Mengenal Hedonic Treadmill: Bahagia dan Terluka Sesaat, Validasi Numpang Lewat!

Kamis 22 Juni 2023, 21:15 WIB
Ilustrasi. Rekan Kerja | Mengenal Hedonic Treadmill: Bahagia dan Terluka Sesaat, Validasi Numpang Lewat (Sumber : Freepik/@jcomp)

Ilustrasi. Rekan Kerja | Mengenal Hedonic Treadmill: Bahagia dan Terluka Sesaat, Validasi Numpang Lewat (Sumber : Freepik/@jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Kebahagiaan sementara layak disematkan pada orang-orang yang mengalami Hedonic Treadmill

Konsep psikologis ini menempatkan rasa bahagia yang tidak bertahan lama. Artinya, rasa bahagia hanya 'mampir' dan kehidupan pun akan kembali seperti semula.

Hedonic Treadmill, sebagaimana dikutip via Suara.com, juga dikenal sebagai Hedonic adaptation. Ini adalah konsep psikologis yang menjelaskan kecenderungan manusia untuk kembali ke tingkat kebahagiaan yang relatif stabil setelah mengalami peristiwa menyenangkan atau menyakitkan dalam hidup mereka. 

Baca Juga: Mengenal Sindrom Asperger: Pengidap Disabilitas yang Cerdas, Termasuk Autis?

Lantas, apa itu Hedonic Treadmill? Bagaimana konsep ini mempengaruhi persepsi dan kepuasan kita terhadap kehidupan? Simak penjelasannya berikut ini!

Arti Hedonic Treadmill

Hedonic Treadmill menggambarkan bahwa kebahagiaan seseorang cenderung berlangsung sementara setelah mengalami sebuah peristiwa. 

Misalnya, ketika seseorang membeli sesuatu yang diinginkan, mungkin mereka merasa sangat senang dan gembira dalam waktu singkat. Namun, seiring berjalannya waktu, kebahagiaan itu cenderung kembali ke tingkat awal sebelum pembelian itu dilakukan. 

Hal yang sama berlaku untuk peristiwa menyakitkan, seperti kehilangan orang terkasih atau mengalami kegagalan. Awalnya, kamu mungkin merasa sangat sedih atau putus asa, tetapi seiring waktu berlalu, tingkat kebahagiaan kembali ke titik semula.

Penyesuaian diri

Salah satu faktor utama penyebab Hedonic Treadmill adalah penyesuaian diri terhadap situasi baru. Ketika mengalami sesuatu yang baru, baik itu hal yang positif atau negatif, otak akan menyesuaikan diri dan mencari keseimbangan kembali. 

Baca Juga: Mengenal Sindrom Munchausen: Suka Pura-pura Sakit Termasuk Gangguan Psikologis?

Misalnya, ketika seseorang naik pangkat di pekerjaan, awalnya mungkin merasa senang dan puas dengan prestasi itu. Namun, seiring berjalannya waktu, kamu mungkin mulai menginginkan lebih banyak atau merasa terbebani oleh tanggung jawab baru yang datang dengan posisi itu.

Akibatnya adalah tingkat kebahagiaan mereka kembali ke tingkat awal atau bahkan lebih rendah.

Dibandingkan dengan orang lain

Hedonic Treadmill juga dipengaruhi adanya bias perbandingan sosial. Kamu cenderung membandingkan diri dengan orang lain dalam hal kekayaan, prestasi, atau kebahagiaan. 

Jika melihat orang lain yang memiliki lebih banyak hal, kamu mungkin merasa kurang puas dengan apa yang dimiliki. Namun, seiring dengan apa yang dicapai, kamu bisa saja mulai membandingkan diri dengan orang-orang yang lebih baik lagi, dan kebahagiaanmu kembali berada dalam lingkaran yang sama.

Baca Juga: Heboh Kasus Selingkuh, Apa Saja Tanda Pernikahan Tidak Berkah? Ini Kata Buya Yahya

Meskipun Hedonic Treadmill bisa terlihat sebagai sesuatu yang negatif, pemahaman akan konsep ini dapat membantu seseorang untuk mengelola harapan dan meningkatkan kualitas hidup. 

Kebahagiaan tidak hanya tergantung pada pencapaian atau akuisisi materi, tetapi juga cara setiap orang memandang dan merespon kejadian dalam hidup.

Demikian ulasan mengenai apa itu Hedonic Treadmill beserta contohnya.

Sumber : Suara.com/Muhammad Zuhdi Hidayat

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).