ada Beberapa Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua.
Ilustrasi -  Ada Beberapa Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua. (Sumber : pexels.com/@Ketut Subiyanto).