8 Ciri Anak Mengalami Gangguan Kepribadian: Tidak Merasa Bersalah!

Senin 18 September 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Gangguan Kepribadian: Tidak Merasa Bersalah! (Sumber : pixabay.com/@ HansKretzmann)

Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Gangguan Kepribadian: Tidak Merasa Bersalah! (Sumber : pixabay.com/@ HansKretzmann)

SUKABUMIUPDATE.com - Gangguan kepribadian adalah kondisi mental yang ditandai oleh pola perilaku, pola pikiran, dan pola perasaan yang tetap dan infleksibel, yang berbeda secara signifikan dari norma sosial dan budaya.

Gangguan kepribadian biasanya dimulai pada masa remaja atau awal dewasa, dan gejala-gejala tersebut dapat terus berlanjut sepanjang hidup seseorang.

Berikut beberapa ciri-ciri anak yang mungkin mengalami gangguan kepribadian, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Ciri Anak Mengalami Gangguan Kepribadian

1. Sulit Membangun Hubungan Interpersonal

Anak dengan gangguan kepribadian seringkali memiliki kesulitan dalam membangun dan menjaga hubungan yang sehat dan stabil dengan orang lain. Mereka mungkin cenderung menjadi manipulatif, konflik, atau menghindari interaksi sosial.

Baca Juga: 11 Alasan Kenapa Orang Bermental Kuat Tenang Menghadapi Tekanan Hidup

2. Emosi Tidak Stabil

Perubahan emosi yang mendalam dan cepat adalah ciri khas beberapa jenis gangguan kepribadian, seperti gangguan kepribadian borderline. Anak-anak ini bisa mengalami perasaan intens seperti marah, sedih, atau kekosongan yang mendalam.

3. Identitas Tidak Stabil

Anak dengan gangguan kepribadian mungkin memiliki ketidakjelasan dalam hal identitas pribadi mereka. Mereka mungkin sering mengubah pandangan tentang diri mereka sendiri, tujuan hidup, atau nilai-nilai.

4. Impulsif

Anak-anak dengan gangguan kepribadian tertentu dapat cenderung bertindak tanpa berpikir panjang tentang konsekuensinya. Mereka mungkin memiliki kesulitan mengendalikan dorongan dan emosi mereka.

5. Tidak Merasa Bersalah

Beberapa jenis gangguan kepribadian dapat dicirikan oleh ketidakmampuan untuk merasa bersalah atau belajar dari kesalahan. Anak-anak ini mungkin cenderung mengulangi pola perilaku yang merusak tanpa perasaan penyesalan.

Baca Juga: 14 Ciri Wanita Memiliki Kepribadian Baik, Karakter yang Bikin Orang Tertarik!

6. Gangguan dalam persepsi dan pemikiran

Beberapa gangguan kepribadian, seperti gangguan kepribadian paranoid atau skizoid, dapat memengaruhi cara anak mempersepsikan dan memproses informasi. Mereka mungkin cenderung mencurigai atau merasa terasing dari orang lain.

7. Pola konflik berulang

Anak-anak dengan gangguan kepribadian tertentu mungkin sering terlibat dalam konflik interpersonal yang berulang. Mereka bisa sulit untuk mempertahankan hubungan yang stabil dan harmonis.

8. Sulit mengatur emosi dan impuls

Anak-anak dengan gangguan kepribadian mungkin kesulitan mengendalikan emosi dan dorongan mereka, yang bisa berdampak pada keputusan dan tindakan mereka.

Baca Juga: 9 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Penurut Pada Orang Tua

Penting untuk diingat bahwa diagnosa gangguan kepribadian harus dilakukan oleh seorang profesional kesehatan mental yang berkualifikasi, seperti seorang psikiater atau psikolog.

Jika Updaters merasa khawatir tentang perkembangan anak atau ada tanda-tanda gangguan kepribadian, sangat penting untuk mencari bantuan dan dukungan dari profesional kesehatan mental untuk evaluasi dan pengelolaan yang tepat. Dengan intervensi yang sesuai, banyak orang dengan gangguan kepribadian dapat memperbaiki kualitas hidup mereka dan mengatasi tantangan yang mereka hadapi.

Sumber: Berbagai Sumber.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 Juni 2024, 16:30 WIB

Konsumsi Banyak Serat, Ini 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis

Mengingat kadar gula yang tinggi dapat menimbulkan gejala seperti haus, kelelahan, dan sering pergi ke toilet.
Ilustrasi. Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih20 Juni 2024, 16:21 WIB

Kabar Artis Asal Sukabumi di Bursa Pilkada 2024, Ada Omesh, Bobby, hingga Faank

Beberapa public figure atau artis kelahiran Sukabumi menjadi sorotan seiring dengan semakin dekatnya pembukaan pendaftaran Pilkada serentak tahun 2024 di Kota dan Kabupaten Sukabumi.
Artis asal Sukabumi maju Pilkada Sukabumi, Bobby Maulana, Ananda Omesh, dan Faank alias Farhan Zainal Muttaqin | Foto : Istimewa
Sehat20 Juni 2024, 16:15 WIB

3 Penyebab Penderita Diabetes Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Ini Alasannya

penderita diabetes sering mengalami meningkatnya frekuensi buang air kecil alias kencing di malam hari. Berikut sebab yang memicu hal demikian terjadi
Ilustrasi Beberapa penyebab kenapa penderita diabetes kerap buang air kecil pada saat malam hari (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio)
Sukabumi20 Juni 2024, 16:14 WIB

Perlu Uji Endotoksin, Hasil Audit KIPI Bayi di Sukabumi Meninggal Setelah Imunisasi

Kusmana menyatakan pihak keluarga ingin kepastian terkait penyebab kematian.
(Foto Ilustrasi) Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengikuti Zoom meeting dengan Komite Nasional KIPI pada Kamis (20/6/2024), membahas kasus bayi meninggal setelah imunisasi. | Foto: Pixabay
Nasional20 Juni 2024, 16:11 WIB

Dari Gunung Putri ke Villa di Sukaraja Sukabumi, Sindikat Uang Palsu Miliaran Rupiah

tersangka YS atau yang akrab disapa Ustad yang diketahui berasal dari Sukabumi berperan mencari lokasi baru yaitu sebuah bangunan villa di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Pada akhir tahun 2023, Polisi menemukan lembaran uang palsu yang tersimpan dalam peti kayu di salah satu vila di Cibunar, Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Science20 Juni 2024, 16:00 WIB

9 Fakta Menarik Titik Balik Matahari Juni, Lingkaran Arktik memiliki Siang Hari 24 Jam

Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek.
Ilustrasi - Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).
Sukabumi20 Juni 2024, 15:49 WIB

Pria Ini Ditangkap karena Nekat Tabrak Mobil Istrinya di Cibeureum Sukabumi

Polisi mengamankan tiga mobil dan beberapa senjata tajam.
Mobil yang terlibat kejadian di Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Selasa, 18 Juni 2024. | Foto: Instagram/@polres_sukabumikota
Sehat20 Juni 2024, 15:45 WIB

Inilah 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Asam Urat Saat Tidur Malam Hari

Saat tidur malam hari, kebanyakan penderita asam urat akan merasakan nyeri asam urat kambuh dan menyiksa sehingga mengganggu jam istirahat mereka.
Ilustrasi Ketahui penyebab dan cara mengatasi nyeri asam urat kambuh saat tidur malam hari (Sumber : Freepik.com/@krakenimages.com)
Food & Travel20 Juni 2024, 15:30 WIB

Awas! 6 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kadar Gula Darah Melonjak Tinggi

Kedelai tanpa pemanis cenderung paling kecil kemungkinannya untuk meningkatkan gula darah, karena kadar gula yang lebih rendah dan kadar protein yang lebih tin
Ilustrasi. Awas Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kadar Gula Darah Melonjak Tinggi! (Sumber : Pixabay/Stanias)
Sukabumi20 Juni 2024, 15:23 WIB

Korban Tawuran Pelajar? Remaja Kena Sabetan Celurit di Pabuaran Sukabumi

Korban yang saat ini dirawat di Puskesmas Pabuaran adalah satu orang.
Luka pada kepala remaja yang saat ini ditangani di Puskesmas Pabuaran, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa