Sejarah, Tugas dan Fungsi Paspampres, Prajurit Elit Pengawal Presiden

Selasa 29 Agustus 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi - Paspampres tidak hanya melindungi Presiden saat berada di dalam negeri. (Sumber : puspomad.mil.id)

Ilustrasi - Paspampres tidak hanya melindungi Presiden saat berada di dalam negeri. (Sumber : puspomad.mil.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Paspampres (Pasukan Pengaman Presiden) adalah sebuah unit militer yang bertanggung jawab melindungi dan menjaga keamanan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya hingga tamu negara.

Pasukan elit ini harus melaksanakan tugas-tugas keamanan terkait dengan kunjungan kenegaraan, pertemuan diplomatik dan acara-acara penting lainnya yang melibatkan kepala negara.

Sejarah Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden)

Paspampres lahir bersamaan dengan proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan kelahiran TNI dan Polri. Ketika itu para pemuda pejuang tergerak untuk mengambil peranan dalam mengamankan Presiden.

Baca Juga: 10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri dan Tidak Tergantung Kepada Orang Lain

Para Pemuda itu terdiri dari kesatuan Tokomu Kosaku Tai yang merupakan cikal bakal dari DKP (Detasemen Kawal Pribadi), berperan untuk pengawal pribadi dan PETA (Pembela Tanah Air) berperan sebagai pengawal Istana.

Situasi keamanan pada awal Kemerdekaan Republik Indonesia sangat-sangat memprihatinkan dan membahayakan Presiden, terlebih dengan didudukinya Jakarta oleh Belanda pada tanggal 3 Januari 1946.

Maka Mr. Pringgodigdo selaku Sekretaris Negara pada saat itu mengeluarkan perintah untuk melaksanakan operasi penyelamatan pimpinan nasional. Operasi tersebut kemudian dikenal dengan istilah “Hijrah ke Yogyakarta”.

Baca Juga: 8 Sikap Agar Tetap Bahagia Meski Banyak yang Tidak Suka, Jangan Lemah!

Dalam pelaksanaan operasi penyelamatan tersebut, terjadi kerja sama antara kelompok pengamanan yang terdiri dari unsur TNI yang dipimpin Letda Cpm Sukotjo Tjokro Atmodjo dan kepolisian.

Demi mengenang keberhasilan menyelamatkan Presiden Republik Indonesia yang baru pertama kalinya dilaksanakan itu, maka tanggal 3 Januari 1946 dipilih sebagai Hari Bhakti Paspampres.

Mengutip tni.mil.id, Paspampres memiliki tugas pokok melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat setiap saat dan dimanapun berada kepada Presiden Republik Indonesia, Wakil Presiden dan Tamu Negara.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Licik yang Harus Dihindari Dalam Hidup, Yuk Waspada

Lalu tugas protokoler Paspampres dijalankan pada upacara-upacara kenegaraan baik di lingkungan Istana Kepresidenan maupun diluar lingkungan lingkungan Istana Kepresidenan dalam rangka mendukung tugas pokok dari TNI.

Fungsi Utama dari Paspampres

Melaksanakan pengamanan pribadi VVIP yang meliputi segala usaha, kegiatan dan pekerjaan, untuk menjamin keselamatan pribadi dan melindungi jiwa VVIP dari setiap ancaman yang berbahaya.

Pengamanan instalasi yang terdiri dari segala usaha, kegiatan dan pekerjaan pengamanan personel, materil dan fasilitas yang ada dilingkungan VVIP.

Baca Juga: 7 Ciri Hidupmu Semakin Bahagia Seiring Bertambahnya Usia, Yuk Kenali!

Melakukan pengamanan penyelamatan VVIP yang meliputi semua usaha, kegiatan dan pekerjaan yang terencana dan terarah untuk melindungi serta menyelamatkan jiwa VVIP dari ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang mungkin dapat terjadi.

Melaksanakan pengamanan makanan dan medis VVIP baik secara visual, laboratories atau cara lain demi melindungi jiwa VVIP dari bahaya yang dapat timbul melalui makanan, minuman, obat-obatan dan benda lainnya.

Mengamankan acara protokoler khusus yang meliputi kehormatan, pasukan upacara dan iringan musik di upacara kenegaraan.

Baca Juga: 12 Cara Menjadi Perempuan Elegan yang Disukai Banyak Orang, Yuk Dicoba

Fungsi Organik Militer

Selain fungsi utama, Paspampres juga memiliki fungsi organik militer yakni intelijen. Ini meliputi penyelidikan dan pengamanan guna kemungkinan perencanaan dan pengambilan keputusan operasi maupun pengamanan badan, komando, satuan, materiil, pemberitaan, operasi dan kegiatan.

Operasi dan latihan meliputi usaha, pekerjaan dan kegiatan dibidang penyiapan serta penyusunan satuan tugas guna menyelenggarakan operasi. Pemeliharaan dan peningkatan mutu keterampilan profesional baik perorangan atau satuan.

Personel meliputi segala usaha pekerjaan dan kegiatan dibidang yang terdiri pembinaan kekuatan, pendidikan, penggunaan, perawatan, pembinaan kejiwaan prajurit, tata tertib, hukum disiplin dan pemisah serta penyaluran.

Baca Juga: 12 Tips Bahagia Meskipun Hidup Sendirian, Dijamin Tak Kesepian!

Logistik meliputi segala usaha dibidang sarana dan fasilitas Matfasjasa, Bekang, pemberian jasa perorangan, badan, komando dan satuan serta pemeliharaan personel dan peralatan.

Sumber: Tni.mil.id

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Di Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap di Malam Hari

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang