TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Jangan Diabaikan! Ini Tips Merawat Kaliper Rem Motor Agar Berkendara Tetap Aman

Masih banyak pemilik sepeda motor yang masih abai dengan kondisi kaliper rem, padahal komponen ini memiliki peran penting dalam menunjang keselamatan berkendara

Penulis
Senin 31 Okt 2022, 21:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sepeda motor memiliki banyak komponen penting, salah satunya kaliper rem. Komponen ini memiliki peran penting dalam menunjang keselamatan saat berkendara.

Namun, sayangnya masih banyak pemilik sepeda motor yang masih abai dengan kondisi kaliper rem, padahal komponen ini perlu dirawat secara rutin agar tetap bisa bekerja dengan baik.

Dilansir dari Suara.com, kaliper rem sebagai perangkat mekanis untuk menggerakkan sistem rem cakram. Kondisi pakem atau mampu bekerja secara mantap menjadi tuntutan dari keseluruhan rem. Tujuannya tidak lain adalah menjadi peranti safety atau keselamatan pengguna sepeda motor.

Itu sebabnya pengendara perlu melakukan perawatan kaliper rem agar komponen ini mampu mendukung sistem pengereman motor.

Sebagaimana dipaparkan Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) dalam rilis resmi sebagaimana diterima Suara.com, perawatan yang dilakukan atas kaliper rem sangatlah perlu. Mulai jaga komponen rem hingga melumasi bagian-bagiannya.

Berikut adalah tips menjaga kaliper rem seperti dibagikan PT Yamaha Thamrin Brothers:

1. Cek saluran minyak rem

Pastikan tidak ada minyak rem yang bocor atau yang merembes di jalur minyak rem. Jika terdapat kebocoran, rem tidak berfungsi dengan maksimal. Serta membahayakan pengendara maupun orang lain.

2. Perhatikan Kampas rem

Selalu rutin cek kondisi ketebalan kampas rem, jangan sampai melebihi batas aman dengan cara melihat cukup dekat ke bagian kaliper rem.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x