Jokowi Diminta ke NTT, Tinjau Langsung Kondisi Korban dan Penanganan Bencana

Kamis 08 April 2021, 13:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Penanganan banjir bandang dan longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT) dinilai lamban oleh masyarakat terdampak bencana. Warga pun meminta Presiden Jokowi turun langsung agar tahu kondisi yang dialami saat ini.

"Kami ingin presiden (Jokowi) bisa melihat langsung warga korban bencana agar masyarakat yang terdampak bisa berani mengungkapkan tentang penanganan bencana yang lamban oleh pemerintah daerah," ujar Stefend Beda Lelangwayan, Aktivis GMNI yang berada di lokasi bencana Kabupaten Lembata, Kamis, 8 April 2021.

Stefend menilai pemerintah daerah kurang serius menangani dampak pascabencana banjir bandang dan longsor pada 4 April lalu. Lembata merupakan salah satu daerah yang terdampak paling parah.

Data daerah setempat, korban meninggal mencapai 28 orang, serta masih banyak korban yang hilang. Sampai saat ini, masyarakat kekurangan alat evakuasi, seperti alat berat dan penggali. Sehingga para relawan harus mencari dan mengangkat mayat dari reruntuhan dengan alat manual seadanya.

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Nusa Tenggara Timur (NTT) juga mengeluhkan lambannya respons pemerintah daerah.

Koordinator Desk Kebencanaan WALHI NTT Dominikus Karangora menilai koordinasi antar lembaga baik di tingkat kabupaten/kota maupun di tingkat provinsi buruk dan lamban.

"Sampai saat ini, data korban di lapangan sulit diketahui karena akses komunikasi terputus dan banyak wilayah terisolir tidak terjangkau. Evakuasi sulit dilakukan karena akses transportasi banyak juga yang terputus," ujarnya saat dihubungi terpisah.

Jika pemerintah kabupaten dan provinsi gagap, lanjut dia, maka pemerintah pusat dinilai wajib bertanggung jawab sebab sumber daya pemerintah pusat sangat mumpuni untuk proses penanggulangan dan rekonstruksi pasca bencana. WALHI mendesak pemerintah menetapkan status darurat bencana nasional di NTT.

Sumber: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life30 April 2024, 17:34 WIB

Ajarkan Keterampilan Khusus, Ini 7 Cara Mengajari Anak Agar Tangguh Secara Mental

Dalam membangun kekuatan mental anak, dibutuhkan komitmen dan konsistensi. Namun dengan komunikasi yang teratur, dan berupaya membangun kepercayaan diri dan harga diri mereka secara teratur, Anda akan memberikan kekuatan mental.
Ilustrasi anak tangguh secara mental / Sumber : pexels.com/@Allan Mas
Opini30 April 2024, 17:29 WIB

MAY DAY dan Masa Depan Tenaga Kerja Indonesia

Hari Buruh Internasional atau May Day, memiliki kronologis yang panjang dan kompleks· Berikut adalah gambaran umum tentang bagaimana Hari Buruh Internasional berkembang:
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM / Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi / Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute
Life30 April 2024, 17:27 WIB

6 Kebiasaan Harian yang Merapuhkan Mental Anda Secara Perlahan, Yuk Hindari!

Kebiasaan tertentu rupanya bisa membaut mental seseorang lemah, hancur dan rapuh. Tak ayal kebiasaan ini wajib dihindari agar tidak menghambat kesuksesan.
Ilustrasi. Kebiasaan yang membuat mental rapuh. | Sumber foto : Pexels/Liza Summer
Life30 April 2024, 17:13 WIB

Buat Aturan yang Jelas, Begini 10 Cara Mencegah Masalah Perilaku Pada Anak

Disiplin merupakan tindakan yang sangat penting untuk kehidupan anak. Namun jika anak belum disiplin cobalah tips ini untuk mencegahnya.
Ilustrasi mencegah masalah perilaku pada anak / Sumber : pexels.com/@Nothing Ahead
DPRD Kab. Sukabumi30 April 2024, 17:00 WIB

DPRD Sukabumi Paripurna Penyampaian Rekomendasi LKPJ Bupati TA 2023

DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Rekomendasi DPRD kepada Bupati mengenai LKPJ TA 2023.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami hadiri rapat Paripurna DPRD yang beragendakan penyampaian rekomendasi LKPJ 2023. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Musik30 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Pantas Mytha Lestari, OST Film Ipar Adalah Maut

Berikut Lirik Lagu Tak Pantas Mytha Lestari, Salah Satu OST Film Ipar Adalah Maut
Lirik Lagu Tak Pantas Mytha Lestari OST Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/MDMusic
Life30 April 2024, 16:30 WIB

9 Sikap Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari yang Membuatmu Semakin Dihormati

Sikap-sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat seseorang semakin dihormati oleh orang lain.
Sikap-sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat seseorang semakin dihormati oleh orang lain. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi30 April 2024, 16:09 WIB

Gadis di Kalibunder Sukabumi Hilang Usai Dijemput 2 Pria Tak Dikenal, Keluarga Lapor Polisi

Kasus Ela Nopianti gadis di Kalibunder Sukabumi yang hilang diduga dibawa kabur dua pria tak dikenal itu tengah diselidiki kepolisian.
Foto Ela Nopianti (16 tahun), gadis putus sekolah asal Kalibunder Sukabumi yang hilang usai dijemput dua laki-laki tak dikenal. (Sumber : Istimewa)
Sehat30 April 2024, 16:00 WIB

7 Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk, Ketahui Rekomendasi Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Buah apel. | Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat. Foto: Freepik/@drobotdean
Inspirasi30 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Maintenance Officer Minimal SMA/SMK, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi lowongan kerja - Lowongan Kerja Maintenance Officer Minimal SMA/SMK, Penempatan Kota Sukabumi. | (Sumber : Istimewa)