Sadisnya Dani dan Andi Dalam Fakta Persidangan, Dicoret dari DPO Kasus Vina Cirebon

Selasa 28 Mei 2024, 18:22 WIB
Sempat masuk daftar buronan kini nama Andi dan Dani dicoret dari daftar DPO kasus vina cirebon oleh penyidik Polda Jabar (Sumber: istimewa)

Sempat masuk daftar buronan kini nama Andi dan Dani dicoret dari daftar DPO kasus vina cirebon oleh penyidik Polda Jabar (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Nama Dani dan Andi resmi dicoret penyidik Polda Jawa Barat dari DPO atau Daftar Pencarian Orang kasus vina cirebon. Beda dengan Pegi Setiawan alias Perong yang kini tersangka, polisi menyebut keduanya (Dani dan Andi) hanya figur fiktif hasil karangan para tersangka lainnya yang sudah dijatuhi hukuman oleh pengadilan negeri Cirebon.

Setelah penangkapan Perong, Kepolisian menegaskan, dua nama Dani dan Andi sebenarnya tidak ada atau bisa dikatakan sebagai tokoh fiktif yang disampaikan oleh para pelaku di pemeriksaan polisi dan persidangan. "DPO satu, bukan dua. Ternyata yang namanya Dani dan Andi itu tidak ada. Jadi yang benar DPO satu, atas nama PS (Pegi Setiawan)," kata Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jawa Barat, Kombes Pol Surawan kepada wartawan saat pers rilis, Minggu 26 Mei 2024.

Keputusan terbaru penyidik Polda Jabar tersebut, tentunya ‘meralat’ jumlah pelaku kasus pembunuhan disertai perkosaan terjadi Vina dan kekasihnya Eky pada 2016 silam. Dari 11 pelaku menjadi 9 orang, karena dua nama sebelumnya (Andi dan Dani) dicoret dari DPO.

"Tersangka hanya sembilan, maka DPO hanya satu," tegas Surawan.

Fakta Persidangan

Keputusan terbaru dari penyidik kasus vina cirebon ini artinya berbeda dengan putusan inkrah pengadilan negeri CIREBON Nomor 4/Pid.B/2017/PN CBN tertanggal 26 Mei 2017. Di dalam dalam putusan tersebut, sosok Dani dan Andi digambarnya sebagai pelaku yang cukup sadis dalam peristiwa pembunuhan Eky dan Vina.

Melansir suara.com, gambaran aksi keduanya (andi dan dani) disampaikan 8 pelaku lain yang disidangkan oleh PN Cirebon saat itu. Halaman 9 hasil putusan PN Cirebon menceritakan bagaimana aksi Dani dan Andi dalam peristiwa tersebut.

Dimana Dani berboncengan dengan terdakwa Sudirman menggunakan sepeda motor Yamaha Mio warna hitam saat melakukan pengejaran terhadap Eky dan Vina. Sedangkan Andi menggunakan sepeda motor Yamaha Vixion saat mengejar korban ke arah Taluan.

Dani memukul rahang kanan Eky dengan kayu. Dani juga disebutkan jadi orang yang menusuk Eky di bagian perut sebelah kiri dengan menggunakan samurai kecil.

Sedangkan Andi dari hasil sidang PN Cirebon adalah pelaku yang memukul kepala belakang Vina hingga tak sadarkan diri. Andi tercatat sebagai pelaku yang melucuti pakaian korban dan menutup mulut Vina agar tidak berteriak, saat para pelaku melakukan pemerkosaan terhadap korban (Vina).

Baca Juga: Gempa M4,1 di Laut Selatan Sukabumi, BMKG Duga Aktivitas Sesar Cipamingkis

Andi juga dicatat dalam putusan inkrah tersebut menebaskan samurai kecil ke bagian kaki sebelah kiri Vina serta memukul kaki kanan korban dengan batu besar. Pasca pembunuhan keduanya (andi dan dani) juga terlibat langsung dalam upaya merekayasa kasus pembunuhan vina menjadi kecelakaan tunggal.

Andi dan Dani ikut berperan saat memindahkan jasad Eky dan Vina ke flyover Talun. Korban Eky dibawa oleh Andi dan Dani (diapit) menggunakan sepeda motor milik kekasih Vina tersebut ke flyover Talun. Sementara Vina dibawa oleh Pegi atau Perong bersama terdakwa lain, yaitu Rivaldi alias Andika.

Baca Juga: Mayat Wanita Terapung di Laut Palabuhanratu Sukabumi, Polisi Ungkap Identitasnya

Dalam sidang tersebut Hakim PN Cirebon memvonis para tersangka dengan hukuman seumur hidup dan satu tersangka vonis 8 tahun (anak dibawah umur). Putusan dibacakan pada 26 Mei 2017. Hakim juga kembali menegaskan soal daftar 3 DPO, yaitu Pegi alias Perong, Dani dan Andi.

"Semua barang bukti tersebut diatas dikembalikan kepada Penyidik Reskrim Polda Jabar untuk dipergunakan dalam perkara lain yaitu atas nama Sdr. ANDI, Sdr. DANI, Sdr. PEGI Als PERONG (DPO)," tulis putusan hakim PN Cirebon Nomor 4/Pid.B/2017/PN CBN seperti dikutip dari laman resmi Mahkamah Agung.

Sumber: suara.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan19 Juli 2024, 16:00 WIB

8 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang, Kulit Bersih dan Mulus yang Bisa Anda Tiru

Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda.
Ilustrasi - Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda. (Sumber : Instagram/@mikakotabee).
Sukabumi19 Juli 2024, 15:33 WIB

5 Jembatan di Sukabumi Putus, Pelajar Nekat Bergelantungan Lintasi Sungai untuk Sekolah

Masyarakat membuat jembatan sementara sebagai pengganti jembatan yang putus.
Tangkapan layar pelajar asal Kampung Cigirang, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, bergelantungan pada rangka jembatan yang putus. | Foto: Istimewa
Entertainment19 Juli 2024, 15:30 WIB

Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi

Kabar gembira datang dari Stray Kids yang seluruh membernya dikabarkan telah memperpanjang kontrak dengan agensi, JYP Entertainment pada Kamis, 18 Juli 2024.
Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi (Sumber : x/@Stray_Kids)
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi