Kondisi PDB di Indonesia Saat Ini

Selasa 21 April 2020, 09:20 WIB

Oleh: Neng Wulan 

(Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Nusa Putra Sukabumi)

Tahukah anda atau masyarakat Indonesia semua mengenai Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia saat ini? Jika di lihat dari tahun ke tahun pertumbuhan PDB di  Indonesia ini selalu berubah, dan ini juga tentu sangat berpengaruh ke perekonomian Indonesia.

Maka dari itu, ada baiknya juga kita sebagai masyarakat Indonesia mengetahui lebih dalam lagi apa itu PDB dan bagaimana kondisi PDB di Indonesia saat ini, apakah ada kenaikan atau penurunan di tahun sekarang, dan hal apa saja yang dapat mempengaruhi naik turunnya PDB tesebut.

PDB adalah nilai semua pasar barang dan jasa yang di produksi oleh suatu negara pada periode tertentu. Dan PDB juga merupakan salah satu metode untuk menghitung pendapatan nasional. Dan dalam bahasa internasional juga Produk Domestik Bruto (PDB) di sebut juga dengan sebutan Gross Domestic Product (GDP).

PDB juga bisa dikatakan sebagai indikator ekonomi suatu Negara untuk mengukur jumlah total nilai produksi dimana jumlah total ini di hasilkan oleh semuan orang atau perusahaan baik yang dimiliki oleh lokal atau asing di suatu Negara. PDB juga tidak mempertimbangkan perusahaan atau warga Negara yang menghasilkan barang atau jasa Negara tersebut.

Di dalam PDB ada juga yang di sebut dengan nilai nominal dan nilai riil yang dimana kedua nilai itu dapat di hitung dengan menggunakan harga yang berlaku atau harga dasar yang konstan, dan ada juga yang di hitung nya mengukur nilai barang dan jasa akhir dengan harga yang berlaku di pasar pada tahun tertentu.

PDB juga memiliki beberapa manfaat yaitu seperti:

- Mengukur laju pertumbuhan ekonomi nasional 

- Membandingkan kemajuan ekonomi antar Negara 

- Sebagai landasan perumusan kebijkan pemerintah 

- Mengatur struktur perekonomian suatu Negara

Dengan adanya ke empat manfaat itu negara bisa mengetahui sudah sejauh mana perekonmian dalam negaranya tumbuh, dan negara juga bisa membandingkan kelemahan dan keunggulan setiap negaranya serta adanya kebijakan yang di hasilkan suatu negara akan sulit di pastikan dan akan berhasil atau tidak bisa di lihat dari landasan perumusuan kebijakan pemerintah tersebut.

Dan kondisi PDB di Indonesia saat ini yaitu di lihat dari tahun sebelum nya indonesia PDB nya meningkat dan mencapai menjadi 5,07 persen di banding tahun kemarin yang hanya mencapai 5,06 persen. Dan PDB juga memiliki perbedaan antara PDB dalam miliyar USD dan PDB perkapita dalam USD. Perbedaan kedua nya dapat kita lihat atau bandingkan dengan tabel berikut:

Dari kedua tabel tersebut kita dapat melihat perbedaan antara keduanya, dimana pada PDB dalam Miliyar USD yaitu mengalami angka penurunan pada tahun 2013-2015. Sedangkan di PDB Perkapita dalam USD mengalami angka penurunana pada tahun 2013-2016, yang dimana terjadi penurunan yang banyak pada PDB Perkapita Dalam USD di banding PDB Dalam Miliyar USD. 

Di Indonesia saat ini,  PDB mencapai  1,016 Triliun USD, PDB juga bisa mengalami kenaikan ketika suatu perusahaan atau orang yang bekerja bisa menghasilkan barang dan jasa yang lebih banyak lagi dari sebelumnya. PDB juga bisa mengalami penurunan apabila perusahaan atau orang yang bekerja hanya menghasilkan sedikit barang dan jasa yang mereka hasilkan.

Penyebab atau yang mempengaruhi suatu perusahaan bisa menghasil kan barang dan jasa yang banyak atau sedikit bisa kita lihat dari permintaan, kalau permintaan naik maka perusahaan atau orang yang menghasilkan barang dan jasa juga bisa menghasilkan kenaikan   PDB, begitupun sebaliknya jika permintaan kurang maka perusahaan dan orang yang menghasilkan barang dan jasa akan mengalami penurunan pada PDB.

Menurut sumber yang saya baca tidak hanya di lihat dari situ saja, pendapatan PDB di Indonesia juga bisa di lihat dari perkapitanya, dimana PDB perkapita merupakan pendapatan rata-rata penduduk yang di peroleh dari hasil pembagian pendapatan nasional di bagi dengan jumlah penduduk.

Saat ini PDB di Indonesia mencapai Rp51,89 juta serta 3.876 USS dan  pada tahun lalu pendapatan penduduk Indonesia naik 8,1 persen di banding tahun sebelum nya hanya Rp47,97 juta pertahun. 

Tabel di atas  ini juga bisa kita lihat PDB perkapita nya dari tahun 1999 sampai 2017 yang terus menerus mengalami kenaikan, pada tahun 1999 PDB perkapitanya yaitu hanya mencapai 5,2juta perkapita. Sedangkan pada tahun 2017 PDB perkapitanya mencapai 51,9juta perkapita.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 15:23 WIB

6 Sikap yang Membuat Anda Sulit Dipercaya Orang Lain di Masyarakat

Beberapa sikap dalam hidup rupanya berpengaruh terhadap penilaian orang lain, salah satunya menjadi patokan apakah dipercaya apa tidak di mata orang
Sikap yang membuat orang sulit dipercaya | Foto : Pexels/Liza Summer
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Bejat, Gadis 13 Tahun Digilir 8 Remaja di Kosan Usai Dicekok Miras di Sukabumi

Berawal dari status di media sosial, gadis dibawah umur berinisial R (13 tahun) warga Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi korban pencabulan dan digilir delapan orang.
Ilustrasi, Gadis inisial R (13 tahun) asal Selabintana menjadi korban pencabulan 8 remaja di kosan di Cicantayan Kabupaten Sukabumi | Foto: : Freepik/raybon
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Pernah Jadi Korban, Pengakuan Pembunuh dan Pelaku Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Polisi akan memeriksa secara medis kejiwaan S dan wilayah lubang anusnya.
(Foto Ilustrasi) Terduga pelaku pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berinisial S (14 tahun), mengaku pernah menjadi korban. | Foto: Pixabay
Inspirasi02 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK (Sumber : pexels.com/Wendy Wei)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:50 WIB

Lewat E-Lapor, Empat Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Selama April 2024

Keempat aduan ini paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo mencatat selama April 2024 empat aduan masuk ke E-Lapor. | Foto: Istimewa
Sukabumi02 Mei 2024, 14:37 WIB

Hardiknas, Pemkot Sukabumi: Momentum Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

Hardiknas yang diisi penampilan kesenian para pelajar merupakan bukti tingkat pendidikan di Kota Sukabumi sudah cukup baik.
Disdikbud Kota Sukabumi pada Kamis (2/5/2024) menggelar Upacara Peringatan Hardiknas Tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life02 Mei 2024, 14:35 WIB

7 Cara Mendidik Anak agar Hidup Hemat Sampai Dewasa, Yuk Terapkan!

Mendidik anak agar hidup hemat harus terus dilakukan oleh orang tua. Sebab hal ini membantunya bisa pandai dalam mengelola keuangan di masa depan
Cara mendidik anak hidup hemat | Foto : Pexels/Annushka Ahuja
Life02 Mei 2024, 14:30 WIB

Picu Serangan Kambuh, 5 Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat

Meskipun tidak ada bukti langsung yang menunjukkan bahwa gangguan tidur secara langsung menyebabkan asam urat, namun ada hubungan antara gangguan tidur dan kondisi yang mempengaruhi asam urat.
Ilustrasi. Picu Serangan Kambuh, Ketahui Sederet Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/CraigAdderley)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:23 WIB

Puluhan Siswa SD di Ciracap Sukabumi Ikuti Seleksi O2SN Tingkat Kabupaten

Sebanyak 4 gugus, terdiri dari 30 sekolah dasar yang ada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, ikut bertanding dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kecamatan Ciracap,
Pertandingan bola voli dalam seleksi O2SN tingkat SD di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi02 Mei 2024, 14:21 WIB

Kronologi Sadisnya Siswa SMP di Kadudampit Sukabumi Sodomi dan Bunuh Bocah SD

Kasus ini mulai terungkap saat MA ditemukan meninggal misterius di kebun warga.
Proses ekshumasi makam MA (7 tahun) di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, pada 25 Maret 2024 oleh tim forensik Polda Jawa Barat. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota