TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Penggunaan E-Money sebagai Uang Elektronik dalam Bertransaksi

Penulis
Kamis 23 Jun 2022, 11:47 WIB

Pembangunan merupakan suatu perubahan yang terjadi ke arah yang lebih baik, perubahan tersebut dilakukan secara sadar dan terencana. Sedangkan perkembangan ialah proses perubahan yang terjadi secara alami sebagai dampak dari adanya pembangunan (Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah, 2005). 

Semakin meningkatnya tingkat kompleksitas kehidupan masyarakat yang menyangkut berbagai aspek dalam era modern ini, semakin meningkat pula pemikiran berkaitan dengan solusi dari kesulitan-kesulitan yang ditimbulkan oleh kompleksitas kehidupan. Oleh karena itu lahirlah pemikiran tentang modernisasi yang mencakup beberapa aspek kehidupan masyarakat, sehingga modernisasi dapat diartikan sebagai proses transformasi dan perubahan dalam masyarakat yang meliputi berbagai aspek seperti, ekonomi, sosial, budaya, industri, dan lain sebagainya. 

Di dalam proses modernisasi terjadi suatu proses perubahan yang mengarah pada perbaikan, para ahli menganggapnya sebagai suatu proses pembangunan yang di mana terjadi proses perubahan dari kehidupan yang tradisional menjadi modern. 

Dalam sosiologi sendiri, pembangunan merupakan cara menggerakan masyarakat untuk mendukung pembangunan, karena masyarakat tersebut merupakan tenaga dari pembangunan dan dampak dari pembangunan itu sendiri. singkatnya, masyarakat merupakan subjek dan objek dalam sosiologi pembangunan. 

Secara teoritis, pembangunan dapat dijelaskan dalam dua paradigma, yaitu teori modernisasi dan imperialisme (Elly M. Setyadi, 2011: 677-678). Pada artikel ini, saya hanya akan menjelaskan teori modernisasinya saja. 

Jika mengkaji tentang pembangunan di Indonesia, maka teori modernisasi merupakan teori yang paling dominan menentukan wajah pembangunan di Indonesia. Ada dua teori besar yang mempengaruhi teori modernisasi, yaitu teori evolusi dan teori fungsional. Asumsi teori modernisasi merupakan hasil dari konsep dari metafora teori evolusi. 

Menurut teori teori evolusi, perubahan sosial bersifat linear, terus maju dan perlahan, yang membawa masyarakat berubah dari tahapan primitive menuju ke tahapan yang lebih maju. Berdasarkan asumsi tersebut, maka para teoritikus perspektif modernisasi membuat kerangka teori dan tesis dengan ciri-ciri sebagai berikut: 

1). Modernisasi merupakan proses bertahap. 

2). Modernisasi sebagai proses homogenisasi. 

3). Modernisasi merupakan proses ke barat-baratan. 


Editor
Halaman :
Tags :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x