TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

3 Alasan Jangan Menggunakan Sandal Jepit Saat Naik Motor

Dede Imran
Penulis
Selasa 14 Jun 2022, 23:00 WIB
3 Alasan Jangan Menggunakan Sandal Jepit Saat Naik Motor

SUKABUMIUPDATE.com - Masih banyak pengguna sepeda motor yang menggunakan sandal jepit saat mengendarai motor. Hal tersebut tidak disarankan karena dapat membahayakan pengendara itu sendiri.

Melansir dari Suara.com, Kepala Korps Lalu Lintas atau Kakorlantas Irjen Pol Firman Santyabudi juga mengimbau kepada bikers lebih taat aturan lalu lintas khususnya alat pelindung diri.

"Tidak ada perlindungan pakai sandal jepit itu, karena kalau sudah pakai motor, kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin, ada kecepatan. Makin cepat makin tidak terlindungi kita itulah fatalitas," kata Firman usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh 2022 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Baca Juga :

Firman meminta kepada bikers untuk lebih mempertimbangkan faktor keselamatan.

"Kalau dibilang sepatu mahal, baju pelindung mahal, ya lebih mahal mana dengan nyawa kita? Tolong itu juga dijadikan pertimbangan," ujarnya.

Penggunaan sandal jepit saat berkendara motor memang disorot usai pernyataan dari Kakorlantas Irjen Pol Firman Santyabudi. Bikers pun wajib tahu bahaya dari penggunaan sandal saat berkendara.

Menurut Muhammad Ali Iqbal selaku Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta terdapat 3 alasan kenapa penggunaan sandal jepit tidak disarankan untuk dipakai saat berkendara motor. Berikut alasannya.

photo(Ilustrasi) mengendarai motor jenis matic - (Pixabay Trinity_Elektroroller)</span

1. Kaki tidak terlindungi

Penggunaan sandal jepit saat berkendara motor bisa menimbulkan luka yang lebih parah seandainya terjadi kecelakaan. Hal ini lantaran bagian kaki tidak akan terlindungi dengan sempurna sehingga luka yang lebih parah bisa menimpa bikers.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini