Dampak Virus Corona Terhadap Naiknya Dolar

Senin 13 April 2020, 05:40 WIB

Oleh: Anisah Melania

(Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusa Putra Sukabumi)

Penyebaran virus Corona atau Covid-19 di seluruh dunia mempengaruhi nilai tukar rupiah yang semakin melemah terhadap dolar Amerika Serikat (US Dollar). Nilai tukar perdagangan semakin melemah dan telah melampaui Rp.15.000 per US Dollar akibat dampak Covid-19 ini.

Tidak hanya di Indonesia yang nilai tukarnya mata uangnya melemah, ternyata di negara lainpun seperti dolar Hong Kong turun 0,01 persen bersama dolar Singapura 0,52 pesen, dolar Taiwan 0,51 persen, won Korea Selatan 2,66 persen, peso Filipina 0,55 persen, rupee India 0,28 persen, ringgit Malaysia 0,88 persen, dan baht Thailand 0,61 persen dan yen Jepang dan yuan Tiongkok yang naik masing-masing 0,62 persen dan 0,11 persen tetapi rupiah lah sangat lemah karena naiknya US Dollar.

Sebelum naiknya dolar karena dampak Covid-19, nilai tukar rupiah per dolar AS Rp.14.000per dolar dan sekarang melonjak naik menjadi Rp.16.000 per US Dollah. Kurs rupiah akan terus berada pada posisi rentan selama penyebaran wabah Covid-19, yang menyebabkan kepanikan di pasar global yang membuat dana asing kabur serta tekanan likuiditas dan desakan untuk mendapatkan dolar membuat dolar lebih unggul dari segalanya.

Pelemahan rupiah menurut sejumlah ekonom dan pemerintah didorong dari sejumlah faktor baik eksternal dan internal. Pertama, ada kekhawatiran kerisis keuangan yang terjadi di Argentina dan Turki menular ke negara berkembang yang di alami defisit transaksi yang melebar, salah satunya Indonesia.

Kedua, sentimen kenaikan suku bunga acuan oleh bank sentral Amerika Serikat (Fed). Ketiga, risiko perang dagang antara Amerika Serikat dan China serta negara lainnya. Sedangkan faktor internal, Indonesia hadapi masalah defisit perdagangan dan defisit transaksi berjalan (CAD). Tercatat defisit transaksi berjalan sudah berjalan mencapai 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Tembusnya nilai tukar rupiah Rp.16.000  per dolar AS, membuat Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta BI fokus jaga Rupiah. Dan bahkan, kabarnya rupiah mengalamai skenario terburuk sebesar Rp.20.000 per dolar karena Covid-19.

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) mengungkapkan skenario terburuk nilai tukar rupiah bisa menyentuh kisaran Rp.17.500 sampai Rp.20.000 per dolar AS pada tahun ini. Skenario ini muncul akibat tekanan ekonomi yang berat di tengah penyebaran pandemi Covid-19.

Akan tetapi KSSK akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah rupiah jatuh ke dalam level tersebut. Rupiah berada di kisaran Rp.16.400 per dolar AS di perdagangan spot. Bank Indonesia (BI) juga menambah likuiditas yang di perbankan melalaui pelonggaran batas cadangan kas bank di bank sentral nasional atau yang di kenal Giro Wajib Minimum (GWM).

BI menambah likuiditas ke bank sebanyak Rp.74 triliun dalam denominasi rupiah dan US$ 3,2 miliar dalam denominasi valuta asing. Berbagai upaya ini dilakukan guna menstabilkan nilai tukar rupiah yang kemungkinan masih bergerak fluktuatif karena besarnya aliran modal asing yang keluar (capital outflow) dari Indonesia. BI mencatat dana asing yang keluar mencapai Rp.167,9 triliun pada periode 20 Januari sampai 30 Maret 2020.

Sebagian besar di Surat Berharga Negara (SBN) Rp.153,4 triliun dan saham Rp.13,4 triliun. Pembalikan modal ini terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia sehingga rupiah melemah.

Secara total, BI sudah membeli SBN dengan nilai mencapai Rp.166 triliun. Sedangkan bila digabung dengan intervensi penambahan likuiditas ke bank, intervensi sudah hampir Rp.300 triliun.

Di sisi lain, KSSK turut memaparkan beberapa asumsi makro dalam skenario terburuk, seperti pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 0,4 persen sampai 2,3 persen. Harga minyak mentah Indonesia ICP (plasma gandeng induktif) US$31 sampai US$38 per barel dan inflasi 3,9 persen sampai 5,1 persen pada tahun ini.

Seluruhnya turun jauh dari asumsi makro di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020, di mana asumsi rupiah sebesar Rp.14.400 per dolar AS dan pertumbuhan ekonomi 5,3 persen. Sementara ICP US$63 per barel dan inflasi 3,1 persen.

Langkah BI dan Pemerintah untuk menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, BI mengeluarkan sejumlah kebijakan salah satunya menyesuaikan suku bunga acuan atau BI 7-day reverse repo rate.

BI sudah menaikan suku bunga acuan 125 basis point dalam 3 bulan. Suku bunga acuan BI kini di posisi 5,5 persen. Langkah lain yang dilakukan BI meningkatkan volume interpensi di pasar valuta asing (valas), membeli surat negara di pasar sekunder, membuka lelang FX swap, dan membuka windows swap hadging.

BI juga senantiasa meningkatkan koordinasi dengan pemerintah termasuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK). BI pun sudah intervensi di pasar surat SBN dengan melakukan pembelian kembali mencapai Rp.11,9 triliun. Hal itu di sampaikan gubernur BI, Ferry warjiyo saat rapat dengan DPR. OJK pun mulai intensif kan pengawasan penggunaan valas di seluruh industri jasa keuangan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi17 Mei 2024, 11:58 WIB

Merinding! Ulat Bulu Warna-warni Serbu di Alun-alun Masjid Agung Kota Sukabumi

Binatang yang bisa bikin gatal ini turun dari sejumlah pohon ketapang kencana dan tanaman pelindung di kawasan tersebut.
Pohon pelindung ketapang kencang di alun-alun masjid agung Kota Sukabumi dipenuhi ulat bulu (Sumber: warganet/akun medsos @abcdadan)
Life17 Mei 2024, 11:45 WIB

Patut Ditiru! 6 Ajaran Hidup Para Perantau Agar Bisa Sukses di Tanah Orang

Kaum perantau tentu bukan tanpa prinsip dan ajaran hidup di tanah rantauan. Mereka tentu membawa modal ajaran hidup yang dipegangnya erat demi bisa meraih sukses di sana
Ilustrasi Ajaran hidup perantau agar cepat sukses di tanah rantau (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Sehat17 Mei 2024, 11:30 WIB

6 Golongan Obat-obatan untuk Meredakan Nyeri Asam Urat dan Efek Sampingnya

Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi. Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh. (Sumber : Freepik/fabrikasimf)
Jawa Barat17 Mei 2024, 11:21 WIB

Audiensi LW Doa Bangsa-BJB Syariah, Kolaborasi Majukan Perwakafan di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa melakukan audiensi di kantor BJB Syariah Pusat, di Bandung, Kamis, (16/5/2024).
Audiensi Lembaga Wakaf Doa Bangsa dan BJB Syariah di Bandung | Foto : Dok. LW Doa Bangsa
Life17 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menghancurkan Kreatifitas Hidup, Hindari Yuk!

kebiasaan buruk yang sering dilakukan akan membunuh kreatifitas hidup. Setiap orang harus menghindarinya agar tidak merusak masa depan dan kehidupannya
Beberapa kebiasaan buruk yang membuat kreatifitas menghilang (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Sehat17 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Minuman Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat, Enak dan Segar!

Inilah Sederet Minuman Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat, Enak dan Segar!
Ilustrasi. Minuman Segar dan Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat (Sumber : Pexels/EnginAkyurt)
Sukabumi17 Mei 2024, 10:51 WIB

Sudah Dihapus, Ini Postingan Soal Studi Tour yang Bikin PGRI Sukabumi Lapor polisi

Seluruh postingan akun facebook Atep Romli sudah menghilang sebelum pelaporan PGRI Kabupaten Sukabumi ke pihak kepolisian.
Ilustrasi dihapus. (Sumber: freepik)
Life17 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Adab Kesopanan yang Wajib Diajarkan Orang Tua Kepada Anak Sejak Kecil

Adab kesopanan juga harus diajarkan kepada anak sejak kecil oleh orang tua. Ini sangat penting mengingat semuanya bergantung didikan dari masa mereka kanak-kanak dan menjadi pribadi baik saat dewasa.
Ilustrasi ketika orang mengajarkan adab kesopanan kepada anak (Sumber : Pexels.com/@Kampusproduction)
Life17 Mei 2024, 10:15 WIB

6 Kesalahan Orang Tua yang Jadi Penyebab Anak Kecanduan Main HP Sejak Kecil

Penyebab anak kecanduan main HP sejak kecil pada umumnya dipengaruhi oleh pola asuh orang tua sendiri di rumah. Maka dari itu, ini kesalahan orang tua saat masa mendidiknya yang harus segera diperbaiki
Ilustrasi kesalahan orang tua yang menjadi penyebab anak kecanduan main HP (Sumber : Pexels.com/@YanKrukau)
Life17 Mei 2024, 10:00 WIB

15 Karakter Dasar yang Harus Dimiliki Seorang Anak, Bunda Yuk Ajarkan

Ciri-ciri karakter akan membantu anak menjadi sukses dalam setiap aspek kehidupannya.
Ilustrasi Ciri-ciri karakter akan membantu anak menjadi sukses dalam setiap aspek kehidupannya. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez