7 Fakta Jenderal Sudirman, Pahlawan Nasional yang Berjuang dengan 1 Paru-Paru

Jumat 10 November 2023, 15:30 WIB
Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman saat Ditandu, Pimpin Pasukan Perang Gerilya dengan 1 Paru-Paru | Sumber: Instagram/@arsip_indonesia

Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman saat Ditandu, Pimpin Pasukan Perang Gerilya dengan 1 Paru-Paru | Sumber: Instagram/@arsip_indonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Jenderal Soedirman adalah seorang pahlawan nasional Indonesia dan panglima tertinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) pertama. Pahlawan Nasional Indonesia itu lahir tanggal 24 Januari 1916 di Purbalingga, Jawa Tengah, dan meninggal dunia pada 29 Januari 1950 di Magelang, Jawa Tengah.

Jenderal Sudirman dikenal atas kegigihannya memimpin perang gerilya meskipun dalam kondisi sakit Tuberkulosis atau TBC. Ketika itu, Jenderal Sudirman terus berjuang dari atas tandu memimpin perang gerilya selama tujuh bulan.

Namun, karena kondisi kesehatannya semakin turun hingga sampai pada titik tidak memungkinkan lagi untuk bertempur, Jenderal Sudirman terpaksa meninggalkan medan pertempuran, meskipun pemikirannya selalu dibutuhkan.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Pikiran Stres Agar Hidup Bahagia

Berikut sederet Fakta Jenderal Soedirman, Pahlawan Nasional yang gigih berjuang meski Paru-Paru hanya berfungsi sebelah, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Fakta Pahlawan Nasional Jenderal Soedirman

Fakta Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman, Pimpin Gerilya dengan 1 Paru-Paru | Sumber: Instagram/@politik.pemudaFakta Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman, Pimpin Gerilya dengan 1 Paru-Paru | Sumber: Instagram/@politik.pemuda

1. Pejuang Kemerdekaan

Jenderal Soedirman memainkan peran kunci dalam Perang Kemerdekaan Indonesia melawan penjajah Belanda. Jenderal Sudirman memimpin pasukan Indonesia dalam merebut kembali kota-kota yang telah diduduki oleh Belanda.

2. Pemimpin Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Fakta Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman, Pimpin Gerilya dengan 1 Paru-Paru | Sumber: Instagram/@gerilyasastraFakta Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman, Pimpin Gerilya dengan 1 Paru-Paru | Sumber: Instagram/@gerilyasastra

Soedirman diangkat menjadi Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia (Panglima TNI) pada 18 Desember 1948. Sebagai pemimpin tertinggi militer, Jenderal Sudirman memimpin perjuangan rakyat Indonesia melawan agresi militer Belanda.

Salah satu kutipan yang terkenal tentang Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman adalah "Yang sakit Soedirman, Panglima tidak pernah sakit".

3. Strategi Perang Gerilya

Jenderal Soedirman dikenal dengan strategi perang gerilya yang efektif dalam menghadapi pasukan Belanda yang lebih besar dan lebih kuat. Taktik gerilya Jenderal Sudirman ini terbukti sebagai metode yang efektif dalam memperoleh keunggulan di medan perang yang sulit.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Depresi Pada Anak Tanpa Obat Agar Mental Sehat

4. Kesehatan Jenderal Sudirman Memburuk

Soedirman mengidap penyakit tuberkulosis paru-paru yang parah. Meskipun dalam kondisi kesehatan yang buruk, Jenderal Sudirman terus memimpin dan memberikan semangat kepada pasukannya.

5. Jenderal Sudirman sakit TBC

Jenderal Soedirman meninggal dunia pada usia 34 tahun. Pada saat wafatnya, Soedirman dihormati sebagai salah satu pahlawan terkemuka Indonesia. Jenazahnya dimakamkan dengan upacara militer di Lapangan Kebon Jahe, Magelang, Jawa Tengah.

6. Pimpin Perang dengan 1 Paru-Paru

Jenderal Sudirman gigi memimpin perang gerilya meski dalam kondisi sakit. Bahkan, merujuk laman ditsmp.kemdikbud.go.id, saat itu kondisi fisik Jenderal Sudirman lemah.

Baca Juga: 7 Ciri Luka Inner Child Pada Anak Broken Home, Kamu Memilikinya?

Oleh karena terserang penyakit tuberkulosis, paru-paru Jenderal Sudirman hanya berfungsi sebelah.

7. Pahlawan Nasional Indonesia

Soedirman dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia sebagai pengakuan atas jasanya dalam perjuangan kemerdekaan. Puncak prestasi Jenderal Sudirman dan keberanian dalam memimpin perang gerilya menjadikannya simbol perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Nama Jenderal Soedirman tetap diabadikan dalam sejumlah institusi, termasuk nama kota (Purbalingga), universitas, monumen, dan tempat-tempat lainnya di seluruh Indonesia sebagai penghormatan kepada salah satu tokoh pahlawan yang sangat dihormati di negara tersebut.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)