Siapa Abu Bakar Ba'asyir? Sosok yang Viral Dukung Salah Satu Capres

Kamis 18 Januari 2024, 15:45 WIB
Sosok Abu Bakar Ba'asyir yang Viral Dukung Salah Satu Capres | Foto : Instagram/jurniscom

Sosok Abu Bakar Ba'asyir yang Viral Dukung Salah Satu Capres | Foto : Instagram/jurniscom

SUKABUMIUPDATE.com - Abu Bakar Ba'asyir adalah salah satu nama yang kini tengah ramai dicari warganet. Bahkan kata kunci "Abu Bakar Ba'asyir" masih menduduki jajaran trending Google pada Kamis (18/1/2024).

Adapun sosok Abu Bakar Ba'asyir viral usai beredar sebuah rekaman suara dirinya yang mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) beredar di akun TikTok @aniesvisioner. Merujuk Suara.com, putra Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rohim telah mengkonfirmasi kebenaran rekaman suara ayahnya itu.

Dukungan Ba'asyir pada AMIN itu seakan bertentangan karena pernyataannya di masa lalu pernah mengkafir-kafirkan demokrasi. Lantas siapa Abu Bakar Ba'asyir yang viral mendukung salah satu capres? Simak informasinya berikut ini!

Profil Abu Bakar Ba'asyir

Sosok Abu Bakar Ba'asyir yang Viral Dukung Salah Satu Capres | Foto : Instagram/jurniscomSosok Abu Bakar Ba'asyir yang Viral Dukung Salah Satu Capres | Foto : Instagram/jurniscom

Abu Bakar Ba'asyir bin Abu Bakar Abud lahir di Jombang, Jawa Timur pada 17 Agustus 1938 sehingga kini berusia 85 tahun. Abu Bakar Ba'asyir adalah tokoh muwahidin di Indonesia beraliran Jihadisme salafi yang dianggap punya keterkaitan dengan beberapa peristiwa dan aksi terorisme di Indonesia.

Baca Juga: Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1445 H Jatuh Pada Senin, 11 Maret 2024

Ba'asyir merupakan pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) serta salah satu pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mu'min, Solo Jawa Tengah.

Berbagai badan intelijen menuduh Ba'asyir sebagai kepala spiritual Jemaah Islamiyah (JI), sebuah grup separatis militan Islam yang punya kaitan dengan Al-Qaeda. Namun Ba'asyir telah membantah menjalin hubungan dengan JI atau terorisme.

Jejak Abu Bakar Ba'asyir muncul pada masa Presiden Soeharto. Ba'asyir bersama Abdullah Sunggkar ditangkap karena tidak hanya menolak asas Pancasila, tapi juga melarang santrinya hormat pada bendera tiap kali upacara. Menurut Abu Bakar Ba'asyir, hormat pada bendera termasuk perbuatan syirik.

Pada awal tahun 2019, Abu Bakar Ba'asyir mendapat penawaran bebas tanpa syarat dari pemerintahan Jokowi dengan syarat dia mau menandatangani perjanjian agar setia Pancasila.

Akan tetapi, Yusril Ihza Mahendra selaku pengacara Jokowi mengatakan Ba'asyir menolak syarat itu. Baru pada tahun 2022, Ba'asyir mengakui Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Baca Juga: Beredar Isu Sri Mulyani Mundur dari Menteri Keuangan, Sorot Nama Faisal Basri

Abu Bakar Ba'asyir yang diyakini punya paham radikal juga diduga menjadi dalang aksi teror bom di Bali pada tahun 2002 silam. Meski demikian, Ba'asyir membantah terlibat serangan bom di Bali yang mengakibatkan lebih dari 200 orang meninggal.

Selain itu, Abu Bakar Ba'asyir juga pernah dimasukan ke dalam penjara pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat itu jaksa penuntut umum (JPU) mengatakan Ba'asyir memberi dukungan penting bagi kamp pelatihan jihad yang ditemukan pada awal 2010 di Aceh.

Abu Bakar Ba'asyir lalu divonis 15 tahun penjara pada 16 Juni 2011 karena terbukti mendukung kelompok terorisme di Aceh. Dia bebas dari Lapas Gunung Sindur Jawa Barat pada Jumat, 8 Januari 2021.

Abu Bakar Ba'asyir Sebut Demokrasi Kafir

Sosok Abu Bakar Ba'asyir yang Viral Dukung Salah Satu Capres | Foto : Instagram/jurniscomSosok Abu Bakar Ba'asyir yang Viral Dukung Salah Satu Capres | Foto : Instagram/jurniscom

Abu Bakar Ba'asyir punya pandangan kontroversial terkait demokrasi yang dituangkan dalam bukunya berjudul 'Tadzkirah'. Dalam buku itu, Ba'asyir menguraikan demokrasi dalam 4 poin.

Poin pertama, demokrasi tertolak sejak dari sumbernya. Menurut Abu Bakar Ba'asyir, konsep demokrasi muncul dari masyarakat Yunani Kuno yakni ketika filsuf Pericles mencetuskan konsep demokrasi pada 431 Sebelum Masehi.

Kemudian konsep demokrasi ini disempurnakan filsuf Yunani lainnya, seperti Plato, Aristoteles, Polybius, dan Cicero.

Baca Juga: 8 Ciri Orang Tua Stres Karena Mengalami Tekanan Batin

Abu Bakar Ba'asyir lalu mengutip sumber demokrasi berasal dari para filsuf Yunani yang tidak memeluk Islam dan menyembah Allah SWT. Konsep tersebut juga baru diterima setelah 1700 tahun sejak kelahirannya.

"Dari sini jelas, Islam menolak demokrasi karena konsep ini lahir semata-mata dari akal orang-orang kafir, sama sekali tidak berlandaskan wahyu dari Allah Ta'ala," kata dia, dikutip via Suara.com, Kamis (18/1/2024).

Pada poin kedua, Baasyir menyatakan bahwa menerima demokrasi berarti mendustakan Al-Quran, As-Sunnah. Dia menyebut mereka yang menerima demokrasi berarti membatalkan tauhid karena tidak mengakui keesaan Allah.

Sementara itu pada poin ketiga dan keempat, Baasyir secara jelas menyebut demokrasi telah menjadi agama selain Islam. "Orang Islam yang mengajak pada demokrasi berarti beragama demokrasi," kata dia.

Baca Juga: Spesifikasi HP Samsung S24 dan S24 Plus, Harganya Setara Motor!

Di akhir bab, Ba'asyir menyimpulkan demokrasi adalah sistem yang bertentangan dengan Islam. Dia juga mengatakan para ulama sepakat demokrasi sebagai sebuah agama orang kafir yang bertolak belakang dengan Islam.

Namun Ba'asyir tak menyebutkan ulama mana saja yang berkesimpulan seperti itu. "Kalau ada ulama yang menyetujui demokrasi, itu ulama bayaran namanya," ungkap dia.

Beredar rekaman suara Abu Bakar Ba'asyir di media sosial Tiktok yang mendukung pasangan AMIN. Dalam rekaman itu, Ba'asyir awalnya menjelaskan jika Pilpres bukan sebuah ideologi, tapi sebuah alat yang bertujuan untuk membela Islam.

Ba'asyir lalu berpendapat salah satu cara untuk membela Islam yakni dengan memilih capres yang paham dengan Islam. Dia lalu mengklaim pasangan AMIN yang paham Islam ketimbang kandidat lainnya.

"Jadi kita boleh mengikuti operasi ini untuk membela islam. Caranya yaitu memilih presiden yang paham islam. Capres yang tiga itu yang paham Islam itu cuma 1 yaitu yang nomor 1 namanya Anies Baswedan. Itu yang wajib kita pilih," kata Ba'asyir dalam rekaman suara di akun Tiktok @aniesvisioner.

"Karena nanti jika dia terpilih, ditakdirkan allah untuk terpilih menjadi presiden, Insyaallah dia banyak menguntungkan Islam, yang akan berusaha mengatur negara ini dengan hukum-hukum Islam semampunya," sambung dia.

Baca Juga: 13 Tips Public Speaking yang Baik Agar Tidak Belibet Di Depan Banyak Orang

Ba'asyir lalu menyerukan bagi umat Islam untuk memilih dalam Pilpres 2024. Dia pun menyarankan untuk memilih pasangan AMIN.

"Ini supaya umat Islam diberitahu supaya harus memilih, jangan sampai tak memilih. Tapi nomor 1 yang harus dipilih, bukan yang lain. Tujuan kita untuk membela Islam supaya Islam tetap terawat dengan baik. Demikian yang perlu saya terangkan," ujar dia.

Beberapa waktu lalu, mantan napi teroris itu juga sempat mengirim surat pada 3 capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Isi surtnya adalah pesan bila mereka terpilih dalam Pilpres 2024.

Sumber: Suara.com/Trias Rohmadoni

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik02 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Eks Personil CJR

Inilah Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Ex Personil Coboy Junior (CJR) yang Viral di Medsos.
Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan. Foto: YouTube/IqbaalRamadhan
Keuangan02 Mei 2024, 16:30 WIB

Hindari 5 Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya

Yuk Hindari Sekarang! Inilah Sederet Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Bola02 Mei 2024, 16:28 WIB

Malam Ini, Nobar Pila AFC U-23 Indonesia VS Irak di Halaman Mapolres Kota Sukabumi

Perebutan juara ketiga yang mempertemukan antara Indonesia dengan Irak itu akan digelar hari ini pada Kamis (02/5) sekira pukul 22:30 WIB, malam.
Nonton bareng pertandingan Piala AFC U-23 Indonesia vs Irak di Halaman Maporles Kota Sukabumi | Foto : Ist
Entertainment02 Mei 2024, 16:00 WIB

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Bakal Menikah Secara Adat di Bali Pada 5 Mei

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.
Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@rfasmusic)
Life02 Mei 2024, 15:23 WIB

6 Sikap yang Membuat Anda Sulit Dipercaya Orang Lain di Masyarakat

Beberapa sikap dalam hidup rupanya berpengaruh terhadap penilaian orang lain, salah satunya menjadi patokan apakah dipercaya apa tidak di mata orang
Sikap yang membuat orang sulit dipercaya | Foto : Pexels/Liza Summer
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Bejat, Gadis 13 Tahun Digilir 8 Remaja di Kosan Usai Dicekok Miras di Sukabumi

Berawal dari status di media sosial, gadis dibawah umur berinisial R (13 tahun) warga Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi korban pencabulan dan digilir delapan orang.
Ilustrasi, Gadis inisial R (13 tahun) asal Selabintana menjadi korban pencabulan 8 remaja di kosan di Cicantayan Kabupaten Sukabumi | Foto: : Freepik/raybon
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Pernah Jadi Korban, Pengakuan Pembunuh dan Pelaku Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Polisi akan memeriksa secara medis kejiwaan S dan wilayah lubang anusnya.
(Foto Ilustrasi) Terduga pelaku pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berinisial S (14 tahun), mengaku pernah menjadi korban. | Foto: Pixabay
Inspirasi02 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK (Sumber : pexels.com/Wendy Wei)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:50 WIB

Lewat E-Lapor, Empat Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Selama April 2024

Keempat aduan ini paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo mencatat selama April 2024 empat aduan masuk ke E-Lapor. | Foto: Istimewa
Sukabumi02 Mei 2024, 14:37 WIB

Hardiknas, Pemkot Sukabumi: Momentum Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

Hardiknas yang diisi penampilan kesenian para pelajar merupakan bukti tingkat pendidikan di Kota Sukabumi sudah cukup baik.
Disdikbud Kota Sukabumi pada Kamis (2/5/2024) menggelar Upacara Peringatan Hardiknas Tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka. | Foto: Website Pemkot Sukabumi