7 Ciri Hidupmu Semakin Bahagia Seiring Bertambahnya Usia, Yuk Kenali!

Selasa 29 Agustus 2023, 13:00 WIB
Orang yang bahagia cenderung merasa bersyukur atas apa yang mereka miliki dan memusatkan perhatian pada hal-hal positif dalam hidup. (Sumber : Freepik.com/jcomp.)

Orang yang bahagia cenderung merasa bersyukur atas apa yang mereka miliki dan memusatkan perhatian pada hal-hal positif dalam hidup. (Sumber : Freepik.com/jcomp.)

SUKABUMIUPDATE.com - Hidup adalah perjalanan yang terus berubah dan setiap orang memiliki alur cerita yang berbeda dalam menjalaninya. Beberapa orang mendapatkan kebahagiaannya seiring bertambahnya usia.

Banyak faktor yang dapat memengaruhi bagaimana seseorang merasa bahagia seiring bertambahnya usia, termasuk kondisi kesehatan fisik dan mental, dukungan sosial, pengalaman hidup sebelumnya, dan banyak lagi.

Meskipun setiap orang memiliki perjalanan hidup yang berbeda, tapi ada beberapa tanda umum yang menunjukkan kebahagiaan seiring bertambahnya usia meliputi:

Baca Juga: 10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri dan Tidak Tergantung Kepada Orang Lain

1. Ketenangan Emosional

Dengan bertambahnya usia, banyak orang mengalami peningkatan dalam kemampuan mengelola emosi dan stres. Mereka mungkin lebih terampil dalam mengatasi tantangan hidup dengan tenang.

2. Kebijaksanaan

Pengalaman hidup dan pembelajaran dari berbagai situasi dapat memberikan wawasan dan kebijaksanaan yang lebih besar. Ini bisa membantu seseorang mengambil keputusan yang lebih baik dan menghadapi masalah dengan lebih bijaksana.

3. Hubungan Sosial yang Kuat

Seiring bertambahnya usia, banyak orang mengembangkan jaringan hubungan sosial yang lebih dalam dan bermakna. Ini bisa termasuk hubungan dengan anggota keluarga, teman-teman, dan pasangan hidup.

Baca Juga: 8 Sikap Agar Tetap Bahagia Meski Banyak yang Tidak Suka, Jangan Lemah!

4. Menerima Diri Sendiri dan Kehidupan Saat Ini

Dalam beberapa kasus, usia bisa membawa penerimaan yang lebih besar terhadap diri sendiri dan kehidupan yang telah dijalani. Ini dapat mengurangi tekanan untuk mencapai harapan yang mungkin tidak realistis.

5. Waktu untuk Hobi dan Minat Pribadi

Seiring bertambahnya usia, banyak orang memiliki lebih banyak waktu luang untuk mengejar hobi dan minat pribadi. Ini dapat memberikan kebahagiaan tambahan melalui pencapaian pribadi dan kepuasan tersendiri.

6. Rasa Syukur dan Kehidupan yang Lebih Sederhana

Bertambahnya usia juga bisa membawa rasa syukur yang lebih besar terhadap hal-hal kecil dalam hidup dan menghargai momen-momen sederhana.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Licik yang Harus Dihindari Dalam Hidup, Yuk Waspada

7. Kebebasan dan Kemandirian

Bagi beberapa orang, bertambahnya usia dapat berarti lebih banyak kebebasan dan kemandirian, karena mereka mungkin telah mencapai puncak karier atau menyelesaikan tanggung jawab keluarga.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat14 Mei 2024, 14:45 WIB

10 Tips Makan Sehat Agar Kolesterol Tinggi Bisa Turun, Yuk Terapkan Setiap Hari

Makan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagi yang memiliki riwayat atau mengidap kolesterol tinggi. Hal ini perlu dilakukan agar tidak menyebabkan penyakit berbahaya, seperti jantung
Ilustrasi makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi, agar bisa menurunkannya dan membuat tubuh lebih sehat. (Sumber : Freepik.com)
Life14 Mei 2024, 14:30 WIB

10 Kebiasaan Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

Untuk menurunkan kolesterol tidak hanya dengan mengubah pola makan saja, tetapi juga dengan melakukan kegiatan di pagi hari yang positif
olahraga adalah salah satu kegiatan di pagi hari yang bisa membantu turunkan kolesterol tinggi pada tubuh. (Sumber : freepik.com/@jcomp)
Sehat14 Mei 2024, 14:15 WIB

Punya Gula Darah Tak Perlu Dihindari, 3 Alasan Karbohidrat Penting untuk Kesehatan

Karbohidrat adalah molekul gula yang memberi energi pada otak dan tubuh Anda.
Ilustrasi - Karbohidrat adalah molekul gula yang memberi energi pada otak dan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi14 Mei 2024, 14:13 WIB

20 Tusukan Garpu Sawah, Kondisi Tragis Ibu Dibunuh Anak di Kalibunder Sukabumi

Polisi telah menangkap dan menahan Rahmat di Mapolsek Kalibunder.
Jenazah Inas (43 tahun) setelah diduga dibunuh anak kandungnya, Rahmat alias Herang (25 tahun), di dalam kamar rumah mereka di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat14 Mei 2024, 14:00 WIB

5 Kategori Ikan Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Meskipun ikan-ikan ini memiliki jumlah purin yang tinggi, tidak berarti seluruh kategori ikan tersebut harus sepenuhnya dihindari penderita asam urat.
Ilustrasi - Beberapa jenis ikan laut yang tinggi purin termasuk kategori ikan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah besar oleh penderita asam urat. (Sumber : Pexels/AlexanderZvir)
Sehat14 Mei 2024, 13:45 WIB

Inilah 7 Makanan Alami Terbaik Untuk Atasi Kolesterol dan Serangan Jantung

Untuk mengatasi kolesterol dan terhindar dari penyakit jantung bisa dimulai dengan mengkonsumsi makanan alami secara rutin, dari sarapan, makan siang, dan makan malam
Kenali makanan terbaik untuk atasi kolesterol tinggi ini! Kaya manfaat untuk kesehatan jantung (Sumber : freepik.com/@produksipv)
Sukabumi14 Mei 2024, 13:36 WIB

Pelaku Alami Gangguan Jiwa Sejak Kecil? Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Satu per satu informasi tentang tragedi ibu bunuh anak di Kampung Cilandak Desa Sekarsari Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi mulai terungkap
Rahmat alias R alias Herang (26 tahun) terduga pelaku bunuh ibu kandung di Kalibunder Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa/warganet)
Life14 Mei 2024, 13:30 WIB

Sering Makan Tinggi Purin, 7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Asam Urat Kambuh

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi - Sering Makan Tinggi Purin Termasuk Salah Satu Kebiasaan Sepele yang Membuat Asam Urat Kambuh. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi14 Mei 2024, 13:18 WIB

Tusuk Wajah dan Dada Pakai Garpu, Sadisnya Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Terduga pelaku dan korban tinggal berdua di rumah panggung.
Jenazah Inas (43 tahun) setelah diduga dibunuh anak kandungnya, Rahmat alias Herang (25 tahun), di dalam kamar rumah mereka di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 13:15 WIB

6 Golongan Orang yang Gampang Dipercaya di Masyarakat, Anda Termasuk?

Diantara banyaknya tipe orang, terdapat beberapa golongan yang karakternya sangat mudah dipercaya oleh masyarakat dan lingkungan sekitar
Golongan orang yang mudah dipercaya di masyarakat dan lingkungan sekitar (Sumber : Pexels.com /@AlicanHelik)