Hadapi Ban Bocor di Tengah Perjalanan, Siapkan 5 Alat Penting Ini Dalam Mobil

Rabu 06 April 2022, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap pengemudi mobil pasti pernah mengalami ban bocor ditengah perjalanan, dan hal tersebut menjadi masalah serius saat tidak membawa ban cadangan serta jauh dari bengkel.

Untuk itulah, setiap pengendara harus mampu memperbaiki ban bocor tersebut secara mandiri. Tentunya menggunakan alat bantu yang sebelumnya sudah dipersiapkan dari rumah. 

Melansir dari Tempo.co, umumnya, salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi ban bocor adalah menggantinya dengan ban serep.

Namun menurut laman Auto Guide, sebagian besar mobil modern kini tidak dilengkapi dengan ban serep. Hal itu bertujuan untuk mengurangi berat mobil.

Baca Juga :

Alih-alih pengendara harus mencari tambal ban ataupun memanggil teman untuk membawakan ban, satu-satunya langkah logis berikutnya yaitu mencoba memperbaikinya sendiri. Tidaklah mungkin jika menggunakan tangan kosong dalam memperbaiki ban bocor, sehingga pastikan sudah menyiapkan alat-alat penting berikut, sebagaimana dilansir dari Dependable Car Care: 

1. Ban Serep (Cadangan) 

Jika spesifikasi mobil dimungkinkan membawa ban serep atau cadangkan, tidak ada salahnya untuk menyiapkannya jauh-jauh hari. Ban serep dengan kondisi baik, dapat digunakan sebagai pengganti sementara terhadap ban yang tiba-tiba bocor di jalan. Pastikan secara teratur mengecek angin ban serep, agar dalam situasi darurat dapat difungsikan dengan baik. 

2. Dongkrak Mobil

Dongkrak sangat diperlukan apabila hendak mengganti ban yang bocor ke ban serep. Alat ini berfungsi untuk menaikkan mobil dari tanah sehingga ada akses di bawahnya. Perlu ditempatkan sesuatu di bawah dongkrak agar rangka mobil terlindungi. Dengan begitu, proses pergantian ban akan lebih mudah.

photo(Ilustrasi) Mengganti ban mobil - (Pexels.com Andrea Piacquadio)</span

3. Kunci Roda

Kunci pas adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan mur baut dari ban kendaraan. Biasanya, ukuran tiap muka baut bervariasi tergantung standar pelek dan jenis mobil yang dirakit oleh produsen. Untuk itu, perlu menyiapkan kunci pas ini sebelumnya tentunya menyesuaikan mur baut pada mobil

4. Kompresor Udara Portable

Ban yang bocor tidak selalu harus ditambal karena goresan benda tajam. Misalnya, ban hanya mengalami kebocoran halus ataupun sekadar tekanan anginnya yang berkurang. Mengatasi hal tersebut, dibutuhkan kompresor udara. Di pasaran, sudah tersedia banyak jenis kompresor udara portabel sehingga bisa disimpan di dalam mobil

5. Sealant Untuk Ban 

Sealant ban adalah senyawa cair atau karet yang disemprotkan pada area ban di mana ada kerusakan. Sealant tidak dapat memperbaiki tapak yang rusak, tetapi dapat digunakan untuk menutup tusukan ban. Alat ini menjadi solusi alternatif terbaik apabila terjadi kebocoran ban di jalan. 

6. Kit atau Perlengkapan Perbaikan Ban 

Kit adalah seperangkat alat yang memungkinkan pengendara dapat memperbaiki ban bocor karena tusukan secara cepat dan efektif. Kit ini biasanya dapat ditemukan di toko suku cadang mobil.

Dengan harga yang murah dan terdapat alat-alat, seperti lem penyumbat ban, tutup katup, tang, obeng, kompresor udara mini, dan lainnya, kit ini murah dan simpel buat jaga-jaga ban sepeda motor dari kasus kebocoran.  

Sumber: DEPENDABLE CAR CARE | TEMPO.CO/M. IHSAN NURHIDAYAH

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Bola29 April 2024, 14:00 WIB

Optimis! Shin Tae-yong Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024.
Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life29 April 2024, 13:41 WIB

Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Apakah balita Anda memukul anak lain saat pertama kali merasa frustasi? Jika ya, berikut cara menangani perilaku ini.
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik
Life29 April 2024, 13:30 WIB

Jangan Dibentak! Ini 5 Cara Agar Anak Selalu Mau Dinasihati Orang Tua

Orang tua harus memiliki pendekatan yang bagus dan baik selama mengasuh anak agar mereka mau dinasihati dan tidak memberontak.
Ilustrasi. Cara agar anak mau dinasihati orang tua. Sumber foto : Pexels/Elina Fairytale
Life29 April 2024, 13:11 WIB

Tetap Bersikap Konsisten, 5 Tips Penerapan Sistem Penghargaan untuk Anak Usia Sekolah

Dengan menerapkan sistem penghargaan untuk anak usia sekolah, disinyalir sangat berguna untuk memotivasi mereka.
Ilustrasi penghargaan untuk anak. | Foto: Freepik/@stocking
Sehat29 April 2024, 13:00 WIB

Hidup Bersama Diabetes Tak Perlu Panik, 12 Langkah Sehat untuk Mengelola Gula Darah

Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna.
Ilustrasi - Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna. (Sumber : Freepik.com).
Life29 April 2024, 12:45 WIB

6 Cara Menjadi Orang Pemaaf Agar Hidup Jauh dari Permusuhan, Ini Langkahnya!

Menjadi pribadi pemaaf sebenarnya bisa diupayakan dalam hidup. Tentunya dengan beberapa langkah yang mesti dilakukan secara konsisten.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang pemaaf. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Life29 April 2024, 12:30 WIB

7 Penyesalan Orang Tua kepada Anak Akibat Kesalahan Mengasuh di Masa Lalu

Para orang tua biasanya akan mengalami rasa penyesalan manakala berurusan dengan kesalahan pada pola asuhnya di masa lalu kepada anak-anaknya.
Ilustrasi. Pola asuh. Contoh Penyesalan orang tua kepada anaknya. Sumber foto : Pexels/Anastasiya Gepp
Bola29 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024, Selangkah Menuju Final!

Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024.
Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024. (Korsel) | Foro : Ist
Sehat29 April 2024, 12:00 WIB

Bebas Asam Urat: 10 Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Degeneratif Tanpa Obat

Asam urat termasuk salah satu penyakit degeneratif, yakni penyakit yang biasanya dialami oleh lansia. Meskipun saat ini, penyakit asam urat juga kerap dimiliki oleh generasi millenial dan Z.
Ilustrasi. Tenaga Profesional Kesehatan | Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat dengan Rutin Konsultasi Dokter (Sumber : pixabay.com/@Max)
Inspirasi29 April 2024, 11:57 WIB

Program Light Up The Dream, PLN UP3 Sukabumi Laksanakan Penyalaan Listrik Gratis

Light Up The Dream merupakan program penyambungan listrik gratis dari donasi pegawai PLN.
PT PLN (Persero) UP3 melalui ULP Sukaraja melaksanakan penyambungan listrik gratis melalui program LUTD kepada masyarakat. | Foto: PLN