bankbjb

Awas! Merokok Sembarangan Bakal Didenda Rp 250 Ribu

Noity
Penulis
Jumat 3 Jun 2022, 16:10 WIB
Awas! Merokok Sembarangan Bakal Didenda Rp 250 Ribu

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah aturan yang diterapkan berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 110 Tahun 2021 terkait Kawasan Tanpa Rokok (KTR) per 1 Juni 2022, Merokok sembarangan di Kota Surabaya akan dikenakan denda sebesar Rp 250 Ribu.

"Kita kan sudah menyediakan tempat-tempat rokok. Pakai Perwali yang lama sebelumnya. Tapi ada beberapa masukan, nanti kita perbarui terus," kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, dikutip suara.com dari Timesindonesia.co.id, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga :

Dijelaskannya, denda atau sanksi bagi yang melanggar, meliputi teguran lisan, denda administrasi Rp 250 ribu, dan kerja sosial.

Dia mengungkapkan, perwali tidak melarang seseorang untuk merokok. Tapi, mengatur orang yang merokok untuk lebih tertib. Merokok harus di tempat tertentu. Tidak di sembarang tempat.

’’Agar tidak mengganggu kesehatan orang yang tidak merokok,’’ ujarnya.

Dalam perwali diatur tempat khusus merokok. Mulai tempat kerja, tempat umum, hingga tempat lainnya. Di lokasi tersebut bisa disediakan tempat khusus merokok.

Lokasinya bisa ruang terbuka atau tertutup. Ruang terbuka, contohnya, berupa ruangan yang berhubungan langsung dengan udara luar. Dengan begitu, ada sirkulasi udara.

Adapun ruang tertutup harus memenuhi syarat. Diantaranya, terpisah dari ruang utama dan ruangan lain yang digunakan untuk beraktivitas. Pengelola juga menyediakan tempat untuk pembuangan sisa rokok. Selain itu, harus ada penyaring udara untuk pembuangan asap rokok.

photoRokok Lintingan- (iStock)


Noity
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini