Prabowo Paparkan Lima Fokus Kerja Jika Terpilih Jadi Presiden

Selasa 15 Januari 2019, 03:19 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Calon Presiden Prabowo Subianto menyampaikan lima fokus program kerja dalam pidato kebangsaan yang ia gelar di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Senin malam, 15 Januari 2019. Dia mengklaim hal itu menjadi solusi pemecahan persoalan bangsa.

Menurut Prabowo lima fokus program kerja dia dapat menghasilkan swasembada pangan hingga membentuk lembaga-lembaga pemerintahan yang kuat.

Fokus pertama

"Fokus pertama kami adalah mewujudkan ekonomi yang mengutamakan rakyat, ekonomi yang adil, ekonomi yang memakmurkan semua orang Indonesia, dan ekonomi yang melestarikan lingkungan Indonesia," kata Prabowo.

Dalam hal itu, Prabowo mengklaim akan bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk rakyat Indonesia. Serta, kata dia, akan tingkatkan daya beli masyarakat. Prabowo mengatakan, jika rakyat memiliki uang yang cukup, seluruh roda ekonomi akan berputar. Pabrik-pabrik akan berjalan. Produksi akan meningkat. Kebutuhan-kebutuhan rakyat akan terpenuhi.

Menurut dia, Indonesia harus membuat mobil nasional, helikopter, kapal-kapal niaga, kapal-kapal angkut, dan kapal-kapal perang. "Teknologi-teknologi ini harus kita buat sendiri, karena kita bangsa keempat terbesar di dunia," kata Prabowo. "Kami ingin anak-anak kita jadi pilot, nahkoda, pengusaha, bukan hanya jadi kacung bangsa lain!".

Fokus kedua

Pada fokus kedua, Prabowo kami adalah meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial. Dalam hal ini, kata dia, akan perangi kemiskinan, tingkatkan layanan kesehatan, dan tingkatkan kualitas pendidikan.

Menurut dia, pekerja-pekerja di bidang kesehatan dan pendidikan harus dihormati kualitas hidupnya. "Gaji-gaji mereka harus kita perbaiki. Guru guru, terutama guru-guru honorer harus kita akomodir, harus kita perbaiki kualitas hidupnya," ujar Prabowo.

Dia juga berjanji akan memperbaiki tata kelola BPJS dan jaringan sosial lainnya untuk mencegah defisit dan meningkatkan layanan kesehatan yang berkualitas. Pasangan capres Prabowo Sandiaga juga akan perkuat program Keluarga Berencana, agar Indonesia terhindar dari ancaman ledakan penduduk sehingga kita tidak jalan di tempat.

"Kami akan berjuang untuk sediakan susu gratis, dan makan siang gratis di setiap sekolah yang membutuhkan, kami harapkan akan kurangi stunting tidak tumbuh normal akibat gizi buruk," kata dia.

Fokus ketiga

Pada fokus ketiga, Prabowo - Sandiaga akan memastikan keadilan hukum dan menjalankan demokrasi yang berkualitas. Untuk menjamin demokrasi, kata dia, akan jamin kemerdekaan berserikat dan mengeluarkan pendapat, serta kebebasan pers.

"Kami akan hentikan ancaman persekusi terhadap individu, organisasi dan insan pers yang berseberangan pendapat dengan Pemerintah. Kami akan pastikan ulama-ulama kita dihormati, dan bebas dari ancaman kriminalisasi," kata Prabowo.

Untuk memberantas korupsi, Prabowo akan perkuat KPK, kepolisian, kejaksanaan dan kehakiman. "Kami akan pastikan tidak ada intervensi dan politisasi penegakan hukum dan pemberantasan korupsi di tanah air," ujarnya. "Kami juga akan tingkatkan akuntablitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara dari pusat hingga daerah".

Fokus keempat

Pada Fokus keempat Prabowo adalah menjadikan Indonesia rumah yang aman, yang nyaman bagi seluruh rakyat Indonesia. Menurut dia keamanan nasional dan kedaulatan NKRI adalah prasyarat untuk pembangunan, kemajuan, dan kemakmuran. "Untuk itu, kami akan pastikan TNI menjadi angkatan pertahanan yang kuat dan bertaraf dunia," ujarnya.

Prabowo juga akan tingkatkan kemampuan kepolisian agar mampu mengantisipasi dan mengatasi kejahatan-kejahatan baru seperti cyber crime, human trafficking, international drug trafficking, pencucian uang, dan lain sebagainya.

Lalu, kata dia juga akan tingkatkan kemampuan negara dalam melakukan pencegahan, deteksi dini, penanganan cepat, serta rehabilitasi dan rekonstruksi dalam kasus-kasus bencana alam.

Fokus kelima

Prabowo akan menguatan karakter dan kepribadian bangsa. "Kami percaya hal yang paling fundamental yang harus dimiliki bangsa Indonesia adalah karakter dan mental yang kuat," ujar dia.

Agar sebuah bangsa dapat merdeka, berdaulat, makmur dan menang, menurut Prabowo, bangsa itu harus melalui proses nation building yang dicapai dari sebuah proses pembangunan karakter. "Kami akan tanamkan dan jalankan sikap-sikap dan filosofi-filosofi terbaik dari leluhur bangsa Indonesia," kata dia.

Sumber: Tempo

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi17 Juli 2024, 17:50 WIB

Finalis Putri Nelayan Palabuhanratu Korban Pelecehan Seksual Didampingi Psikolog

Alami trauma, finalis Putri Nelayan Palabuhanratu 2024 korban pelecehan seksual dipastikan dapat pendampingan psikolog.
Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat17 Juli 2024, 17:30 WIB

7 Minuman Detoks Terbaik yang Bisa Anda Coba Sendiri Dirumah

Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.
Ilustrasi - Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Keuangan17 Juli 2024, 17:20 WIB

Untuk Seluruh Kendaraan! Mulai 2025, Motor dan Mobil di Indonesia Wajib Asuransi

Untuk menguatkan sektor keuangan, pemerintah berencana mewajibkan asuransi bagi seluruh kendaraan.
Ilustrasi. OJK tengah menyusun skema kebijakan kendaraan wajib asuransi pada 2024 (Sumber: istimewa)
Musik17 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos

Lagu Sayangnya dipopulerkan oleh Juicy Luicy dan sempat viral di media sosial Instagram hingga YouTube.
Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:49 WIB

Tindakan Puskesmas usai Warga Temukan Limbah Medis Berceceran di Parungkuda Sukabumi

Puskesmas buka suara terkait penemuan tabung sampel darah dan jarum suntik bekas yang berceceran di jalanan Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:42 WIB

Buru-buru Nyari Ojek, Wanita Gendong Anak Ini Embat Duit Warung di Sukabumi

Awalnya, tidak ada yang sadar dengan aksi pencurian ini. Namun saat pemilik warung hendak berbelanja stok barang, ia baru sadar uang Rp3 juta di meja kasir hilang.
Wanita terduga pelaku pencurian uang di warung terekam CCTV (Sumber: CCTV)
Film17 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai

Longlegs merupakan salah satu film horor thriller terbaru serta terbaik di tahun ini yang telah tayang pada Kamis, 17 Juli 2024 di seluruh bioskop di Tanah Air.
Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai (Sumber : Instagram/@neonrated)
Life17 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Karakter Berkelas Meski Tampilannya Sederhana

Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi.
Ilustrasi - Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi. (Sumber : pexels.com/@Sơn Ngọc).
Sukabumi17 Juli 2024, 15:54 WIB

Bupati Ikut Bersuara, Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Marwan menunggu mekanisme hukum yang sedang berjalan di kepolisian.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika dimintai komentar soal kasus dugaan pelecehan seksual salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Entertainment17 Juli 2024, 15:30 WIB

Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya

Jeon Wonwoo adalah member dari boygrup sekaligus anggota unit Hip Hop SEVENTEEN yang berulang tahun hari ini, yaitu Rabu, 17 Juli 2024. Namanya menjadi trending topic di X, karena Carats mengucapkan ulang tahun padanya.
Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya (Sumber : Instagram/@everyone_woo)