Dampak Corona Virus Bagi Pebisnis dan Pengusaha

Selasa 03 November 2020, 20:20 WIB

Oleh: Siti Nurahmawati

Mahasiswa Universitas Nusa Putra Prodi Manajemen

Di tahun ini sedang maraknya wabah virus Corona  hampir dari seluruh penjuru Dunia. Virus ini telah menyita perhatian banyak pihak, virus ini telah melumpuhkan perekonomian. Perusahaan dan pembisnis  negara banyak yang mengalami kerugian. Masyarakat menjerit karena banyak yang tidak bisa bekerja mencari nafkah, sementara itu kebutuhan hidup terus menuntut, sebelum terjadi wabah virus Corona, orang-orang bebas berpergian  hingga malam hari, seperti liburan, shopping , anak-anak pergi bersekolah, orang tua mencari nafkah, dan mahasiswa pergi ke kampus. Akibat wabah ini membuat banyak orang tidak keluar rumah, dan pemerintah mengeluarkan peraturan bagi siapa yang berkeliaran di luar rumah akan dipenjarakan. Peraturan ini menjadikan masyarakat benar-benar harus tinggal di dalam rumah (stay at home). Kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap segala sisi kehidupan, hal ini sangat berdampak terhadap perekonomian dunia usaha.

Dampak bagi pebisnis

Pemberlakuan social distancing dan phycial distancing membatasi ruang gerak masyarakat, bahkan Lockdown mengakibatkan masyarakat tidak bisa beraktivitas di luar rumah bahkan mereka yang bekerja harian atau pedagang kaki lima. Banyak pihak yang merasakan dampak dari pandemi ini, seperti pendapatan Masyarakat berkurang, terutama yang berpenghasilan harian seperti buruh, pedagang ,ojek online dan lainnya.

Dampak negatif penyebaran virus ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat  saja, tetapi dunia usaha baik sekala kecil, menengah, maupun sekala besar. Berikut beberapa dampak pagi pembisnis akibat pandemi ini.

• Perhotelan

Dimasa pandemi ini orang-orang jarang dan bahkan sedikit yang keluar rumah, maka semakin sedikit dan semakin jarang orang-orang untuk mengunjungi dan menginap di hotel. Bahkan  data  menunjukkan jumlah tamu mengalami penurunan hingga puluhan persen di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini menyebabkan sebagian pembisnis perhotelan  mengurangi pengeluaran dengan cara mencutikan karyawan, jika pandemi ini  berlangsung hingga jangka panjang memungkinkan pihak perhotelan melakukan pemutusan hubungan Kerja (PHK). Pembisnis perhotelan berharap pemerintah memberikan insentif agar industri ini dapat bertahan. 

• Pariwisata 

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan kekhasan dan keunikannya tersendiri, dengan ini menjadikan Indonesia memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. 

Pariwisata merupakan sektor yang sangat penting bagi Indonesia. Dengan keindahan alam, kultur dan warisan leluhur Indonesia yang sangat asli dari nenek moyang yang  menjadikan nilai lebih yang patut kita jaga.

Dampak dari virus Corona bagi pariwisata Indonesia. Menurut data Badan Pusat statistik. Jumlah kunjungan wisata mancanegara ke Indonesia pada tahun 2020 mengalami penurunan dibandingkan pada tahun 2019 . Sejak adanya intruksi menjaga jarak dan beraktivitas di rumah saja, menjadikan sektor pariwisata menjadi lesu. Bayang-bayang dirumahkan atau PHK maupun tutup semakin dekat. Pada situasi ini industri berharap adanya peran aktif pemerintah dalam menjaga agar kondisi bisnis pariwisata tetap stabil dan terlindungi ekosistem bisnis usahanya dari dampak virus Corona.

Dampak bagi perusahaan 

Virus Corona memberikan dampak yang cukup signifikan bagi perekonomian, bahkan beberapa perusahaan terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Ada 7 dampak virus Corona bagi perusahaan yaitu diantaranya.

• Lapangan usaha menerapkan PHK

Dampak dari virus ini membuat perusahaan di Indonesia mengambil langkah seperti pengurangan tenaga kerja hingga penundaan tenaga kerja baru.

• Perusahaan skala kecil dan menengah kurangi rekrutmen

Faktanya bahwa ada banyak perusahaan yang memilih untuk melakukan penundaan rekrutmen hingga waktu yang tidak ditentukan demi menjaga keberlangsungan perusahaan.

• Perusahaan hanya merekrut pekerja produktivitas tinggi dan multitasking

Mayoritas perusahaan hanya akan merekrut pekerja yang memiliki produktivitas tinggi dan mampu melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu.

• Pelaku usaha lebih memilih outsourcing

Pekerja kontrak akan lebih diminati oleh pelaku usaha karena fleksibilitasnya dalam hubungan ketenagakerjaan,

• Hanya perusahaan dengan teknologi masih bisa berkembang

Hanya perusahaan yang Menggunakan teknologi yang masih bisa berkembang pada saat ini hingga nanti pasca pandemi

• Banyaknya perusahaan yang tutup permanen

Tidak hanya pekerja yang mendapat banyak kerugian dari adanya pandemi ini, perusahaan juga merasakan kerugian yang cukup besar hingga mereka perlu menutup perusahaan mereka.

• Jalannya perusahaan terganggu

Terlebih lagi untuk perusahaan produksi Pasti sangat terganggu, karena mereka tidak bisa melakukan produksi akibat dari karyawan yang tidak berada di tempat kerja, berbeda dengan perusahaan yang menggunakan teknologi meski karyawan bekerja dari rumah kegiatan perusahaan masih terus bisa berjalan.

Kita semua berharap agar virus ini dapat segera terselesaikan dan kehidupan berjalan secara normal seperti semula, Oleh karena itu Mari kita lakukan upaya dalam membantu pemerintah dalam menangani wabah ini dengan melakukan dari hal kecil seperti menggunakan masker, selalu mencuci tangan, menjaga jarak dan tetap berada di dalam rumah.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Di Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap di Malam Hari

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup