Hati-Hati Pinjaman Online Ilegal

Selasa 21 Januari 2020, 04:30 WIB

Oleh: Siti Aisyah

(Mahasiswa Universitas Nusa Putra, Prodi Manajemen)

Di era digital saat ini, semuanya hal terasa mudah dan instan, karena itu, internet seakan-seakan telah menjadi kebutuhan primer. Banyak waktu yang seharusnya dipakai untuk aktivitas diluar ruangan akan dibahiskan didepan smartphone atau komputer. Hidup di era digital memang seru dan banyak tantangannya, banyak kemudahan yang ditawarkan di internet, namun diperlukan kewaspadaan terhadap kemudahan-kemudahan yang ditawarkan tersebut. 

Salah satu yang masih menjadi sorotan adalah Fintech Pinjaman Online atau lebih dikenal di masyarakat dengan istilah Pinjol. Pinjaman Online tumbuh cepat di Indonesia dalam dua tahun terakhir, kehadirannya segera diikuti oleh munculnya Fintech-Fintech lainnya yang menawarkan fasilitas Pinjaman Online. 

Pinjaman Online memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat, banyak yang tergiur menjadi calon peminjamnya, salah satunya daya tariknya karena menawarkan syarat yang bagitu mudah. Dengan kemudahan yang ditawarkan, Pinjaman Online menawarkan banyak fitur menguntungkan konsumennya diawal jika di bandingkan perbankan. 

Salah satu kemudahannya, uang pinjaman dapat dikirim oleh pihak pemberi Pinjaman Online dalam waktu yang singkat tanpa perlu mengurus dokumen yang merepotkan, misalnya cukup dengan mengisi data diri dan dokumen pribadi seperti KTP. Maka sejumlah uang segera cair dan masuk rekening pribadi peminjam. 

Namun sangat disayangkan, kemudahan tersebut banyak dimanfaatkan dan dijadikan celah bagi orang-orang yang konsumtif mendapatkan uang cepat untuk membiayai hobi dan kebutuhan tersier mereka dari Pinjaman Online. Ekses negatif pun bermuculan, salah satunya adalah munculnya kasus-kasus Fintech Pinjaman Online yang ilegal yang menghebohkan masyarakat. 

Ilegal yang dimaksud adalah aktivitas Pinjaman Online yang dilakukan lembaga yang tidak memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan beroperasi melanggar ketentuan OJK. Yang dilakukan Pinjaman Online ilegal ini menyebabkan keresahan masyarakat dan menurunnya rasa kepercayaan masyarakat calon peminjam terhadap industri Fintech resmi, terutama platform pinjaman online.

Dengan adanya hal tersebut, sangat diperlukan kehati-hatian dalam memilih platform Pinjaman Online. Dari keluhan masyarakat yang telah menjadi peminjam dari Pinjaman Online ilegal, umumnya mereka mengeluhkan cara penagihannya, karena dianggap tidak sesuai dengan prosedur atau aturan. 

Salah satunya cara penagihannya menggunakan pihak ketiga sebagai penagih utang kepada peminjam, lalu ketika peminjam tidak mampu membayar tepat waktu, pihak ketiga tersebut langsung menyita atau mengambil barang atau aset yang dimiliki oleh peminjam.

Bukan hanya itu, banyak kasus dari Pinjaman Online ilegal ini, ketika peminjam gagal membayar tepat waktu, penagihan juga dilakukan kepada kerabat atau penanggung jawab dari peminjam. Meski demikian, kasus seperti ini terjadi, salah satunya karena ketidak telitian pihak peminjam itu sendiri, dan tingkat literasi peminjam yang masih rendah dalam membaca ketentuan yang ditetapakan diawal oleh pihak pemberi Pinjaman Online.

Intinya meminjam bukanlah solusi utama. Mengelola keuangan dengan baik harus menjadi kebiasaan, tujuannya agar mampu membiayai kebutuhan konsumtif namun tetap bisa produktif. Supaya produktif, bisa dengan berhemat dan mulai melakukan investasi dari penghasilan yang didapat, agar disaat sekarang dan dimasa depan kita terhidar dari situasi dan kondisi lebih besar pengeluaran daripada penghasilan sehingga tidak berujung kepada berhutang atau meminjam.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Science19 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 Mei 2024, Yuk Cek Langit di Hari Minggu Ini

Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa