Cara SDN 4 Gunungguruh Sukabumi Memperingati Hari Guru Nasional 2020

Rabu 25 November 2020, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Tahun ini, Google Doodle bahkan ikut merayakannya dengan menampilkan Pak Tino Sidin, pelukis dan guru gambar yang sangat terkenal pada tahun 1980-an.

Laman ensiklopedia bebas, Wikipedia menyebutkan, Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994 lewat Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Di Sukabumi, peringatan Hari Guru Nasional terlihat di SDN 4 Gunungguruh. Di tengah situasi pandemi Covid-19, beberapa perwakilan siswa-siswi diajak untuk melangsungkan upacara peringatan Hari Guru Nasional sambil menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA: Doodle Tino Sidin, Google Rayakan Hari Guru Nasional

Para siswa dan guru di SDN 4 Gunungguruh memperingati bersama para mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang sedang mengikuti program Kemendikbud, yakni Kampus Mengajar Perintis (KMP).

Ada lima mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar Perintis 2020 di SDN 4 Gunungguruh. Mereka adalah Nisrina Salma R (Bahasa dan Sastra Inggris), Intan Yunia Cahyani (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga), Adinda Galuh Nurutami (Bahasa dan Sastra Inggris), Reza Tarmudi Firdaus (Bahasa dan Sastra Indonesia) dan Azzahra Nabila (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga).

"Jadi KMP ini untuk membantu seluruh siswa-siswi SD di Indonesia yang terdampak Covid-19. Adapun programnya membantu mengajar para guru di sekolah, juga membantu administrasi dan adaptasi teknologi," kata Elsa Lesmana, guru SDN 4 Gunungguruh kepada sukabumiupdate.com.

Lomba-lomba dengan menerapkan protokol kesehatan dalam peringatan Hari Guru Nasional di SDN 4 Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Rabu (25/10/2020).

Salah satu mahasiswa, Nisrina Salma mengatakan, selain upacara, ada juga lomba-lomba dalam memperingati Hari Guru Nasional, seperti lomba menggambar dan mewarnai, lomba menyanyi, lomba cerdas cermat, dan lomba puisi. Peserta lomba adalah siswa-siswi SDN 4 Gunungguruh, mulai dari kelas I sampai kelas VI.

"Walaupun banyak yang ikut, tetapi tetap diterapkan protokol kesehatan. Para siswa dan guru diminta untuk menggunakan masker, dan tetap jaga jarak. Jadi setiap lomba itu ada satu orang setiap bangku. Lalu ada juga pemberian bunga kepada guru-guru," kata Nisrina.

BACA JUGA: Menkeu Sri Mulyani Sebut Guru Honorer Jadi PPPK Bisa Dapat Tunjangan Rp 4 Jutaan

Melalui kegiatan ini, Nisrina berharap Hari Guru Nasional bisa menumbuhkan kembali minat, semangat dan motivasi siswa-siswi di SDN 4 Gunungguruh untuk terus belajar, meski terdampak Covid-19.

"Kami berharap siswa-siswi yang terdampak pandemi Covid-19 ini akan tetap dijaga semangatnya dan juga rasa senang akan belajar. Jadi, masih bisa melajar melalui lomba-lomba, masih bisa bertemu dengan teman-teman, tapi juga tetap menerapkan protokol kesehatan," tandas Nisrina.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)