Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara, Baca Saat Mudik Lebaran

Kamis 06 April 2023, 18:00 WIB
(Foto Ilustrasi) Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara, Baca Saat Mudik Lebaran. | Foto: Istimewa

(Foto Ilustrasi) Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara, Baca Saat Mudik Lebaran. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang Hari Raya Lebaran, umat Muslim akan berbondong-bondong melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman atau biasa dinamakan mudik.

Mereka akan menggunakan beragam jenis transportasi mulai dari kendaraan darat, laut hingga udara. Dalam Islam sendiri, umat Muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa naik kendaraan sebelum bepergian.

Hal itu bertujuan untuk memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT selama di perjalanan. Doa naik kendaraan bisa kamu amalkan ketika sedang mudik lebaran menggunakan transportasi darat, laut maupun udara.

Nah, berikut ini doa naik kendaraan ketika mudik lebaran menggunakan transportasi darat, laut dan udara yang dapat kamu amalkan dihimpun via Suara.com.

1. Doa Ketika Naik Kendaraan Darat, Laut, atau Udara

Doa berikut adalah salah satu doa naik kendaraan yang paling populer dan cukup sering didengar serta diajarkan pada anak-anak sekolah. Bunyi doanya yaitu:

Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniina, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuuna.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Menu Bukber Bareng Teman di Rumah, Yuk Dicoba!


Artinya: "Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami."


2. Doa Naik Kendaraan Darat

Jika bepergian dengan kendaraan darat apapun jenisnya membaca doa untuk memohon perlindungan tidak boleh dilewatkan. Lafal doanya sendiri cukup mudah diingat.

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Baca Juga: PSIS Semarang vs PSM Makassar: Head to Head, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah kami dalam bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

3 . Doa Naik Kendaraan Laut

Ketika naik kendaraan laut seperti kapal, ada dua versi doa yaitu panjang dan pendek. Keduanya sama maksudnya yaitu untuk memohon perlindungan dan keselamatan selama perjalanan.

Bismillahi majreeha wa mursaahaa, inna rabbii la ghafuurur rahiim. Wa maa qadarullâha haqqa qadrihii, wal ardhu jamii‘an qabdhatuhuu yaumal qiyaamah, was samawaatu mathwiyyaatum bi yamiinihii, subhaanahuu wa ta‘aalaa ‘an maa yusyrikuun.

Artinya: "Nuh berkata, ‘Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya.’ Mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya. Padahal bumi seluruhnya dalam genggamanNya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan." (Surat Az-Zumar ayat 67).

Baca Juga: Daftar Hari Libur dan Cuti Bersama 2023, Libur Idul Fitri Kini Jadi 7 Hari

Atau dapat pula membaca versi pendeknya sebagai berikut:

Bismilahi majreeha wa mursaahaa, inna rabbii la ghafuurur rahiim.

Artinya: "Dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. Hud ayat 41).


4. Doa Naik Kendaraan Udara

Pesawat sebagai salah satu kendaraan yang terbang di udara menjadi pilihan para musafir karena lebih efisien dalam hal waktu. Namun, resiko penerbangan cukup tinggi sehingga supaya tenang sebelum perjalanan, bacalah doa berikut:

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli.

Baca Juga: Cerita Pelawak Parto Diajak Berburu di Sukabumi, Simak Keseruannya

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridhai."

Selain meminta perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT lewat doa-doa naik kendaraan tadi, setiap muslim dianjurkan berdzikir ketika dalam perjalanan. Selain untuk meraih pahala juga agar senantiasa mengingat Allah SWT di setiap langkah.

Sumber: Suara.com (Safitri Yulikhah)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)