Pengurus AMSI Kalimantan Barat Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

Senin 05 September 2022, 14:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) Periode 2022-2025 resmi dilantik oleh Pengurus AMSI Pusat Ronny Kusuma, di Ballroom Mercure Hotel, Jalan A.Yani Kota Pontianak, Senin (5/9/2022) pagi.

Pelantikan yang dirangkai dengan seminar “Tata Kelola Industri Sawit & Komitmen Penerapan Sawit Berkelanjutan di Kalbar", dan Rakerwil AMSI Kalbar tahun 2022, turut dihadiri Sekda Kalbar Harisson.

Hadir juga para pimpinan perusahaan media siber di Kalbar, organisasi profesi wartawan seperti AJI dan PWI serta SMSI, JMSI, NGO, serta para mahasiswa. Kemudian pejabat pemerintah provinsi Kalbar dan Kabupaten Kota di Kalbar.

Usai terpilih dan dilantik sebagai Ketua AMSI Kalbar Kundori mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada dirinya.

Baca Juga :

Pengurus AMSI DKI Jakarta Periode 2021-2024 Resmi Dilantik

"Tentu amanah ini akan saya laksanakan dengan sebaik-baiknya bersama para pengurus AMSI Kalbar yang saat ini beranggotakan 16 media siber di Kalbar," ujarnya.

Ia mengungkapkan, pada periode pertama AMSI Kalbar yang baru terbentuk pada tahun 2019 lalu, pihaknya masih berfokus pada penguatan internal dan menggelar pelatihan-pelatihan.

"Termasuk berkontribusi pada program cek fakta membantu KPU mencegah penyebaran informasi hoaks yang marak terjadi pada pemilu lalu," ungkapnya.

Nah, imbuh Kundori, pada periode kedua ini, AMSI akan lebih banyak berkolaborasi bersama stakeholder termasuk pihak-pihak yang terjun dalam tata kelola sawit di Kalbar, seperti yang diseminarkan pada hari ini.

"Kami juga mendorong kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota di Kalbar untuk dapat berkolaborasi dengan AMSI, kendati telah ada kolaborasi secara personal dengan media-media anggota AMSI," katanya.

Ketua Umum AMSI Pusat, Wens Manggut, dalam sambutannya via zoom meeting, menegaskan kepengurusan AMSI Kalimantan Barat yang baru saja dilantik punya kewajiban untuk menyehatkan ekosistem dunia digital.

Kehidupan apa saja, tambahnya, termasuk politik, sosial, kebaikan masyarakat umum, ekonomi dan lain sebagainya, sangat dipengaruhi oleh ruang digital.

Karenanya ia mengingatkan, produk media yang berada dalam wadah organisasi AMSI tidak memproduksi sampah digital, misalnya hate speech maupun hoaks.

Nah, untuk menyehatkan ekosistem digital ini, organisasi AMSI perlu terus memperkuat kapasitas dengan berbagai program, seperti pelatihan, mentoring sisi konten infrastruktur dan bisnis, serta menjalin kerjasama dengan banyak pihak.

Sekda Kalbar Harisson yang mewakili Gubernur Kalbar, atas nama pemerintah daerah menyambut baik pelantikan dan seminar yang dilaksanakan.

"Semoga Pengurus AMSI Kalbar dapat meningkatkan kolaborasi dengan pemerintah daerah, serta dapat terus menjaga kualitas produk jurnalistiknya," ujarnya berharap.

Pujian juga disampaikan Harisson terhadap eksistensi AMSI sebagai wadah media siber yang handal dan profesional dengan menghadirkan berbagai konten sehat dan mendidik.

photoPengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Kalimantan Barat Periode 2022-2025 resmi dilantik oleh Pengurus AMSI Pusat Ronny Kusuma - (Istimewa)</span

"Terima kasih AMSI, telah mendukung berbagai kebijakan pemerintah melalui pemberitaan dan terus mencegah maraknya pemberitaan hoaks di tengah masyarakat," ujar dia.

Tentunya menjadi harapan bersama, imbuh Harisson, AMSI mampu memberikan edukasi dan pemahaman literasi media siber yang benar, baik kepada pembaca maupun insan media siber di dalamnya. 

"Semoga pengurus AMSI Kalbar dan media-media anggotanya dapat terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam upaya memajukan pembangunan dan perekonomian daerah," tutupnya.

Sebelumnya ketua panitia kegiatan L. Sahat Tinambunan, dalam laporannya mengatakan pelantikan dan seminar AMSI Kalbar, selain dilaksanakan secara offline, juga dilaksanakan secara online yang diikuti  seluruh Pengurus AMSI di Indonesia. 

Mengenai tujuan digelarnya seminar tentang komoditas sawit, dijelaskan Sahat, dikarenakan Kalbar adalah salah satu provinsi yang perekonomiannya ditopang komoditas sawit sebagai salah satu produk andalannya. 

"Tingginya tingkat ketergantungan dan gairah masyarakat petani terhadap komoditas sawit akan berdampak kurang baik dalam berbagai aspek, apabila tidak dikelola sedemikian rupa dalam hal tata kelola penerapan sawi berkelanjutan," ungkapnya.

Oleh karena itu, imbuh Sahat, AMSI Kalbar, merasa perlu untuk memfasilitasi para stakeholder dan pemangku kepentingan untuk bertukar pikiran dan menerapkan komitmen bersama guna mensejahterakan masyarakat Kalbar

Tidak lupa, ia atas nama panitia AMSI Kalbar mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalbar, GAPKI, Wilmar, HPI Agro, Pemkab Landak, Pemkab Sekadau, Pemkab Mempawah, Pemkot Pontianak dan Bank Kalbar yang telah mendukung kegiatan ini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:00 WIB

7 Kebiasaan yang Membuat Anda Tidak Dihargai Orang Lain

Hindari Kebiasaan Ini Jika Anda Ingin Dihargai Orang Lain.
Ilustrasi - Kritik Berlebihan. Kebiasaan yang Membuat Anda Tidak Dihargai Orang Lain (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov)
Sukabumi16 April 2024, 19:48 WIB

Kisah Guru MI di Sukabumi: Huni Rumah Panggung, Jalan Kaki 5 KM Pulang Pergi Mengajar

Perjuangan seorang guru madrasah, Popon, warga Kampung Cimanggis RT 07/02 Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, sangat menarik perhatian
Kondisi rumah Popon, seorang guru honorer Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) di Waluran Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi16 April 2024, 19:35 WIB

Hari Pertama Masuk Kerja usai Lebaran, Distan Sukabumi Gelar Halal Bihalal

Distan Kabupaten Sukabumi menggelar acara Halal bihalal perayaan Idul Fitri 1445 H dalam momentum hari pertama masuk kerja setelah libur panjang lebaran.
Distan Kabupaten Sukabumi gelar halal bihalal di momen hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran 2024. (Sumber : IG Distan Kabupaten Sukabumi)
Sehat16 April 2024, 19:00 WIB

Mengenal Manfaat Air Rebusan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun alpukat mungkin memiliki efek dalam menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun alpukat  mungkin memiliki efek  dalam menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@Alice_Alphabet).