3 Keistimewaan Bulan Syaban yang Dikenal Sebagai Bulan Shalawat

Jumat 24 Februari 2023, 22:00 WIB
Ilustrasi. Bulan Syaban menjadi salah satu bulan istimewa dalam kalender hijriah | Foto: PIxabay/mohamed_hassan

Ilustrasi. Bulan Syaban menjadi salah satu bulan istimewa dalam kalender hijriah | Foto: PIxabay/mohamed_hassan

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini kalender hijriah telah memasuki bulan Syaban dimana bulan ini terletak diantara dua bulan penting umat Islam yaitu bulan Rajab dan bulan Ramadhan.

Syaban menjadi salah satu bulan istimewa dalam kalender hijriah yang mana kata Syaban diambil dari akar kata syin, ain, dan ba’ yang berarti cabang. Amalan Bulan Syaban kerap dilakukan guna mendapat pahala dan ridha dari Allah SWT, salah satunya berpuasa.

Sebagaimana tertulis dalam Alquran surah al-Ahzab ayat 56 yang berisi perintah bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sehingga dikenal sebagai bulan shalawat.

Bulan Syaban juga memiliki beberapa keistimewaan yang harus diketahui kaum muslim. Mengutip dari Tempo.co, berikut beberapa keistimewaan bulan Syaban yang menjadi bulan pembuka Ramadan.

Baca Juga: Sejarah Nisfu Syaban, Arah Kiblat Berubah dari Baitul Maqdis ke Masjidil Haram

1. Peralihan arah kiblat

Pada bulan Syaban terjadi peristiwa peralihan kiblat dari Masjid Al-Aqsa di Palestina ke Kabah di Masjidil Haram, Mekkah. Qurthubi ketika menafsirkan Surat Al-Baqarah ayat 144 dalam kitab Al-Jami’ li Ahkmil Qur’an dengan mengutip pendapat Abu Hatim Al-Basti mengatakan bahwa Allah memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk mengalihkan kiblat pada malam Selasa bulan Syaban yang bertepatan dengan malam nisfu Syaban.

2. Penyerahan catatan amal kepada Allah SWT

Pada bulan Syaban semua rekapitulasi amal manusia secara penuh diserahkan kepada Allah SWT. Meskipun selain bulan Syaban, menurut Sayyid Muhammad Alawi ada beberapa waktu tertentu penyerahan amal kepada Allah yakni setiap siang, malam, dan setiap pekan. Adapun catatan amal shalat lima waktu langsung diserahkan kepada Allah SWT tanpa menunggu waktu-waktu itu.

Baca Juga: 5 Amalan Sunnah Saat Makan Sahur di Bulan Ramadan yang Diajarkan Rasulullah SAW

3. Anjuran shalawat

Pada bulan Syaban turun Surah Al-Ahzab ayat 56 sebagai ayat anjuran untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu Ibnu Abi Shai Al-Yamani mengatakan bulan Syaban adalah bulan shalawat.

Pernyataan tersebut diperkuat oleh pendapat Imam Syihabuddin Al-Qasthalani dalam Al-Mawahib-nya, serta Ibnu Hajar Al-Asqalani yang menyebutkan bahwa ayat itu turun pada bulan Syaban tahun ke-2 hijriyah.

Allah SWT membuka pintu-pintu kebaikan dan menurunkan berkah-Nya pada bulan Syaban. Dalam kitab ‘al-Ghunyah oleh Quthbur Rabbani Syaikh Abdul Qadir al-Jailani, diterangkan bahwa Allah SWT senantiasa memilih satu dari empat hal. Allah memilih empat bulan yaitu bulan Rajab, Syaban, Ramadan dan Muharram, dan Allah mengutamakan untuk memilih Syaban.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Sedap Malam, Tanda Mahluk Halus hingga Kesukaan Nyi Roro Kidul

Allah SWT kemudian menjadikan bulan Syaban sebagai Syahrun nabi bulannya Rasulullah SAW. Maka bulan Syaban pun menjadi afdhalus syuhur sebagaimana posisi Rasulullah sebagai afdhlul anbiya’. Mengenai bulan Syaban ini, seorang ulama pernah berkata Syaban adalah perantara antara Rajab dan Ramadhan.

Maka jagalah ketaatan selama berada di dalamnya (falyaghtanim at-th’at fiha). Dalam konteks menjaga ketaatan inilah, Rasulullah SAW kemudian mengeluarkan hadis yang cukup terkenal.

Diceritakan pada suatu ketika Rasulullah memberikan mauidhah kepada seorang lelaki yang ternyata adalah Abdullah bin Umar bin Khattab. Rasulullah SAW berkata jagalah lima perkara sebelum datangnya lima yang lainnya, masa mudamu sebelum masa tuamu.

Sehatmu sebelum masa sakitmu. Kayamu sebelum datang miskinmu. Kelonggaran sebelum waktu sumpekmu dan hidupmu sebelum matimu.

Mengutip www.islamicity.org, diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW biasa melakukan puasa Syaban hampir sepanjang hari kecuali beberapa hari terakhir di bulan itu. Dalam sebuah hadis, Rasulullah menyebutkan Rajab adalah bulan Allah, Syaban adalah bulan saya dan Ramadan adalah bulan bangsa.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa