Uu Ruzhanul Ulum Konsisten Kembangkan Beras Organik di Kabupaten Tasikmalaya

Selasa 07 Februari 2017, 21:11 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Adanya dorongan kepada Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum untuk mengembangkan wilayah yang dipimpinnya menjadi penyangga DKI Jakarta di Jawa Barat, tidak lantas membuat Uu bergeming melirik industri manufaktur.

Bupati berlatarbelakang santri itu, tetap konsisten mengembangkan Tasikmalaya yang selama ini dikenal sebagai penghasil beras organic, sebagai wilayah pertanian dan menjadikannya salah satu lumbung pangan.

“Pasarnya sudah jelas, sudah tembus Italia dan negara lainnya di Eropa, Amerika, dan Asia. Tren market-nya terus meningkat. Demand dari tahun ke tahun cukup tinggi, tiba-tiba harus mengembangkan manufaktur, kan sayang,” terang Uu kepada sukabumiupdate.com,Selasa (7/2).

BACA JUGA:

Uu Ruzahul Ulum: Berita Hoax Itu Haram

Uu Ruzhanul Ulum Lantik Pengurus Hamida dan IMG Sukabumi

Uu Ruzhanul Ulum Segera Membangun Jembatan Betmen

Bupati yang sudah mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang tersebut menuturkan, kesadaran petani padi organik di kabupatennya kian tinggi. Hal tersebut didukung dengan adanya pasar yang luas, sehingga memberikan keuntungan kepada para petani.

“Makanya kita tidak akan melirik industri manufaktur, biar daerah lain saja, terlebih lahan di Kabupaten Tasikmalaya sangat cocok untuk pertanian padi organik, sumber air juga melimpah,” jelas Uu.

Lebih jauh Uu menjelaskan, akan tetap mengembangkan pertanian penghasil beras organic tersebut. “Alhamdulillah, Tasikmalaya berkiprah di kancah internasional, pelanggan kami sudah tetap di beberapa negara Eropa, Asia, dan Amerika. Pertanian ini cukup menguntungkan, selain beras, kami juga mengembangkan perkebunan buah manggis sebagai andalan. Manggis pun sudah tembus pasar luar negeri.”

Potensi lahan padi organik di Kabupaten Tasikmalaya yang sudah tersertifikasi mencapai 350 hektare, dan tren peningkatan jumlah sawah padi organic pun bertambah setiap tahunnya. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen mengatakan, kapasitas panen sawah padi organik bisa mencapai 200 ton per tahun. “Kini, Kabupaten Tasikmalaya tercatat sebagai wilayah yang terluas dalam pengembangan padi organiknya di Indonesia.”

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi
Life19 Juli 2024, 13:00 WIB

7 Sikap yang Membuat Seseorang Sulit Sukses Dalam Hidupnya

Sikap dan perilaku tertentu dapat menjadi penghalang besar dalam mencapai kesuksesan hidup.
Ilustrasi - Sikap dan perilaku tertentu dapat menjadi penghalang besar dalam mencapai kesuksesan hidup. (Sumber : Pexels.com/@Bruno Castrioto).
Entertainment19 Juli 2024, 12:30 WIB

Jennifer Coppen Tulis Pesan Untuk Suaminya yang Meninggal: Aku Kangen Banget

Jennifer Coppen membagikan pesan yang mengungkapkan perasaan berdukanya atas kepergian sang suami, Dali Wassink, di story instagram @/jennifercoppenreal20 pada Jumat, 19 Juli 2024.
Jennifer Coppen Tulis Pesan Untuk Suaminya yang Meninggal: Aku Kangen Banget (Sumber : Instagram/@dali.wassink)
Bola19 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persib Bandung vs PSM Makassar di Piala Presiden 2024: H2H Hingga Skor Akhir

Persib Bandung akan melawan PSM Makassar di Piala Presiden 2024, hari ini Jumat (19/07/2024), mulai pukul 19.30 WIB. | X@persib/@PSM_Makassar
Persib Bandung akan melawan PSM Makassar di Piala Presiden 2024, hari ini Jumat (19/07/2024), mulai pukul 19.30 WIB. | (Sumber : X@persib/@PSM_Makassar).