Kondisi dan Strategi Kabupaten Sukabumi Dalam Mengawal Demokrasi Ditengah Pandemi

Senin 19 Oktober 2020, 03:59 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Pemerintah Kabupaten Sukabumi bersama daerah-daerah lain di Indonesia yang menggelar pilkada serentak tahun 2020 ini, memiliki tugas berat. Kabupaten Sukabumi harus memastikan kesehatan bersama masyarakat ditengah pandemi covid-19 disatu sisi disisi lainnya mewujudkan pemilihan pemimpin daerah (Bupati dan Wakil Bupati) berjalan demokratis, sesuai aturan, lancar tanpa ekses.

Lalu apa strategi pemerintah daerah, Pjs Bupati Sukabumi R Gani Muhamad bersama jajarannya hari ini Senin (19/10/2020) membeberkannya dalam update talk, dialog media sosial sukabumiupdate secara live yang dipandu oleh Oksa Bahtiar Chamsyah. Dalam kesempatan ini R Gani Muhamad  mengawalinya dengan menjelaskan tentang kewenangan tugas pokok Pjs Bupati sesuai aturan yang berlaku di Indonesia.

“Memastikan penyelengaraan pilkada agar berjalan lancar dan kondusif adalah satu tugas pokok Pjs kepala daerah termasuk menjaga netraliras ASN. Sekaligus tugas sebagai ketua satgas covid-19, diamanahkan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan masyarakat,” jelas R Gani Muhamad.

Dua point ini menjadi pentingan ditengah banyaknya tugas pokok seorang Pjs Bupati Sukabumi karena terkiat situasi saat ini ditengah pandemi covid-19. Menurut Gani, selain kesehatan sisi ekonomi masyarakat juga tak kalah penting untuk dipastikan tetap berjalan.

BACA JUGA: Pesan R Gani Muhamad Soal Jaga Jarak ke Demonstran, Bikin Buruh Bukan Muhrim Tersipu Malu

“Ekonomi jangan sampa terabaikan, jadi intinya saat ini bagaimana pemerintah memastikan dua sisi ini kesehatan da ekonomi berjalan beriringan,” sambungnya.

Lalu apa yang tengah dilakukan dan akan dilakukan oleh Pemkab Sukabumi saat ini dan kedepan karena, kondisi penyebaran covid-19 saat ini terus terjadi. Hari kemarin, Satgas Kabupaten Sukabumi mengumumkan penambahan 62 kasus terkonfirmasi positif, jumlah terbesar dari siklus penambahan kasus covid yang tiap hari diupdate oleh satgas. 

R Gani mengungkapkan sosialisasi dan eduasi harus terus dilakukan kepada masyarakat. Saat ini dua point tersebut menjadi tugas utama seluruh aparatur pemerintah di Kabupaten Sukabumi. 

“Sebelum ada 3M harus 3 I dulu, meningkatkan Iman sesuai kultur masyarakat Kabupaten Sukabumi yang agamis. Artinya meningkatkan Iman agar kita tidak bernafsu melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak berguna. Mampu mengendalkan diri sendiri,” bebernya.

BACA JUGA: 47 Camat Dikumpulkan Pjs Bupati Sukabumi, Bahas Pilkada di Tengah Pandemi

Kedua bagaimana meningkatkan Ilmu kita, jangan ini dianggap hoax. Dengan ilmu kita mengetahui dan memahami jika covid-19 itu ada. Ketiga bagaimana kita meningkatkan Imunitas, menjaga kesehatan kita. Kondisi saat ini siapa yang sehat itu yang mampu bertahan,” sambung R Gani.

Selanjutkan dalam menjaga kesehatan masyarakat termasuk ditengah tahapan-tahapan pilkada 2020, sosialisasi dan penegakan protokol kesehatan akan terus dilakukan. “3 M, dan bagaimana kita terus mengedukasi dan masyarakat untuk memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun, menjadi tugas utama seluruh jajaran ASN Kabupaten Sukabumi.Kita tidak boleh bosan mengingatkan masyarakat untuk hal ini, bila memang diperlukan sanksi protokol kesehatanpun akan kita terapkan,” beber R Gani yang sebelum menjadi sebagai Pjs Bupati Sukabumi adalah Kabiro Hukum Kemendagri.

Penerapan saksi bukan hukuman, tapi bentuk sayangnya pemerintah kepada kesehatan masyarakat. Operasi gebrak masker yang saat ini terus dilakukan oleh pemerintah wilayah kecamatan akan terus dilakukan. "Tidak peduli masyarakat sudah punya masker, atau malas pakai masker. Kita bagikan terus masker sebagai upaya edukasi," lanjut Gani.

Pemda juga tengah memikirkan opsi rumah sakit darurat jika memang diperlukan untuk mengisolasi pasien covid tanpa gejala di Kabupaten Sukabumi. "Saat ini Kabupaten Sukabumi masih di zona oranye (sedang). Kita mengalami tekanan dengan penambahan kasus yang cukup signifikasi. Kita tentu terus berupaya agar bisa masuk ke zona kuning (rendah)."

Pilkada dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan ketat saat ini menjadi konsen pemerintah baik pusat maupun daerah. Pemkab Sukabumi terus menghimbau kepara paslon untuk ikut menekan serendah-rendahnya covid-19. 

Pasangan calon diarahkan kampanye protokol kesehatan seperti covid-19. "Kampanye bagi-bagi masker, ikut sosialisasi protokol kesehatan karea siapapun yang akan terpilih nanti masalah yang akan dihadapi tetap sama yaitu menekan penyebaran covid-19," pungkas R Gani.  

Untuk lebih mengetahui kondisi pandemi covid-19 dan apa yang dilakukan Pemkab Sukabumi saat ini terutama terkait mensukseskan pelaksaan pilkada 2020, simak obrolannya di update talk edisi mengawal Mengawal Demokrasi Ditengah Pandemi.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Internasional21 Mei 2024, 14:00 WIB

Covid-19 di Singapura Meledak Nyaris Dua Kali Lipat, Warga Diminta Pakai Masker

Warga diminta pakai masker, imbas kasus Covid-19 di Singapura kembali meledak
Ilustrasi. Warga diminta pakai masker, imbas kasus Covid-19 di Singapura kembali meledak. (Sumber : pixabay.com/@Tumisu)
Sukabumi21 Mei 2024, 13:55 WIB

Pemkot Sukabumi Komitmen Dukung PPDB Objektif, Transparan, dan Akuntabel

Kusmana menekankan pentingnya komitmen semua pihak untuk mematuhi aturan yang berlaku dalam PPDB.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menandatangani komitmen dukungan penyelenggaraan PPDB pada Selasa (21/5/2024) di Oproom Setda Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat21 Mei 2024, 13:45 WIB

5 Makanan Terburuk Untuk Kadar Gula Darah, Hindari Sebisa Mungkin!

Ada beberapa makanan buruk yang dapat menjadi penyebab kadar gula darah meningkat, lalu akhirnya menimbulkan berbagai penyakit. Maka dari itu mulailah untuk coba hidup sehat dengan mengubah pola makan lebih sehat
Ilustrasi permen adalah salah satu makanan terburuk yang berpengaruh pada lonjakan gula darah (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih21 Mei 2024, 13:37 WIB

Kurang Data Pendukung, MK Tolak Gugatan PDIP Soal Suara PAN di Sukabumi

Mahkamah Konstitusi menyatakan menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) DPR RI yang diajukan oleh PDIP terkait dugaan penggelembungan suara PAN di daerah pemilihan Kota dan Kabupaten Sukabumi
Sidang Mahkamah Konstitusi soal gugatan PDIP terkait penggelembungan suara PAN di Dapil Jabar IV (Kota dan Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok. MK
Kecantikan21 Mei 2024, 13:30 WIB

9 Bahan Alami Masker Wajah yang Tidak Cocok untuk Kulit Sensitif, Bisa Iritasi!

Memilih bahan alami yang aman dan cocok untuk jenis kulit adalah kunci untuk mendapatkan manfaat maksimal tanpa risiko iritasi atau kerusakan kulit.
Ilustrasi. Bahan Alami Masker Wajah yang Tidak Cocok untuk Kulit Sensitif, Bisa Iritasi! (Sumber : Pexel.com/AndreaPiacquadio)
Life21 Mei 2024, 13:15 WIB

10 Kesalahan Orang Tua Saat Mendisiplinkan Anak, Jangan Mempermalukannya!

Ada beberapa kesalahan yang dilakukan orang tua saat mendisiplinkan anak.
Ilustrasi. Ada beberapa kesalahan yang dilakukan orang tua saat mendisiplinkan anak. (Sumber : pexels/augustderichelieu)
Sehat21 Mei 2024, 13:00 WIB

8 Faktor Pemicu Asam Urat Susah Sembuh dan Cara Mengelolanya

Faktor Pemicu Asam Urat Susah Sembuh. Kurangnya aktivitas fisik dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan dan resistensi insulin, yang keduanya dapat meningkatkan risiko asam urat.
Ilustrasi. Orang dewasa sakit asam urat sedang istirahat. (Sumber : Pexels.com/ MarcusAurelius)
Keuangan21 Mei 2024, 12:56 WIB

9,9 Juta Anak Muda Nganggur dan Tak Sekolah, Kerja Sulit Sekolah Mahal?

Disebutkan hingga tahun 2023, ada 9 juta penduduk indonesia khususnya generasi muda usia 14 - 24 tahun tidak bekerja alias nganggur alias jadi pengangguran atau tidak bekerja bahkan tidak bersekolah.
Ilustrasi pencari kerja. BPS catat 9,9 juta anak muda (generasi Z) di indonesia nganggur dan tak sekolah (Sumber: istimewa)
Sehat21 Mei 2024, 12:45 WIB

7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tulang dan Sendi Tetap Sehat di Usia 40-an

Jika memiliki keinginan agar tulang dan sendi tetap sehat di usia 40-an adalah dengan terus menjaga kesehatan seperti olahraga secara rutin, mengubah pola makan, ganti gaya hidup jadi lebih sehat dari sebelumnya.
Ilustrasi olahraga secara rutin jika ingin tulang dan sendi tetap sehat hingga usia 40-an (Sumber : Freepik.com)
Life21 Mei 2024, 12:30 WIB

7 Strategi Disiplin Balita yang Jarang Diketahui Orang Tua, Yuk Cari Tahu Bunda

Dengan hanya mengatakan “tidak” pada anak ketika melarang melakukan sesuatu, biasanya hal itu tidak selalu berhasil. Selain itu, sebagai orang tua perlu membuat mereka belajar untuk tidak kehilangan ketenangan dalam prosesnya
Ilustrasi strategi untuk membuat balita displin agar bisa menikmati masa pertumbuhannya (Sumber : Pexels.com/@Brettsayles)