Tips Hemat BBM Mobil di Tengah Mahalnya Harga Bahan Bakar

Senin 05 September 2022, 21:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tips hemat BBM mobil saat berkendara penting diketahui setiap pengemudi apalagi di tengah mahalnya harga bahan bakar minyak.

Mengutip dari Tempo.co, harga BBM bersubsidi sudah resmi naik siang ini, Sabtu, 3 September 2022. Harga Pertalite menjadi Rp 10.000, sedangkan Solar Rp 6.800. Kenaikan harga BBM membuat para pengendara mobil mengatur agar tak boros sebab berdampak langsung pada keuangan.

Berikut tips berkendara hemat BBM mobil dari Auto2000.

Baca Juga :

1. Memanaskan Mesin Sebelum Digunakan

Memanaskan mesin mobil sangat penting untuk membuat putaran mesin menjadi stabil sampai 3.000 RPM. Putaran mesin yang tidak stabil mengakibatkan konsumsi BBM cukup besar.

2. Menambah Kecepatan Secara Bertahap

Menginjak pedal gas yang mendalam secara tiba-tiba akan membuat konsumsi BBM mobil lebih banyak. Tambah laju kendaraan dengan menginjak pedal gas mobil perlahan hingga mencapai kecepatan yang diinginkan.

3. Atur Kecepatan 

Kecepatan mobil mesti stabil dan konsisten. Mengemudi dalam kecepatan tinggi lalu mendadak menginjak pedal rem mobil akan membuat konsumsi BBM lebih banyak dari biasanya.

photo(Ilustrasi) Mengemudikan mobil - (iStock)</span

4. Atur Penggunaan AC Mobil

Mengatur suhu AC mobil ke tingkat maksimal dan menyalakan semua AC di kabin memang membuat di kabin menjadi dingin. Namun, konsumsi BBM juga menjadi lebih banyak.

5. Matikan Mesin Mobil Saat Berhenti

Jika ingin berhenti dalam waktu yang cukup lama sebaiknya matikan mesin mobil agar hemat BBM. Mesin yang menyala tentu akan mengonsumsi BBM meski mobil tidak melaju. Matikan mesin jika mobil tidak berjalan selama 20-30 menit.

Baca Juga :

6. Kurangi Penggunaan Kendaraan untuk Jarak Dekat

Menggunakan mobil atau motor untuk jarak dekat dapat membuat konsumsi bensin tidak efisien. Catalytic converter baru beroperasi sempurna saat perjalanan lebih dari 5 kilometer.

7. Menggunakan Gigi Transmisi yang Tepat

Gigi persneling di mobil harus digunakan sesuai laju kecepatan supaya mesin mobil bekerja sesuai fungsinya. Penggunaan gigi yang tepat juga akan membuat konsumsi BBM menjadi efisien. Contohnya, penggunaan gigi tinggi di jalan menanjak akan mengakibatkan konsumsi BBM boros.

8. Rutin Bersihkan Filter Udara

Filter udara berfungsi menyaring udara dari debu dan kotoran supaya proses pembakaran berjalan lancar. Jika filter udara terlalu kotor maka mesin mobil akan bekerja lebih keras untuk menarik udara bersih dari luar untuk pembakaran. Hal tersebut akan menyebabkan konsumsi BBM tidak efisien.

Baca Juga :

SUMBER: TEMPO.CO

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Life20 Juni 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Kenapa Pria Lebih Mudah Jatuh Cinta Ketimbang Wanita

Pria cenderung kaum yang dianggap gampang jatuh cinta daripada wanita yang masih terbiasa memfilter perasaannya. Hal ini didasari oleh beberapa faktor yang memicu pria mudah jatuh cinta
Ilustrasi Beberapa faktor yang menyebabkan pria lebih mudah jatuh cinta ketimbang wanita (Sumber : Pexels.com/@Jeswin Thomas)
Nasional20 Juni 2024, 20:27 WIB

Buka BSI International Expo 2024, Wapres: BSI Dorong Arus Baru Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin membuka secara resmi BSI International Expo 2024 yang diselenggarakan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), di Jakarta Convention Center pada tanggal 20-23 Juni 2024.
Dirut BSI Hery Gunardi (kanan) bersama Wapres RI KH Ma'ruf Amin (kiri), Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (tengah) saat seremoni pembukaan BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta, Kamis (20/06) | Foto : Istimewa
Life20 Juni 2024, 20:15 WIB

7 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Penyakit Jantung, Hindari Jika Ingin Selamat!

Bagian tubuh yang menjadi sumber kehidupan adalah jantung. Maka dari itu, perlu menjaga kesehatan agar jantung juga menjadi sehat serta terbebas dari penyakit.
Ilustrasi Salah satu kebiasaan buruk yang sebabkan penyakit jantung yaitu makan berlebihan (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio)
Sukabumi20 Juni 2024, 20:08 WIB

Fraksi PAN Apresiasi Bupati Raih WTP 10 Kali, Ini Catatan Soal LPJ APBD Sukabumi 2023

Fraksi Partai Amanat Nasional (Fraksi PAN) DPRD Kabupaten Sukabumi salah satu dari delapan fraksi yang menyampaikan pandangan umum terhadap Raperda LPJ APBD 2023
Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda APBD tahun 2023 | Foto : Ist
Sehat20 Juni 2024, 20:00 WIB

8 Makanan yang Berkhasiat Meredakan Sakit Asam Urat, Langsung Pergi Gak Datang Lagi!

Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi.
Ilustrasi -  Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@cnick)
Mobil20 Juni 2024, 19:45 WIB

Driver Wajib Tahu, Ternyata ini 5 Penyebab Radiator Cepat Habis

Ketika air radiator cepat berkurang, mesin bisa cepat panas, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan serius dan biaya perbaikan yang mahal
Ilustrasi Penyebab Radiator Cepat Habis (Sumber : pixabay.com/@carotomo12)
Sehat20 Juni 2024, 19:30 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Kelor untuk Mengobati Sakit Asam Lambung

Rebusan daun kelor menjadi salah satu opsi untuk mengobati asam lambung.
Ilustrasi - Rebusan daun kelor menjadi salah satu opsi untuk mengobati asam lambung. (Sumber : Pixabay.com/@Ninetechno).
DPRD Kab. Sukabumi20 Juni 2024, 19:21 WIB

8 Fraksi Sampaikan Pandangan Umum LPJ APBD 2023 di Paripurna DPRD Sukabumi

Sebanyak delapan fraksi di DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan pandangan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBD tahun 2023
8 Fraksi DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda APBD tahun 2023 | Foto : Ist
Life20 Juni 2024, 19:15 WIB

5 Penyebab Kenapa Cinta Cepat Pudar Setelah Menikah, Kamu Termasuk?

Sejumlah penyebab menjadi faktor kenapa orang yang sudah menikah cenderung cepat pudar cintanya dibandingkan pada saat awal mula kasmaran
Ilustrasi Sejumlah penyebab kenapa cinta cepat pudar setelah menikah puluhan tahun (Sumber : Pexels.com/@Timur Weber)
Sehat20 Juni 2024, 19:00 WIB

No Minuman Manis! 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Tinggi Setelah Makan Malam

Ada beberapa strategi yang dapat membantu untuk mencegah lonjakan gula darah setelah makan malam.
Ilustrasi. No Minuman Manis! 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Tinggi Setelah Makan Malam (Sumber : Pixabay/Stanias)