UU Ruzhanul Ulum Yakin Dana Desa Mampu Mewarnai Pembangunan Jawa Barat

Senin 20 Maret 2017, 05:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Pemerataan pembangunan di Jawa Barat bisa dimulai dari penggunaan bantuan Dana Desa. Penggunaan Dana Desa harus sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa dan difokuskan pada peningkatan dan pemberdayaan potensi desa, sehingga bisa mendongrak kesejahteraan masyarakatnya.

Hal ini ditegaskan tokoh Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum kepada sukabumiupdate.com, melalui chat facebook, Senin (20/3). “Intinya semangat dari keberadaan Dana Desa itu yang harus dipahami oleh aparatur pemerintah khususnya di Desa. Dana Desa dibagikan agar desa bisa menjadi basis pemberdayaan masyarakat, tidak perlu ke kota,” jelas UU yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya.

Ada lebih dari 5.000 desa di Jawa Barat yang saat ini tengah diberikan beban dan amanah melalui Dana Desa. Menurut UU, permasalahan kemiskinan di desa selama ini karena desa tidak mampu bangkit melalui pembangunan dan permberdayaan.

BACA JUGA:

Kabupaten Tasikmalaya Mandiri di Tangan Santri

Uu Ruzhanul Ulum Konsisten Kembangkan Beras Organik di Kabupaten Tasikmalaya

Uu Ruzhanul Ulum: Kalau Bingung, Tanyakan pada Ulama

“Di Tasikmalaya saya rata-rata bantuan dana desa dari pemerintah pusat untuk tahun ini mencapai 700 juta hingga lebih dari 900 juta Rupiah per desa. Nilai ini sudah ditentukan oleh pemerintah pusat. Dana ini tidak sedikit jadi harus benar-benar digunakan untuk kepentingan masyarakat desa,” lanjut UU.

Selain aspiratif sesuai kebutuhan, penggunaan dana desa juga harus sesuai dengan aturan. Untuk itu diperlukan pembinaan seperti bimbingan teknis sistem keuangan desa. Bintek ini diperlukan agar penggunaan uang rakyat pada dana desa tidak menyimpang.

“Agar tidak salah kaprah dan karena harus transparan dalam mengelola Anggaran Dana Desa sesuai dengan aturan yang berlaku,” lanjut UU Ruzhanul Ulum.

Besarnya dana desa akan menggoda siapapun untuk bertindak salah. UU berharapa jangan sampai dana desa dijadikan ladang baru korupsi, maka harus dikelola dengan baik oleh Kepala Desa.

“Salah satunya pengendalian mulai dari anggaran, pelaksanaan dan pertanggungjawaban harus berjalan dengan baik dan berdasarkan hati nurani dan moral yang tinggi. Di Kabupaten Tasikmalaya, dana desa mencapai 292 milyar Rupiah untuk 351 Desa,” tutur UU.

Pengawasan dan pemeriksaan oleh pemerintah daerah, dalam hal ini inspektorat masih masing kabupaten di Jawa Barat perlu dimaksimalnya. hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan tata kelola keuangan daerah termasuk di dalamnya keuangan desa yang lebih baik, akuntabel, transparan dan harus ada pengawasan dan pengendalian.

“Bila terjadi penyalahgunaan wewenang yang ujungnya merugikan,maka hal ini termasuk pada perbuatan melawan hukum dan masuk tindak korupsi,” tandas UU Ruzhanul Ulum.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Kecantikan19 Juli 2024, 16:00 WIB

8 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang, Kulit Bersih dan Mulus yang Bisa Anda Tiru

Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda.
Ilustrasi - Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda. (Sumber : Instagram/@mikakotabee).
Sukabumi19 Juli 2024, 15:33 WIB

5 Jembatan di Sukabumi Putus, Pelajar Nekat Bergelantungan Lintasi Sungai untuk Sekolah

Masyarakat membuat jembatan sementara sebagai pengganti jembatan yang putus.
Tangkapan layar pelajar asal Kampung Cigirang, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, bergelantungan pada rangka jembatan yang putus. | Foto: Istimewa
Entertainment19 Juli 2024, 15:30 WIB

Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi

Kabar gembira datang dari Stray Kids yang seluruh membernya dikabarkan telah memperpanjang kontrak dengan agensi, JYP Entertainment pada Kamis, 18 Juli 2024.
Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi (Sumber : x/@Stray_Kids)
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi