5 Keutamaan Puasa Syawal, Ibadah Penyempurna Puasa Ramadan yang Sangat Dianjurkan

Sabtu 22 April 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi. Puasa Syawal memiliki banyak keutamaan yang dapat diraih bagi umat Islam yang menjalankannya | (Sumber : Freepik.com/@ Sketchepedia)

Ilustrasi. Puasa Syawal memiliki banyak keutamaan yang dapat diraih bagi umat Islam yang menjalankannya | (Sumber : Freepik.com/@ Sketchepedia)

SUKABUMIUPDATE.com - Puasa Syawal adalah puasa sunnah yang dilakukan pada bulan Syawal setelah bulan Ramadhan. Puasa Syawal terdiri dari enam hari berturut-turut atau bisa juga dilakukan secara terpisah pada hari-hari yang berbeda pada bulan Syawal.

Puasa Syawal merupakan amalan yang dianjurkan bagi umat Islam setelah selesai menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Puasa Syawal memiliki banyak manfaat, antara lain membersihkan tubuh dari sisa-sisa toksin dan racun yang terdapat dalam tubuh, meningkatkan imunitas tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Penjelasan Ustadz Adi Hidayat tentang Keutamaan Puasa Syawal, Yuk Simak!

Selain manfaat kesehatan, puasa Syawal juga memiliki manfaat rohani, yaitu dapat meningkatkan keimanan dan taqwa kepada Allah SWT.

Dengan melakukan puasa Syawal, umat Muslim diingatkan kembali akan pentingnya menjaga kesucian dan kebersihan hati serta tetap mempertahankan ibadah puasa setelah bulan Ramadhan.

Namun, puasa Syawal tidak diwajibkan bagi umat Muslim dan hanya bersifat sunnah. Namun, puasa Syawal memiliki banyak keutamaan yang didapat bagi siapa saja yang melaksanakannya.

Keutamaan Puasa Syawal

Melansir dari Tempo.co, selain memiliki dampak secara medis, nyatanya puasa Syawal dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah bersabda bahwa siapa saja yang berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun. Seperti dilansir dari laman nu.or.id, berikut merupakan keutamaan dari puasa sunnah Syawal.

Baca Juga: Jadwal Puasa Syawal 2023: Cek Batas Waktu dan Bacaan Niatnya

1. Penyempurna Puasa Ramadan

Sebagaimana shalat sunnah rawatib yang merupakan penyempurna shalat fardhu, puasa Syawal juga menjadi penyempurna puasa Ramadan yang merupakan ibadah wajib umat Islam.

2. Pahala Puasa Satu Tahun

Dalam Al-Quran, sebagaimana dijelaskan dalam surat Al-An’am ayat 160 bahwa setiap satu amal ibadah akan dibalas pahala sepuluh kali lipatnya. Mengacu pada hal tersebut, maka satu bulan puasa Ramadan dikali 10 sama dengan 10 bulan, kemudian 6 hari puasa Syawal dikali 10 sama dengan 2 bulan, sehingga 10 bulan ditambah dengan 2 bulan sama dengan 12 bulan.

Baca Juga: Apakah Boleh Puasa Sunnah dengan Dua Niat?Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

3. Tanda Diterimanya Puasa Ramadan

Tumbuhnya sikap konsisten dari dalam jiwa merupakan salah satu ciri-ciri diterimanya amal ibadah. Melakukan puasa sunnah Syawal atas dorongan diri sendiri merupakan ciri diterimanya puasa Ramadan seseorang.

4. Sebagai Tanda Syukur

Melakukan puasa sunnah Syawal merupakan tanda syukur seorang hamba terhadap rezeki yang telah diberikan selama bulan Ramadan.

Hal tersebut sejalan dengan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, dalam hadits tersebut Rasulullah bersabda bahwa siapa saja yang berpuasa Ramadan dengan dasar iman dan berharap pahala serta ridha Allah, maka dosanya yang lalu akan diampuni.

Baca Juga: Hukum Puasa Ramadan saat Ada yang Lebaran Idul Fitri, Simak Penjelasannya Disini

5. Menjaga Konsistensi Ibadah

Seusai bulan Ramadan, biasanya banyak ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan menjadi terputus. Dengan menjalankan puasa sunnah Syawal, maka hal tersebut dapat dilihat sebagai suatu konsistensi dalam menjaga ibadah.

Selain itu, puasa Syawal juga membantu menstabilkan berat badan dan mengurangi risiko obesitas. Selama bulan Ramadan, tubuh kita terbiasa makan dalam jumlah terbatas dan memiliki waktu yang terbatas untuk makan.

Hal ini dapat membantu mengurangi konsumsi makanan dan menyeimbangkan berat badan. Dengan melanjutkan puasa di bulan Syawal, kita dapat terus menjaga pola makan sehat dan mengurangi risiko obesitas.

Baca Juga: Puasa Ramadan Berdampak Positif bagi Kesehatan Kulit? Ini Penjelasan Dokter

Dalam menjalankan puasa Syawal, kita juga dapat memperkuat silaturahmi dengan keluarga dan teman-teman. Kita dapat mengajak keluarga atau teman-teman untuk berbuka puasa bersama dan memperkuat hubungan antar sesama.

Dengan begitu, kita dapat mempererat hubungan sosial dan membangun kebersamaan yang baik di antara sesama muslim.

Tata Cara Puasa Syawal

Dilansir dari laman zakat.or.id, puasa sunnah Syawal dilaksanakan pada enam hari di bulan Syawal, biasanya pada tanggal dua hingga tujuh Syawal secara berturut-turut. Namun demikian, jika puasa dilakukan selain tanggal tersebut dan tidak dilakukan secara berurutan, tetapi melakukannya dalam enam kali, maka tetap akan mendapatkan nilai keutamaan puasa sunnah Syawal.

Sementara itu, untuk pembacaan niat puasa Syawal dilakukan seperti puasa yang lainnya, tetapi berbeda dengan puasa Ramadan. Niat puasa sunnah Syawal dapat dilakukan di siang hari sejauh belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Sumber: Tempo.co/(Zakat.or.id | NU.or.id

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life13 April 2024, 10:00 WIB

Sering Bertengkar, 10 Ciri Kamu dan Pasangan Tidak Berjodoh Meski Saling Mencintai

Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi.
Ilustrasi - Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Science13 April 2024, 09:39 WIB

Potensi Ombak Capai 2,5 Meter di Pantai Selatan Jabar-DIY, Wisatawan Diimbau Waspada

BMKG peringatkan potensi ombak capai 2,5 meter di Pantai Selatan Jabar hingga DIY pada hari ketiga libur Lebaran, Sabtu 13 April 2024.
Ilustrasi. Ombak laut yang menghempas pantai. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Sehat13 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Atasi Depresi, 8 Manfaat Asam Lemak Omega-3 untuk Kesehatan

Potensi manfaat kesehatan dari omega-3 termasuk melindungi kesehatan jantung, fungsi otak, kesehatan mata, dan menurunkan risiko beberapa penyakit kronis.
Ilustrasi - Asam lemak omega-3 adalah nutrisi penting yang dikonsumsi melalui makanan atau suplemen. (Sumber : Freepik.com).
Motor13 April 2024, 08:00 WIB

10 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru

Dengan mempersiapkan hal-hal berikut, Updaters dapat memastikan bahwa Anda siap untuk membeli motor baru dan mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Ini Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Life13 April 2024, 07:00 WIB

Jangan Diremehkan! Ini 10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres

Menghindari kebiasaan-kebiasaan sepele penyebab anak stres dan menciptakan lingkungan yang positif, penuh kasih serta mendukungnya merupakan kunci untuk membantu anak mengatasi stres dan berkembang dengan baik secara emosional.
Ilustrasi. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres Ini Jangan Pernah Diremehkan! (Sumber : pixabay.com/@ DigitalPhotoandDesignDigiPD.com)
Food & Travel13 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional

Daun jambu biji memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diare, gangguan pencernaan, dan infeksi saluran kemih.
Ilustrasi. Daun Jambu Biji. Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional. (Sumber : pexels.com/RanjeerChauhan)
Science13 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 April 2024, Berpotensi Diguyur Hujan Sejak Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi12 April 2024, 22:59 WIB

Retribusi Pantai Minajaya Dikomplain Tak Sesuai Fasilitas, Ini Kata Dispar Sukabumi

Retribusi ke kawasan Pantai Minajaya Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi menjadi sorotan warga. Pasalnya tarif yang dikenakan mengalami kenaikan, bahkan dianggap terlalu mahal dan tidak wajar.
Pos Retribusi Pantai Minajaya Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 April 2024, 22:33 WIB

Operasional Tol Bocimi Seksi 2 Dibuka hingga Malam Hari Kecuali Hujan

Tol Bocimi Seksi 2 dari arah Sukabumi menuju Bogor-Jakarta dibuka hingga malam hari, sekira pukul 19.00 WIB, berbeda dengan hari pertama kemarin yang sudah ditutup pada sore hari.
Buka tutup tol Bocimi seksi 2 saat libur lebaran | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi12 April 2024, 22:23 WIB

Urai Kemacetan di Lebaran H+2, Polisi Terapkan Skema One Way di Sekitar Exit Tol Parungkuda

Rekayasa lalu lintas satu arah alias one way di sepanjang ruas jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di sekitar Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, telah berakhir pada Jumat (12/4/2024).
Polantas berlakukan skema one way di sekitar Exit Tol Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari