Papa Online Garap Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Gantikan Wisnutama

Selasa 22 Desember 2020, 10:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menunjuk Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga menggantikan posisi menteri sebelumnya, yakni Wishnutama Kusubandio.

“Saya ingin mengenalkan, tapi kita semua sudah tahu Bapak Sandiaga Uno, beliau adalah Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua Hipmi, dan  saat ini beliau akan kita berikan tangung jawab memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Jokowi di Istana Negara melalui siaran video YouTube, Selasa, 22 Desember.

Sandiaga yang kekinian dapat sebutan papa online dari netizen ini adalah Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Di Ibu Kota, ia menjadi pasangan politik Anies Baswedan, yang kini menjadi Gubernur DKI Jakarta. Anies dan Sandiaga dilantik pada 2017.

Namun hanya setahun menjabat di DKI Jakarta, tepatnya pada 2018, Sandiaga mengundurkan diri. Ia dipinang Prabowo Subianto menjadi calon wakil presiden untuk kontenstasi Pipres 2019. Namun pasangan calon itu kalah dalam pemilu.

Jauh sebelum berkiprah di bidang politik, Sandiga kesohor sebagai pengusaha. Ia merupakan pendiri perusahaan keuangan, yakni PT Saratoga Investama.

Saratoga tercatat memiliki portofolio investasi dengan kepemilikan di atas 5 persen pada 9 perusahaan terbuka. Perusahaan terbuka itu tidak hanya di Indonesia, tetapi ada juga di Singapura dan Australia.

Bisnis itu tak ujug-ujug ia dirikan. Dalam beberapa kali kesempatan, Sandiaga bercerita bahwa ia memulai bisnis lantaran kecelakaan. Pada krisis moneter 1997-1998, Sandiaga mengaku pernah terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK di tempat lamanya dia bekerja, yakni NTI Resources Ltd—perusahaan yang berbasis di Kanada.

Seusai terkena PHK, Sandiaga Uno mencoba peruntungan membuat perusahaan yang bergerak di bidang konsultan keuangan bernama PT Recapital Advisors. Perusahaan itu didirikan bersama Rosan Perkasa Roeslani--Ketua Kadin saat ini.

Baru setelah itu Sandiaga mendirikan Saratoga yang berkembang sampai sekarang. Di kancah bisnis, Sandiaga juga pernah menjabat sebagai pemimpin di beberapa perusahaan, seperti PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk dan PT Adaro Energy Tbk.

Pada 2011, pria kelahiran Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969 ini terdaftar sebagai orang terkaya di Indonesia menurut Majalah Forbes. Sandiaga menempati posisi ke-37 kala itu dengan kekayaan US$ 660 juta.

Dalam keorganisasian, Sandiaga memiliki pengalaman menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Dia menjabat pada periode 2005-2008. Sandiaga juga pernah menjadi Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kadin pada 2004 atau setahun sebelum memimpin di HIPMI.

Sandiaga tak lagi terlampau aktif sebagai pengusaha pada 2015. Kala itu, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Saratoga, Sandiaga resmi mundur dari posisinya sebagai direktur utama. Sebab, dia ingin berfokus pada tugas barunya, yaitu Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi30 April 2024, 17:00 WIB

DPRD Sukabumi Paripurna Penyampaian Rekomendasi LKPJ Bupati TA 2023

DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Rekomendasi DPRD kepada Bupati mengenai LKPJ TA 2023.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami hadiri rapat Paripurna DPRD yang beragendakan penyampaian rekomendasi LKPJ 2023. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Musik30 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Pantas Mytha Lestari, OST Film Ipar Adalah Maut

Berikut Lirik Lagu Tak Pantas Mytha Lestari, Salah Satu OST Film Ipar Adalah Maut
Lirik Lagu Tak Pantas Mytha Lestari OST Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/MDMusic
Life30 April 2024, 16:30 WIB

9 Sikap Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari yang Membuatmu Semakin Dihormati

Sikap-sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat seseorang semakin dihormati oleh orang lain.
Sikap-sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat seseorang semakin dihormati oleh orang lain. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi30 April 2024, 16:09 WIB

Gadis di Kalibunder Sukabumi Hilang Usai Dijemput 2 Pria Tak Dikenal, Keluarga Lapor Polisi

Kasus Ela Nopianti gadis di Kalibunder Sukabumi yang hilang diduga dibawa kabur dua pria tak dikenal itu tengah diselidiki kepolisian.
Foto Ela Nopianti (16 tahun), gadis putus sekolah asal Kalibunder Sukabumi yang hilang usai dijemput dua laki-laki tak dikenal. (Sumber : Istimewa)
Sehat30 April 2024, 16:00 WIB

7 Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk, Ketahui Rekomendasi Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Buah apel. | Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat. Foto: Freepik/@drobotdean
Inspirasi30 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Maintenance Officer Minimal SMA/SMK, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi lowongan kerja - Lowongan Kerja Maintenance Officer Minimal SMA/SMK, Penempatan Kota Sukabumi. | (Sumber : Istimewa)
Life30 April 2024, 14:42 WIB

Jangan Bingung, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Anak Sampai ke Sekolah Tepat Waktu

Pergi ke sekolah merupakan kewajiban anak-anak, dan mereka harus datang ke sana tepat waktu. Jika sulit, ada beberapa tips agar anak sampai ke sekolah tepat waktu.
Ilustrasi anak pergi ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStock Project
Bola30 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming PSS Sleman vs Persib Bandung: Menang Atau Terdegradasi!

Laga pamungkas reguler series ini menjadi penentuan bagi tim PSS Sleman yang akan menghadapi Persib Bandung.
Laga pamungkas reguler series ini menjadi penentuan bagi tim PSS Sleman yang akan menghadapi Persib Bandung. (Sumber : Instagram/@manahan.solo/Ist).
Inspirasi30 April 2024, 14:00 WIB

7 Mindset Bisnis ala Orang Jepang yang Bikin Cepat Kaya, Ini Rahasianya!

Orang Jepang memiliki mindset bisnis yang ampuh dalam membangun usahanya. Tak ayal mereka tergolong bangsa yang luar biasa dalam hal bisnis.
Ilustrasi. Mindset bisnis orang Jepang. Sumber Foto : Pexels/ cottonbro studio
Life30 April 2024, 13:30 WIB

Ketahui 6 Penyebab Kenapa Anak Sering Melawan pada Orang Tua, Yuk Evaluasi Diri!

Anak yang sering melawan kepada orang tua tentu lantaran beberapa penyebab di masa lalunya. Ini harus dipahami oleh orang tua dalam mendidik.
Ilustrasi. Penyebab anak sering melawan orang tua. Sumber foto : Pexels/Mikhail Nilov