Urgensi Kanal Khusus Cek Fakta Lokal, Berantas Berita Bohong Tingkat Daerah

Senin 04 September 2023, 10:33 WIB
Urgensi Kanal Khusus Cek Fakta Lokal, Berantas Berita Bohong Tingkat Daerah (Sumber : Istimewa)

Urgensi Kanal Khusus Cek Fakta Lokal, Berantas Berita Bohong Tingkat Daerah (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Diskusi Terfokus Program Cek Fakta Mafindo dan Mafindo Wilayah Maluku Utara telah dilaksanakan pada Sabtu, 2 September 2023 di Kota Ternate. Diskusi ini bertujuan bertujuan membangun dan memperkuat gerakan kolaborasi di berbagai wilayah sebagai langkah strategis dalam memerangi hoaks menjelang Pemilu 2024.

Diskusi juga menjadi upaya memperkuat gerakan kolaborasi menuju Pemilu 2024 yang bebas Misinformasi dan Disinformasi. Salah satunya dengan menyediakan kanal Cekfakta lokal untuk memerangi hoaks dengan tema lokal.

Berkat dukungan dari Google News Initiative, Internews dan FirstDraft, program Cekfakta.com telah berhasil memeriksa ribuan informasi palsu yang meresahkan masyarakat.

Baca Juga: Media Lokal hingga Nasional, Inilah Daftar Pemenang AMSI Awards 2023

Sejak diluncurkan pada Mei 2018, Cekfakta.com, didukung oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo), serta telah bekerja sama dengan 25 perusahaan media terkemuka.

Urgensi Kanal Khusus Cek Fakta Lokal, Berantas Berita Bohong Tingkat DaerahUrgensi Kanal Khusus Cek Fakta Lokal, Berantas Berita Bohong Tingkat Daerah

Kolaborasi telah berjalan selama lima tahun, namun tantangan dalam penyebaran dan penggunaan konten cek fakta masih cukup besar, terutama menjelang Pemilu 2024 yang rentan terhadap gangguan informasi, ujaran kebencian, polarisasi, kampanye hitam, dan ancaman manipulasi kecerdasan buatan.

Adapun FGD (Focus Group Discussion) mengangkat tema “Mengawal Demokrasi Indonesia dalam Pemilu 2024 dengan Mencegah dan Mengantisipasi Menyebarnya Misinformasi dan Disinformasi” yang dilaksanakan di Ballroom Halmahera A, Sahid Hotel Kota Ternate pada Sabtu (2/9/2023) pukul 10.00 s.d. 14.00 WIT.

“Banyak hoaks ditemukan dalam media, sebab media online masih menjadi sarana untuk memberikan informasi tidak valid dan bersifat propaganda,” ujar Arba Sahlan dari GMNI, dikutip Senin (4/9/2023).

Perwakilan Bawaslu Maluku Utara Dr. Adrian mengatakan, “Kita harus berani melawan berita bohong, mencari kebenarannya dan berani membagikan kebenaran tersebut, di sisi lain dalam rangka melawan hoaks diperlukan Gerakan-gerakan dari seluruh lapisan Masyarakat.” Dengan tagline Jarimu Mengawasi Pemilu, diharapkan partisipasi seluruh pihak dalam mengawal tahun pemilu yang kondusif.

Baca Juga: Bahas Disrupsi Digital di IDC AMSI, Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Melek AI

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Dr. Suleman Saidi menambahkan selain mengklarifikasi hoaks, perlunya tindak lanjut berupa sosialisasi dan tindakan kolaborasi.

Salah satu wakil Kelompok Cipayung Crisvanus Tri Luhu dari GMKI menyarankan pentingnya kanal cek fakta lokal sehingga ada pusat klarifikasi di tingkat daerah terhadap hoaks dan berita bohong yang beredar.

Kegiatan ini disambut positif berbagai pihak yang hadir antara lain dari Bawaslu Maluku Utara, PMI Kota Ternate, pelajar, PII, LMND, Universitas Khairun, PGRI, Muslimat NU Kota Ternate, Aisyiyah Kota Ternate, HMI Cabang Ternate, PMII, KPU Provinsi Maluku Utara, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Maluku Utara, Fatayat Kota Ternate, AMAN Maluku Utara, Walhi Malut, GMNI, KAMMI, HMI Cabang Ternate, Pramuka, GMKI, UMMU, AMSI Maluku Utara, Kesultanan Ternate, LSM JP3M Maluku Utara, dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Maluku Utara.

FGD Program Cek Fakta ditutup dengan penandatanganan pernyataan sikap bersama guna menciptakan kolaborasi Bersama menghadapi disinformasi jelang pemilu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih04 Maret 2024, 23:25 WIB

Protes Suara DPR RI PDIP Diduga Hilang, Pleno KPU Kabupaten Sukabumi Memanas

Hari keempat Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, yang digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palabuhanratu, sempat ricuh, Senin (4/2/2024).
Pleno Rekapitulasi Suara KPU tingkat kabupaten di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Entertainment04 Maret 2024, 21:37 WIB

Lisa Blackpink Pamer Kedekatan dengan Taylor Swift di Singapura, Akrab Banget!

Lisa Blackpink menghebohkan penggemarnya sedang menonton konser Taylor Swift “The Eras Tour” di Singapura pada Minggu (3/3/2024).
Lisa Blackpink pamer foto bareng Taylor Swift usai konser “The Eras Tour” hari kedua di Singapura, Minggu (3/3/2024). (Sumber : Instagram/@lalalalisa_m)
Internasional04 Maret 2024, 21:29 WIB

Perkosa PRT Asal Indonesia, Eks Anggota Dewan Malaysia Dihukum 8 Tahun Penjara & 2 Cambukan

Mantan anggota dewan di Malayasia, Paul Yong Choo Kiong dinyatakan bersalah karena memperkosa pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia, kasus terjadi pada Juli 2019.
Ilustrasi seorang PRT asal Indonesia diperkosa eks anggota dewan di Malayasia | Foto Freepik/raybon)
Entertainment04 Maret 2024, 21:00 WIB

Rafathar Salting Wajahnya Sudah Tumbuh Jerawat, Mbak Lala: ‘Ciye Udah Gede’

Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya.
Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya. (Sumber : Tiktok @rayyanzacipung_acikule).
Nasional04 Maret 2024, 20:51 WIB

KPK Soroti Dugaan Suap Izin Tambang yang Seret Menteri Bahlil Lahadiala

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi pemberitaan soal Menteri Investasi Bahlil Lahadalia diduga menerima uang suap dari perizinan tambang. Ia menyebut tengah mempelajari laporan berita investigasi tersebut.
Menteri Investasi Bahlil Lahadiala sat berfoto dengan Paslo Prabowo-Gibran | Foto : Ist
Life04 Maret 2024, 20:32 WIB

4 Tips Mudah Atasi Kecemasan Pada Anak di Rumah, Yuk Terapkan Bunda

Kecemasan yang dirasakan anak-anak merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, apabila hal ini berlangsung lama maka orang tua perlu mencari cara mengatasinya.
Ilustrasi seorang Ibu membantu anaknya atasi kecemasan di rumah. (Sumber : Freepik)
Life04 Maret 2024, 20:30 WIB

10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental

Inilah tips menggunakan media sosial agar tetap sehat fisik dan mental serta terhindar dari dampak negatif lainnya
Ilustrasi - 10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel04 Maret 2024, 20:26 WIB

Menggrilla Sukabumi Tawarkan Sensasi Nge-Grill Nikmat Dengan Harga Terjangkau

Menggrilla Sukabumi menawarkan sensasi kenikmatan makan daging panggang atau grill yang lembut dan empuk dengan harga terjangkau.
Menu daging panggang di Menggrilla Sukabumi yang memanjakan lidah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Maret 2024, 20:17 WIB

Pasien DBD Di RSUD Jampang Kulon Sukabumi Alami Peningkatan Kasus

Seksi Pelayanan Medis RSUD Jampangkulon, dr. Lastri Asmuniati mengatakan dari data bulan Desember 2023 hingga bulan Februari 2024, kasus Dengue memang ada kenaikan.
Pasien DPD di RSUD Jampang Kulon alami peningkatan kasus | Foto : Ragil Gilang
Life04 Maret 2024, 20:00 WIB

Tes Kepribadian: Pilih Satu dari 4 Hewan Ini dan Akan Ungkap Siapa Anda Sebenarnya

Tes ini didasarkan pada gagasan bahwa hewan memiliki karakteristik yang dapat dikaitkan dengan kepribadian manusia.
Ilustrasi - Tes ini didasarkan pada gagasan bahwa hewan memiliki karakteristik yang dapat dikaitkan dengan kepribadian manusia. (Sumber : Jagran Josh).