Jokowi VS Prabowo: Daftar Televisi dan Materi Debat Capres

Kamis 27 Desember 2018, 02:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal debat Pilpres 2019. Debat capres yang akan menampilkan duel Joko Widodo alias Jokowi - Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ini akan disiarkan oleh setiap stasiun televisi di Indonesia.

"Sudah kami undi kelompok stasiun televisi yang akan menyiarkan debat Pilpres 2019," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jakarta, Rabu, 26 Desember 2018.

Debat Pilpres 2019 akan dilakukan sebanyak lima kali. Adapun, tiap ajang adu gagasan ini akan berlangsung selama 120 menit dan disiarkan oleh semua stasiun televisi nasional. Berikut daftar stasiun televisi penyiar plus agenda debat:

- Debat I
Debat capres pertama akan dilakukan pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta. Debat ini akan berformat antarpasangan capres-cawapres dan akan disiarkan oleh tiga stasiun televisi yakni Televisi Republik Indonesia (TVRI), Kompas TV, dan Rajawali TV (RTV). Debat juga turut disiarkan di Radio Republik Indonesia (RRI).

Ada beberapa tema yang menjadi isu dalam debat pertama ini. Tema debat pertama menyangkut isu hukum di Indonesia. "Tema soal hukum, HAM, korupsi, serta terorisme," kata Arief.

- Debat II
Debat pilpres sesi kedua ini akan dilakukan pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Debat akan berformat hanya antara pasangan capres saja, yakni Jokowi dan Prabowo.

Ada empat stasiun televisi yang akan menyiarkan debat ini, yakni Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), GTV, MNC TV, serta INews TV. Debat akan bertemakan isu energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta isu infrastruktur.

- Debat III
Debat pilpres ketiga ini akan berlangsung pada 17 Maret 2019. Agenda ini juga direncanakan digelar di Hotel Sultan, Jakarta. Debat akan berformat hanya antarpasangan cawapres, yakni antara Sandiaga Uno dan Ma'ruf Amin.

Tema debat di sesi ketiga ini akan berfokus di isu kesejahteraan. Beberapa isu tersebut terkait pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan kebudayaan.

Adapun empat stasiun televisi penyiar debat ketiga ini yakni Trans TV, Trans 7, serta CNN Indonesia.

- Debat IV
Debat pilpres keempat akan dilaksanakan pada 30 Maret 2019. Namun, tempat debat masih belum ditentukan. Stasiun televisi penyiar debat keempat ini adalah Metro TV, Surya Citra Televisi (SCTV), dan Indosiar.

Debat ini akan kembali berformat hanya antarpasangan capres, yakni antara Jokowi dan Prabowo. Tema yang diperdebatkan yakni tentang isu ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional nasional.

- Debat V
Debat capres kelima atau terakhir ini akan dilakukan pada April 2019. Tanggal dan tempat debat ini masih belum disepakati kedua kubu.

Debat akan berformat pasangan lengkap yakni Jokowi - Ma'ruf dan Prabowo - Sandiaga. Tema yang akan diperdebatkan yakni terkait isu ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.

Ada empat stasiun televisi yang akan menyiarkan debat capres terakhir ini. Stasiun televisi tersebut adalah TV One, ANTV, Beritasatu TV, serta Net TV.

Sumber: Tempo

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi18 Juli 2024, 14:11 WIB

Sambut HCS 2024, Disperkim Sukabumi Percantik Taman-taman di Palabuhanratu

Menjelang pelaksanaan Healthy Cities Summit (HCS) 2024 yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi terus melakukan berbagai persiapan
Taman Bappeda di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Internasional18 Juli 2024, 14:00 WIB

Tuai Kecaman! Perancis Larang Atlet Wanita Muslim Mereka Pakai Hijab di Olimpiade Paris 2024

Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024.
Ilustrasi - Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Nasional18 Juli 2024, 13:47 WIB

Forum Zakat Ungkapkan Tiga Tantangan Besar Tata Kelola Zakat di Indonesia

Ketua Forum Zakat yakni Bambang Suherman mengatakan, ada tiga tantangan besar sebagai lembaga zakat yang harus dikelola dengan sungguh-sungguh.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Ketua Zakat Nasional, Bambang Suherman. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:36 WIB

BPBD Kota Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Lansia 90 Tahun Korban Kebakaran

Bantuan langsung diserahkan kepada korban setelah peristiwa kebakaran terjadi.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana kebakaran di Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:31 WIB

Hati-hati Goweser, Maling Bermobil Angkut Sepeda Warga Sukabumi Saat di Masjid

i Sukabumi sepeda MTB (mountain bike) milik warga Kalapanunggal raib digondol maling bermobil, Kamis subuh (18/7/2024).
Maling sepeda di Kalapanunggal Sukabumi (Sumber: CCTV)
Entertainment18 Juli 2024, 13:30 WIB

Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil

Usai menggugat cerai, artis Kimberly Ryder kini melaporkan suaminya Edward Akbar ke Polres Metro Jakarta Selatan terkait adanya dugaan penggelapan mobil.
Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil (Sumber : Instagram@/kimbrlyryder)
Sukabumi18 Juli 2024, 13:22 WIB

Wabup Kunjungi Kemenkes RI untuk Persiapan Healthy City Summit 2024 di Sukabumi

Kunjungan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dengan tujuan utama mengekspos persiapan penyelenggaraan acara Healthy City Summit (HCS) ke-6
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat mengunjungi Kemenkes RI dalam rangka persiapan HSC 2024 | Foto : Dokpim
Life18 Juli 2024, 13:00 WIB

10 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Seseorang Cepat Sukses

Ada beberapa kebiasaan sederhana orang sukses yang sering mereka lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan sederhana orang sukses yang sering mereka lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Entertainment18 Juli 2024, 12:30 WIB

Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto

Rumah mewah rapper asal Kanada, Drake terendam banjir usai daerah Toronto mengalami hujan badai dahsyat yang terjadi pada Selasa, 16 Juli 2024, waktu setempat.
Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto (Sumber : Instagram/@champagnepapi)
Bola18 Juli 2024, 12:00 WIB

Persib vs PSM: Suporter Tim Tamu Tetap Dilarang Hadir di Piala Presiden 2024

Suporter tim tamu tetap dilarang hadir menyaksikan tim kesayangannya langsung ke stadion di Piala Presiden 2024.
Suporter tim tamu tetap dilarang hadir menyaksikan tim kesayangannya langsung ke stadion di Piala Presiden 2024. (Sumber : PERSIB.co.id/Sutanto Nurhadi Permana).