Calon Pengantin Simak, Ini 10 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menikah

Sabtu 08 Juli 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi - Calon Pengantin Simak, Ini 10 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menikah | Foto: Instagram/@enzystoria

Ilustrasi - Calon Pengantin Simak, Ini 10 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menikah | Foto: Instagram/@enzystoria

SUKABUMIUPDATE.com - Selain permasalahan pesta, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh calon pengantin sebelum melangsungkan menikah. 

Hal tersebut akan berhubungan dengan kehidupan rumah tangga di masa depan, seperti permasalahan finansial, anak, bahkan mungkin tugas di rumah yang bisa dikerjakan secara bersama-sama.

Karena walaupun terkesan sangat sederhana, namun faktor-faktor tersebut dapat menentukan kehidupan rumah tangga pasangan di masa depan.

Baca Juga: Terjemahan Lagu Vampire dari Olivia Rodrigo, Baru Dirilis Langsung Viral

Lantas apa saja hal yang harus dibicarakan dengan sebelum menikah? Mari simak penjelasannya di bawah ini, terutama bagi calon pengantin.

Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menikah

6 Doa untuk Pengantin Baru, Perlu Diketahui oleh Pasangan yang Akan Menikah

1. Penggabungan Keuangan 

Menghimpun dari Suara.com, penting untuk merencanakan cara kamu dan pasangan menangani uang yang akan berdua hasilkan di masa yang akan datang. 

Setiap orang mungkin perlu memiliki simpanan terpisah selain satu akun bersama yang diisi oleh kamu dan pasangan setiap bulan. 

Berapa jumlah yang dibutuhkan setiap bulan, tergantung berapa besar gaji kamu dan pasangan. Selain itu, diskusikan juga kapan uang bersama dapat digunakan.

2. Wajib Mengetahui Hutang Pasangan

Mengonfirmasi jumlah utang yang dimiliki pasangan dapat membantu kamu berdua untuk merencanakan ke depan tentang cara menanganinya. Tak seorang pun akan senang disergap dengan utang pasangan baru mereka setelah menikah. 

Siapa pun akan merasa dikhianati jika mereka baru mengetahui jumlah sebenarnya yang harus dibayar oleh pasangan mereka setelah menikah. Jadi, lebih baik ketahui sejak awal sebelum pernikahan.

3. Perihal Dana Pensiun

Suatu hari, setiap orang harus pensiun dari pekerjaannya. Kamu dan pasangan perlu merencanakan untuk setidaknya memiliki uang yang cukup untuk dua orang, dan memasukkan kemungkinan biaya medis jika salah satu dari kalian jatuh sakit.

4. Anak

Tidak semua orang menikah ingin punya anak dan meskipun kedua pasangan menginginkan anak, ada hal-hal lain yang perlu didiskusikan, seperti gaya pengasuhan, apa yang akan kamu lakukan jika anak-anak tersebut memiliki disabilitas, atau bagaimana kamu akan bereaksi jika mereka tumbuh menjadi berbeda dari yang kamu harapkan.

5. Jika Pasangan Tak Bisa Memiliki Keturunan

Bagi sebagian orang, memiliki anak adalah suatu keharusan. Jadi, jika karena suatu alasan pasangan tidak dapat melahirkan anak, mereka perlu memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya. 

Mereka mungkin memilih untuk mengadopsi anak, menjalani program bayi tabung, atau bercerai dan menikah dengan orang lain.

6. Pembagian Tugas

Pekerjaan rumah mungkin tampak seperti hal yang sepele untuk dibicarakan, tetapi itu bisa menjadi pemicu untuk pertengkaran dalam rumah tangga. 

Ini karena seseorang mungkin merasa kewalahan melakukan semua tugas rumah tangga sendirian. 

Untuk memastikan bahwa ada kedamaian di rumah, akan lebih baik jika membicarakan tugas rumah tangga akan akan ditanggung.

7. Konsekuensi Perselingkuhan

Arti selingkuh menurut kamu dan pasangan mungkin berbeda. Ada orang yang berpikir bahwa berciuman itu selingkuh, ada juga yang berpikir bahwa bertemu dengan mantan kekasih juga dianggap sebagai perselingkuhan. 

Ada juga orang yang beranggapan bahwa jatuh cinta pada orang lain itu selingkuh. Oleh karena itu, pastikan definisi selingkuh menurut kamu dan pasangan, serta tentukan batasannya.

8. Rencana Masa Depan

“Di mana kamu melihat diri kamu 5 sampai 30 tahun ke depan?” Ini mungkin terdengar seperti pertanyaan wawancara, tetapi aspirasi seseorang mungkin tidak sesuai dengan gagasan pasangannya tentang apa artinya menikah dengan bahagia. 

Misalnya, yang satu mungkin bersedia berjuang sebagai seniman sebelum menjadi terkenal, dan yang lain mungkin hanya menginginkan kehidupan yang stabil dengan penghasilan tetap.

Mengajukan pertanyaan ini dapat membantu kamu dan pasangan untuk membayangkan seperti apa kehidupan bersama kalian nantinya.

9. Orang Tua

Orangtua akan menjadi tua dan bahkan mungkin sakit-sakitan, yang berarti mereka mungkin perlu dirawat. 

Keputusan seperti apakah kamu ingin tinggal bersama mereka atau tidak, siapa yang akan merawat mereka, atau seberapa banyak kamu ingin mengalokasikan dana untuk mereka, semua harus didiskusikan sebelum menikah.

10. Tempat Tinggal

Meskipun ini mungkin tampak jelas, orang mungkin lalai membicarakan hal ini sebelum mereka menikah. 

Apakah mereka harus menetap di pedesaan atau di kota, dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan yang akan mereka bagi. 

Mungkin juga menimbulkan ketidakpuasan jika salah satu pasangan ingin tinggal di apartemen dan yang lain bermimpi tinggal di rumah dengan teras di depan. 

Perdebatan bisa pecah jika salah satu berharap tinggal di dekat teman atau keluarga mereka, sementara yang lain berpikir rumah hanya tempat tinggal sementara.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)