Truk Besar Dilarang Melintas di Sukabumi saat Mudik Balik Lebaran 2023, Ini Aturannya!

Selasa 18 April 2023, 21:06 WIB
Ilustrasi truk besar dilarang melintas di Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

Ilustrasi truk besar dilarang melintas di Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Demi kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2023, kendaraan besar dan angkutan barang dilarang atau dibatasi melintas di jalan tol dan non tol di wilayah Bogor-Sukabumi, Jawa Barat, Senin tanggal 17 April 2023 kemarin.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi Dedi Chardiman mengatakan, pembatasan operasional Truk besar tersebut tertuang dalam Keputusan Bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan Korlantas Polri dan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No: KP-DRJD 2616/2023, SKB/48/IV/2023, 05/PKS/Db/2023 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah.

Dedi menuturkan, untuk kriteria kendaraan besar yang dibatasi meliputi mobil barang dengan jumlah berat lebih dari 14 ribu kilogram, mobil barang dengan sumbu 3 (tiga) atau lebih, mobil barang dengan kereta gandengan dan mobil barang yang digunakan untuk pengangkutan seperti hasil galian tanah, pasir, dan/atau batu, hasil tambang dan bahan bangunan.

Baca Juga: Daftar Ruas Jalan di Jabar yang Dilarang Dilintasi Angkutan Barang Saat Mudik Lebaran

Larangan melintas ini dilakukan sebanyak 3 kali, yaitu 1 kali saat arus mudik dan 2 kali saat arus balik. Meski demikian, akan ada pengecualian bagi kendaraan pengangkut bahan pokok dan BBM.

"Seperti kendaraan bahan bakar minyak atau bahan bakar gas, hantaran uang, hewan ternak, pupuk, sepeda motor mudik dan balik gratis dan barang pokok (sembako)," kata Dedi kepada sukabumiupdate.com, Selasa (18/4/2023).

Dedi merinci, waktu pembatasan operasional truk besar ini yaitu di mulai saat arus mudik pada hari Senin, 17 April 2023 pukul 16.00 sampai dengan hari Jumat, 21 April 2023 pukul 24.00 waktu setempat.

Kemudian arus balik periode 1 yakni hari Senin, 24 April 2023 pukul 00.00 sampai dengan hari Rabu, 26 April 2023 pukul 08.00 waktu setempat, dan arus balik periode 2 hari Sabtu, 29 April 2023 pukul 00.00 sampai dengan hari Selasa, 2 Mei 2023 pukul 08.00 waktu setempat.

"Hal tersebut berdasarkan prediksi kami, kita di kementrian perhubungan, bahwa itu akan terjadi dimulainya angkutan lebaran dan padatnya waktu mudik. Jadi diberikan kesempatan kepada pemudik, supaya tidak terjadi pelambatan akibat dari angkutan barang," kata Dedi.

Di tingkat Kabupaten, lanjut Dedi, aturan pembatasan operasional truk besar ini sudah jauh-jauh hari disosialisasikan dalam bentuk surat dinas.

"Sekira seminggu yang lalu. Kemudian surat itu, sebagian sudah diterima oleh penyelenggara angkutan bukan barang, baik operator maupun badan hukum," ungkapnya.

Dedi mengakui, pada hari pertama penerapan aturan ini, di lapangan masih ada sejumlah pelanggaran, sehingga pihaknya menghimbau tegas kepada pengendara kendaraan yang dilarang melintas ini untuk tidak melanjutkan perjalanan.

"Memang sejak malam hari, masih kita temukan beberapa pelanggaran. Sehingga solusinya kemarin sudah disepakati dengan Kapolres beserta jajaran kepolisian, baik dari Sukabumi Kota maupun Palabuhanratu, tindakannya diberhentikan. Kemudian berikutnya mereka disuruh balik lagi atau putar balik untuk kembali ke tempat asal, itu yang secara bertindak kami lakukan," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Di Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap di Malam Hari

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)