Doa Hujan, Bisa Diamalkan Umat Muslim Agar Tidak Terjadi Banjir

Selasa 28 Februari 2023, 05:00 WIB
Ilustrasi hujan - Doa Hujan, Bisa Diamalkan Umat Muslim Agar Tidak Terjadi Banjir (Sumber : Freepik)

Ilustrasi hujan - Doa Hujan, Bisa Diamalkan Umat Muslim Agar Tidak Terjadi Banjir (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Akhir-akhir ini Indonesia sedang dilanda cuaca buruk dengan peningkatan intensitas hujan yang terus menerus. Oleh karenanya, umat Muslim dianjurkan untuk senantiasa memanjatkan doa hujan agar tak mendatangkan bahaya.

Hujan sendiri sebenarnya adalah berkah yang diturunkan Allah SWT. Hujan dapat mendatangkan manfaat bagi manusia maupun hewan dan tumbuhan. Dengan turunnya hujan, tumbuhan dapat subur dan untuk manusia sebagai sumber kehidupan.

Agama Islam telah menganjurkan kepada umatnya agar memanjatkan doa hujan saat turun hujan. Hal itu bertujuan sebagai rasa syukur dan meminta perlindungan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari mara bahaya.

Baca Juga: Aldila Jelita Resmi Gugat Cerai Indra Bekti, Sepakat Berpisah Secara Baik-Baik

Pasalnya, saat cuaca buruk menerjang dan disertai hujan lebat, dapat menyebabkan banjir yang merusak dan mendatangkan bahaya bagi masyarakat. Hal tersebut tentunya membuat orang-orang terhambat dalam melakukan aktivitas kesehariannya.

Lantas, apa yang bisa dilakukan saat hujan turun terus menerus supaya tidak menjadi banjir? Salah satunya adalah membaca doa hujan agar tidak banjir. Berikut penjelasan bacaannya yang dikutip via Suara.com.

Nabi Muhammad SAW memang mengajarkan kepada umat Muslim untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT dalam keadaan apapun, termasuk ketika hujan berhari-hari tanpa henti. Dikisahkan pada masa Nabi Muhammad SAW pernah terjadi hujan selama satu pekan berturut-turut tanpa henti, lalu Nabi Muhammad SAW berdoa agar hujan berhenti dan dialihkan.

Baca Juga: Cerita Guling Munding dan Anak Berbaju Merah di Jalan Raya Bojonggaling Sukabumi

"Dari Anas bin Malik: 'Ada seorang lelaki yang datang kepada Rasulullah SAW, sedangkan beliau sedang khutbah sambil berdiri, lalu ia menghadap kepada beliau sambil berdiri lantas berkata; 'Wahai Rasulullah, harta benda telah hancur dan jalan-jalan telah terputus, maka berdoalah kepada Allah agar Dia menolong kami'.

Kemudian Rasulullah SAW mengangkat kedua tangannya dan berdoa: 'Ya Allah, tolonglah kami. Ya Allah, tolonglah kami'".

Anas berkata; "Demi Allah, kami tidak melihat awan di langit, juga tidak ada mendung, padahal tidak ada rumah di antara kami dan gunung Sala' (sebuah gunung di Madinah), lalu muncul awan laksana perisai, dan setelah awan berada di tengah-tengah langit maka awan itu menyebar, sehingga turun menjadi hujan. Demi Allah, kami tidak melihat matahari selama satu pekan".

Baca Juga: Jalan Nasional Sukabumi Bogor Ditutup Total! Longsor Susulan Jembatan Cikereteg

Anas lalu melanjutkan, "Kemudian pada hari Jum'at berikutnya, seorang lelaki datang kepada Rasulullah SAW dari pintu tadi ketika beliau sedang khutbah sambil berdiri, lalu orang tadi berkata; 'Wahai Rasulullah harta benda telah hancur dan jalan-jalan telah terputus, maka berdoalah kepada Allah agar Dia menahan hujan dari kami'.

Lalu Rasulullah SAW mengangkat kedua tangannya sambil berdoa, 'Ya Allah (turunkan hujan) di sekitar kami dan jangan di atas kami. Ya Allah, turunkan di bukit-bukit, gunung-gunung, lubuk lembah, serta di tempat tumbuhnya pepohonan'. Maka air hujan mengalir dari Madinah, sebagaimana mengalirnya air dari pakaian".

Doa Hujan Agar Tidak Banjir

Dari hadist di atas, Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan doa agar hujan berhenti. Berikut ini adalah doa hujan agar tidak banjir yang sesuai dengan hadist di atas.

"Allahumma hawalaina wala ‘alaina, Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari", yang artinya: "Ya Allah, hujanilah di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah, berilah hujan ke daratan tinggi, beberapa anak bukit dasar lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan", (HR Bukhari Muslim).

Baca Juga: Mulai Surut, Empat Jam Banjir Rendam Rumah hingga Minimarket di Cisaat Sukabumi

Kemudian, ada juga bacaan doa agar hujan yang turun memberikan manfaat dan tidak menjadi banjir. Doa ini berasal dari hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Aisyah RA:

"Allahumma shayyiban nafi’an", yang artinya: "Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat", (HR Bukhar dari Aisyah RA).

Itulah bacaan doa hujan agar berhenti dan tidak terjadi banjir yang bisa diamalkan oleh setiap Muslim. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Sumber: Suara.com (Rishna Maulina Pratama)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels