TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Gunakan Rem Tangan Saat Lampu Merah Kurang Tepat? Ini Alasannya

Penulis
Minggu 9 Okt 2022, 17:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Menggunakan rem tangan saat berhenti di lampu merah banyak dilakukan pengemudi karena dirasa lebih praktis sebab kaki tidak harus terus menginjak pedal rem.

Melansir dari Suara.com, banyak pengguna kendaraan yang memanfaatkan momen berhenti di lampu merah untuk bersantai.Termasuk pengemudi mobil, seperti melakukan peregangan otot, atau mengecek notifikasi di ponsel.

Agar lebih rileks, beberapa pengemudi kadang mencoba membuat santai bagian kaki dari pedal rem dengan memasang rem tangan atau hand brake.

Menurut Sony Susmana, Trainer dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), penggunaan hand brake saat berhenti di lampu merah merupakan keputusan yang kurang tepat. Pasalnya, keputusan ini justru malah akan membuat pengemudi jadi kurang waspada dengan kondisi sekitar.

Misalnya, saat menarik tuas hand brake, pengguna jadi merasa lebih aman dan santai hingga bisa melakukan banyak hal, termasuk bersantai, bahkan membaca pesan smartphone.  Jelas aktivitas ini sangat berbahaya karena fokus terganggu.

Menurut Sony, lampu merah bukanlah tempat yang baik untuk bersantai dan melakukan aktivitas lain dengan potensi menurunkan konsentrasi. Bagaimanapun, selama berhenti di lampu merah wajib tetap waspada. Kalaupun ingin sedikit bersantai, sebaiknya langsung menepi saja.

"Selain masalah fokus, saat tuas hand brake aktif, mobil memang tidak bergerak. Tapi tetap berbahaya karena lampu rem dalam kondisi menyala. Jika seperti ini, pengguna jalan lainnya bisa salah sangka dan berisiko menyebabkan kecelakaan," ujar Sony dikutip dari laman Suzuki Indonesia.

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan saat berhenti di lampu merah?

photo(Ilustrasi) Tuas rem tangan - (freepik.com)</span


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x