5 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Kurban, Simple dan Mudah Dilakukan

Minggu 25 Juni 2023, 05:00 WIB
5 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Kurban, Simple dan Mudah Dilakukan.. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)

5 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Kurban, Simple dan Mudah Dilakukan.. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha, umat Muslim di seluruh dunia akan melaksanakan kurban. Hal itu merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan Allah SWT untuk orang-orang yang mampu.

Namun, selain dengan kurban, ada beberapa amalan yang setara pahala berkurban. Amalan ini dapat dilakukan umat Muslim yang belum mampu secara finansial untuk melakukan kurban.

Nah, berikut ini amalan yang pahalanya setara dengan kurban dikutip via Akurat.co.

Amalan yang Pahalanya Setara dengan Kurban

1. Membaca Tahmid, Tasbih dan Takbir

Amalan yang pahalanya setara dengan kurban adalah bertakbir, bertahmid dan juga bertasbih. Dengan membaca takbir, tahmid dan tasbih sebanyak 100 kali kamu akan mendapatkan ganjaran pahala setara dengan ibadah kurban.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Dekat Kota Sukabumi yang Indah dan Wajib Kamu Kunjungi

Sebagaimana yang dikatakan oleh Rasulullah SAW:

"Bertakbirlah 100 kali, bertahmidlah 100 kali, dan bertasbihlah 100 kali. Sesungguhnya pahala dari kalimat tersebut lebih baik dibandingkan mempersiapkan 100 ekor kuda pilihan untuk jihad di jalan Allah, lebih baik dibandingkan dengan menyembelih 100 ekor unta lalu dagingnya dibagikan kepada fakir miskin, dan lebih baik dibandingkan membebaskan 100 orang budak." (HR. Ibnu Majah).

2. Shalat Jumat di Masjid

Amalan yang pahalanya setara dengan kurban yaitu menyegerakan datang Shalat Jumat di masjid. Berdasarkan hadits yang dinukil Imam al-Ghazali dalam Kitab Ihya 'Ulumuddin. Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang berangkat shalat Jumat pada jam pertama, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor unta. Barang siapa yang berangkat pada jam kedua, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor sapi. Barang siapa yang berangkat pada jam ketiga, maka seakan-akan dia berkurban dengan kambing yang bertanduk. Barang siapa yang berangkat pada jam keempat, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor ayam. Dan barang siapa yang berangkat pada jam kelima, maka seakan-akan dia berkurban sebutir telur. Apabila imam keluar (memulai khutbah), maka catatan amal sudah ditutup, qalam pencatat sudah diangkat, dan para malaikat berkumpul di dekat mimbar untuk mendengarkan zikir. Barang siapa yang datang setelah itu, maka ia datang hanya untuk memenuhi hak shalatnya dan tidak mendapatkan keutamaan apapun." (HR Bukhari dan Muslim).

3. Sedekah dan Infak

Amalan yang pahalanya setara dengan kurban adalah sedekah dan infak. Memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, baik dalam bentuk uang, makanan, pakaian, atau bantuan lainnya, merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Baca Juga: Fenomena Langit 22 Juni 2023, Terjadi Konjungsi Segitiga, Bulan, Venus dan Mars

Rasulullah SAW bersabda bahwa sedekah dapat menghapuskan dosa-dosa dan mendatangkan keberkahan dalam kehidupan.

4. Shalat Sunnah Rawatib

Salah satu amalan yang pahalanya setara dengan kurban adalah melaksanakan shalat sunnah rawatib. Shalat sunnah rawatib adalah shalat-shalat sunnah yang dilakukan sebelum atau setelah shalat wajib.

Dengan melaksanakan shalat sunnah rawatib ini secara konsisten, kita dapat mendapatkan pahala yang besar dan setara dengan kurban.

5. Puasa Sunnah

Amalan yang pahalanya setara dengan kurban adalah puasa sunnah. Puasa sunah adalah amalan yang dianjurkan dalam Islam selain puasa wajib di bulan Ramadan.

Baca Juga: Link Nonton Film Evil Dead Rise Full Movie, Teror Iblis yang Sadis dan Brutal

Oleh karena itu, berpuasa sunnah seperti puasa Senin dan Kamis, puasa Ayyamul Bidh (tiga hari di pertengahan bulan) atau puasa pada hari-hari putih (tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan Hijriah) adalah amalan yang pahalanya setara dengan kurban.

Itulah beberapa amalan yang pahalanya setara dengan kurban yang bisa kamu amalkan. Semoga bermanfaat.

Sumber: Akurat.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science28 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Berpotensi Turun Hujan

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).