Uu Ruzhanul Ulum: Kelemahan Umat Islam Sunyi Senyap di Wilayah Lain

Minggu 12 Februari 2017, 21:19 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kelemahan umat Islam saat ini adalah senang kerumunan tetapi susah untuk berbaris, “Umat Islam saat ini tidak terkomando secara sistematis, akhirnya ya jalan sendiri-sendiri,” jelas Uu kepada sukabumiupdate.com, Minggu (12/2). “Berbaris itu penting, untuk bisa berjalan bersama-sama mencapai tujuan,” katanya.

Ditambahkannya, untuk mencapai tujuan umat Islam agar bisa seperti apa yang tercantum dalam sebuah hadits, “kebenaran yang tidak terorganisir akan dikalahkan oleh kebathilan yang terorganisir,” maka  tugas dirinya sebagai Ketua Himpunan Alumni Miftahul Huda (HAMIDA), mengimbau kepada pengurus Hamida untuk bisa menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan baik di tingkat kabupaten atau kecamatan, untuk menyerap berbagai aspirasi di berbagai daerah di Indonesia.

Melihat kondisi Islam di masa sekarang Uu mengatakan “Kelemahan umat Islam adalah bisa gegap gempita di wilayah sendiri sementara sunyi senyap di wilayah orang. Artinya di dalam tubuh sendiri ramai meributkan syariat, ushul fiqih, akidah dan lain sebagainya, tetapi sunyi senyap dalam dakwah melawan kemunkaran di luar sana.”

Jika kondisi ini dibiarkan, Uu berpendapat, semakin hari Islam akan termajinalkan. Untuk itu ia menyarankan seluruh cabang Pesantren Miftahul Huda mulai bergerak di berbagai bidang, baik ekonomi, politik, sosial budaya dengan memakai standar kehidupan Islam dan masyarakat kembali kepada aturan Dienul Islam.

BACA JUGA:

Uu Ruzahul Ulum: Berita Hoax Itu Haram

Uu Ruzahul Ulum: Berita Hoax Itu Haram

Di Hadapan ASN, Uu Ruzhanul Ulum Ingatkan Tasik SIAP

Hamida sebagai organisasi berbasis pesantren dan santri harus mempunyai jaringan, akses ke semua lini dan masyarakat. Sementara itu, Ketua Departemen Organisasi dan Pendayagunaan Hamida Pusat KH. Mukhtar Ghazali mengatakan, Hamida siap menjadi pelopor untuk mempersatukan umat.

Selain itu, ia mengimbau agar Hamida senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan untuk kesatuan dan persatuan umat Islam karena pemerintah tanpa agama akan hancur. Sekolah tanpa agama akan hancur dan ekonomi tanpa agama juga akan hancur, maka kita harus memilih pemimpin yang agamis untuk kemajuan umat Islam.

“Para Kyai, para Ulama adalah orang yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, kita tentu tidak mau terpinggirkan seperti sekarang ini, padahal Umat Islam secara jumlah paling banyak di negeri ini, man ro’a minkum munkaron falyughoyyiru biyadihi. Barang siapa melihat kemunkaran maka ubahlah dengan tangannya,” ucap Uu. Uu mengutip sebuah ayat Alquran, “Tangan disini bukan tangan kita melainkan adalah kekuasaan yaitu umat Islam harus menjadi pemimpin di negara ini untuk memenangkan ijjul Islam wal muslimin.” pungkasnya.

Dengan demikian Uu yang akan maju menjadi bakal calon Gubernur Jawa Barat, pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang, bertekad dan menyerukan kepada para pemimpin Islam agar memenangkan rivalitas dalam berbagai aspek kehidupan berdasarkan itikad yang baik, keimanan dan ketaqwaan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Kecantikan19 Juli 2024, 16:00 WIB

8 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang, Kulit Bersih dan Mulus yang Bisa Anda Tiru

Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda.
Ilustrasi - Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda. (Sumber : Instagram/@mikakotabee).
Sukabumi19 Juli 2024, 15:33 WIB

5 Jembatan di Sukabumi Putus, Pelajar Nekat Bergelantungan Lintasi Sungai untuk Sekolah

Masyarakat membuat jembatan sementara sebagai pengganti jembatan yang putus.
Tangkapan layar pelajar asal Kampung Cigirang, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, bergelantungan pada rangka jembatan yang putus. | Foto: Istimewa
Entertainment19 Juli 2024, 15:30 WIB

Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi

Kabar gembira datang dari Stray Kids yang seluruh membernya dikabarkan telah memperpanjang kontrak dengan agensi, JYP Entertainment pada Kamis, 18 Juli 2024.
Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi (Sumber : x/@Stray_Kids)
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi