Baca Doa Ini Agar Kita Dijauhkan Dari Rasa Cemburu yang Berlebihan

Sabtu 06 Januari 2024, 18:00 WIB
Ilustrasi - Saat cemburu berlebihan menghampiri, bacalah doa ini agar hati dan pikiran tenang. (Sumber : Freepik)

Ilustrasi - Saat cemburu berlebihan menghampiri, bacalah doa ini agar hati dan pikiran tenang. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Cemburu adalah sifat alami manusia. Ini adalah emosi yang kompleks yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti ketakutan kehilangan, rasa tidak aman, atau keinginan untuk memiliki sesuatu yang dimiliki orang lain. Cemburu dapat muncul dalam berbagai konteks, seperti hubungan romantis, pertemanan, atau persaingan profesional.

Cemburu dapat menjadi emosi yang kuat dan merusak. Jika tidak dikelola dengan baik, dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti kemarahan, kebencian, atau bahkan kekerasan.

Untuk itu, sangat dianjurkan membaca doa agar dijauhkan rasa cemburu. Apalagi banyak kasus kejahatan yang berawal dari rasa cemburu.

Baca Juga: Doa Selamat dalam Perjalanan, Baca Saat Hendak Bepergian Naik Kendaraan

Siti Aisyah pun pernah mengekspresikan rasa cemburu terhadap istri Rasulullah SAW lainnya hingga ditegur langsung oleh Nabi Muhammad SAW.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At-TirmidziAt-Tirmidzi yang artinya:

"Diriwayatkan kepada kami dalam Sunan Abbu Dawud dan At-Tirmidzi dari Aisyah RA, ia berkata, ‘Aku pernah mengatakan kepada Rasulullah SAW, ‘Cukup bagimu perihal kekurangan Shafiyyah yang ini dan itu,’sebagian perawi mengatakan bahwa yang dimaksud Aisyah adalah soal tinggi badan Shafiyah yang rendah.Rasul menegurku, ‘Kau telah melontarkan sebuah kalimat luar biasa, yang bila dilemparkan ke laut, niscaya ia akan bercampur (mengubah rasa air) laut tersebut.’ Aku juga pernah menceritakan (keburukan) seseorang kepadanya. Lalu Rasul menanggapi, ‘Aku tidak suka bercerita perihal seseorang dan aku mendapatkan (keuntungan) ini dan itu.’’ At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 289).

Baca Juga: Sedang Mengalami Resah dan Gelisah? Yuk Baca Doa Ini Agar Hati dan Pikiran Tenang

Apa Itu Cemburu?

Cemburu adalah emosi kompleks yang menimbulkan rasa curiga, marah, takut, atau terhina. Rasa cemburu tidak mengenal usia dan kerap kali muncul saat seseorang merasa terancam.

Rasa cemburu umumnya identik dengan hubungan percintaan pasangan, namun perasaan ini juga dapat dialami antar saudara kandung maupun sesama rekan kerja.

Emosi negatif ini cukup berbahaya karena dapat mempengaruhi hubungan, bahkan merusak kesehatan mental. Karenanya, umat islam dianjurkan untuk membaca doa agar dijauhkan dari rasa cemburu yang dapat merusak.

Baca Juga: Panjatkan Doa Ini Setiap Hari Agar Keinginan Segera Terkabul

Bagaimana Menghadapi Rasa Cemburu?

Jika merasakan kecemburuan yang berlebih, ada baiknya lebih terbuka dan memberitahukan yang mengganggu. Komunikasi memang menjadi hal penting dalam menjalin hubungan agar tak retak, terutama saat muncul rasa cemburu.

Pasalnya jika dibiarkan saja, rasa cemburu dapat menggerogoti hati dan menimbulkan konflik di kemudian hari. Sementara untuk umat islam, Rasulullah SAW selalu mengajarkan kita untuk berdoa, apalagi saat mengalami masalah, termssuk karena rasa cemburu.

Doa Agar Dijauhkan dari Cemburu

Dalam suatu hubungan, rasa cemburu memang dapat menjadi bumbu dan hal yang lumrah. Namun, jika perasaan negatif tersebut semakin berkembang hingga berlebihan, maka kita harus segera mengendalikannya.

Baca Juga: Baca Doa Ini Jika di Tahun 2024 Ingin Segera Dapat Pekerjaan dan Jodoh

Untuk umat muslim, bisa baca doa agar dijauhkan dari rasa cemburu. Begitu rasa cemburu melanda, segeralah mengucapkan istighfar, kemudian baca doa berikut:

Bismillah, Allahumma daawini bidawaaika,wasyfini bisyifaaika, wa aghnini bifadhlika 'amman siwaaka, wahdzar 'anni aadzaka.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah obatilah aku dengan pengobatan-Mupengobatan-Mu, dan sembuhkanlah aku dengan kesembuhan-Mu, cukupilah aku dengan karunia-Mu, jangan sampai aku meminta kepada selain-Mu, dan jauhkanlah aku dari penyakit-Mu.

Baca Juga: Doa Mohon Pekerjaan dan Dibukakan Pintu Rezeki di Tahun 2024

Itulah pengertian cemburu sekaligus bacaan doa agar dijauhkan dari rasa cemburu. Semoga kita senantiasa dihindarkan dari sifat buruk seperti cemburu.

Sumber: Suara.com (Nur Khasanah)

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat17 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Minuman Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat, Enak dan Segar!

Inilah Sederet Minuman Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat, Enak dan Segar!
Ilustrasi. Minuman Segar dan Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat (Sumber : Pexels/EnginAkyurt)
Sukabumi17 Mei 2024, 10:51 WIB

Sudah Dihapus, Ini Postingan Soal Studi Tour yang Bikin PGRI Sukabumi Lapor polisi

Seluruh postingan akun facebook Atep Romli sudah menghilang sebelum pelaporan PGRI Kabupaten Sukabumi ke pihak kepolisian.
Ilustrasi dihapus. (Sumber: freepik)
Life17 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Adab Kesopanan yang Wajib Diajarkan Orang Tua Kepada Anak Sejak Kecil

Adab kesopanan juga harus diajarkan kepada anak sejak kecil oleh orang tua. Ini sangat penting mengingat semuanya bergantung didikan dari masa mereka kanak-kanak dan menjadi pribadi baik saat dewasa.
Ilustrasi ketika orang mengajarkan adab kesopanan kepada anak (Sumber : Pexels.com/@Kampusproduction)
Life17 Mei 2024, 10:15 WIB

6 Kesalahan Orang Tua yang Jadi Penyebab Anak Kecanduan Main HP Sejak Kecil

Penyebab anak kecanduan main HP sejak kecil pada umumnya dipengaruhi oleh pola asuh orang tua sendiri di rumah. Maka dari itu, ini kesalahan orang tua saat masa mendidiknya yang harus segera diperbaiki
Ilustrasi kesalahan orang tua yang menjadi penyebab anak kecanduan main HP (Sumber : Pexels.com/@YanKrukau)
Life17 Mei 2024, 10:00 WIB

15 Karakter Dasar yang Harus Dimiliki Seorang Anak, Bunda Yuk Ajarkan

Ciri-ciri karakter akan membantu anak menjadi sukses dalam setiap aspek kehidupannya.
Ilustrasi Ciri-ciri karakter akan membantu anak menjadi sukses dalam setiap aspek kehidupannya. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez
Sukabumi17 Mei 2024, 09:57 WIB

Nyaris Sambar Bocah, Aksi Berani Pelajar Sukabumi Ringkus Ular Piton di Jalanan

Dengan sigap, Rangga Ramadani, pelajar SMK mengejar ular dengan panjang kurang lebih 3 meter tersebut.
Aksi berani pelajar SMK di Sukabumi, Galang Ramadani meringkus ular piton di jalan karamat Kota Sukabumi (Sumber: akun youtube SUTV Sukabumi)
Sehat17 Mei 2024, 09:32 WIB

Diet Asam Urat, Pilihan Makanan dan Apa Saja yang Harus Dihindari

Dengan mengikuti panduan untuk Diet Asam Urat ini, penderita asam urat dapat mengelola kondisinya dengan lebih baik dan mengurangi risiko serangan gout.
Diet Asam Urat, Pilihan Makanan dan Apa Saja yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat. Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi17 Mei 2024, 09:24 WIB

DPRD Sukabumi Soroti Perawatan Tugu Jangilus Ikon Palabuhanratu, Jangan Saling Mengandalkan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Demokrat, Badri Suhendi, menyerukan kepada seluruh pihak agar menjaga dan merawat Tugu Jangilus, yang menjadi ikon Ibukota Palabuhanratu.
Badri Suhendi, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi (Fraksi Demokrat) | Foto : Ilyas Supendi
Sehat17 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup dengan Asam Urat: Makanan yang Aman Dikonsumsi dan Harus Dihindari

Memiliki asam urat mesti menjaga pola makan dan asupan yang masuk kedalam tubuh.
Ilustrasi - Memiliki asam urat mesti menjaga pola makan dan asupan yang masuk kedalam tubuh. (Sumber : pexels.com/@Andrey Castillejos)
Sukabumi17 Mei 2024, 08:52 WIB

Sengkarut UHC di Sukabumi, Bupati Keluhkan Tunggakan Rp40 M dan Ungkit Data Fiktif

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami angkat bicara terkait polemik pencabutan status Universal Healt Coberage (UHC) Non-Cut Off oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sukabumi.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Ist