3 Keistimewaan Bulan Syaban yang Dikenal Sebagai Bulan Shalawat

Jumat 24 Februari 2023, 22:00 WIB
Ilustrasi. Bulan Syaban menjadi salah satu bulan istimewa dalam kalender hijriah | Foto: PIxabay/mohamed_hassan

Ilustrasi. Bulan Syaban menjadi salah satu bulan istimewa dalam kalender hijriah | Foto: PIxabay/mohamed_hassan

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini kalender hijriah telah memasuki bulan Syaban dimana bulan ini terletak diantara dua bulan penting umat Islam yaitu bulan Rajab dan bulan Ramadhan.

Syaban menjadi salah satu bulan istimewa dalam kalender hijriah yang mana kata Syaban diambil dari akar kata syin, ain, dan ba’ yang berarti cabang. Amalan Bulan Syaban kerap dilakukan guna mendapat pahala dan ridha dari Allah SWT, salah satunya berpuasa.

Sebagaimana tertulis dalam Alquran surah al-Ahzab ayat 56 yang berisi perintah bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sehingga dikenal sebagai bulan shalawat.

Bulan Syaban juga memiliki beberapa keistimewaan yang harus diketahui kaum muslim. Mengutip dari Tempo.co, berikut beberapa keistimewaan bulan Syaban yang menjadi bulan pembuka Ramadan.

Baca Juga: Sejarah Nisfu Syaban, Arah Kiblat Berubah dari Baitul Maqdis ke Masjidil Haram

1. Peralihan arah kiblat

Pada bulan Syaban terjadi peristiwa peralihan kiblat dari Masjid Al-Aqsa di Palestina ke Kabah di Masjidil Haram, Mekkah. Qurthubi ketika menafsirkan Surat Al-Baqarah ayat 144 dalam kitab Al-Jami’ li Ahkmil Qur’an dengan mengutip pendapat Abu Hatim Al-Basti mengatakan bahwa Allah memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk mengalihkan kiblat pada malam Selasa bulan Syaban yang bertepatan dengan malam nisfu Syaban.

2. Penyerahan catatan amal kepada Allah SWT

Pada bulan Syaban semua rekapitulasi amal manusia secara penuh diserahkan kepada Allah SWT. Meskipun selain bulan Syaban, menurut Sayyid Muhammad Alawi ada beberapa waktu tertentu penyerahan amal kepada Allah yakni setiap siang, malam, dan setiap pekan. Adapun catatan amal shalat lima waktu langsung diserahkan kepada Allah SWT tanpa menunggu waktu-waktu itu.

Baca Juga: 5 Amalan Sunnah Saat Makan Sahur di Bulan Ramadan yang Diajarkan Rasulullah SAW

3. Anjuran shalawat

Pada bulan Syaban turun Surah Al-Ahzab ayat 56 sebagai ayat anjuran untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu Ibnu Abi Shai Al-Yamani mengatakan bulan Syaban adalah bulan shalawat.

Pernyataan tersebut diperkuat oleh pendapat Imam Syihabuddin Al-Qasthalani dalam Al-Mawahib-nya, serta Ibnu Hajar Al-Asqalani yang menyebutkan bahwa ayat itu turun pada bulan Syaban tahun ke-2 hijriyah.

Allah SWT membuka pintu-pintu kebaikan dan menurunkan berkah-Nya pada bulan Syaban. Dalam kitab ‘al-Ghunyah oleh Quthbur Rabbani Syaikh Abdul Qadir al-Jailani, diterangkan bahwa Allah SWT senantiasa memilih satu dari empat hal. Allah memilih empat bulan yaitu bulan Rajab, Syaban, Ramadan dan Muharram, dan Allah mengutamakan untuk memilih Syaban.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Sedap Malam, Tanda Mahluk Halus hingga Kesukaan Nyi Roro Kidul

Allah SWT kemudian menjadikan bulan Syaban sebagai Syahrun nabi bulannya Rasulullah SAW. Maka bulan Syaban pun menjadi afdhalus syuhur sebagaimana posisi Rasulullah sebagai afdhlul anbiya’. Mengenai bulan Syaban ini, seorang ulama pernah berkata Syaban adalah perantara antara Rajab dan Ramadhan.

Maka jagalah ketaatan selama berada di dalamnya (falyaghtanim at-th’at fiha). Dalam konteks menjaga ketaatan inilah, Rasulullah SAW kemudian mengeluarkan hadis yang cukup terkenal.

Diceritakan pada suatu ketika Rasulullah memberikan mauidhah kepada seorang lelaki yang ternyata adalah Abdullah bin Umar bin Khattab. Rasulullah SAW berkata jagalah lima perkara sebelum datangnya lima yang lainnya, masa mudamu sebelum masa tuamu.

Sehatmu sebelum masa sakitmu. Kayamu sebelum datang miskinmu. Kelonggaran sebelum waktu sumpekmu dan hidupmu sebelum matimu.

Mengutip www.islamicity.org, diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW biasa melakukan puasa Syaban hampir sepanjang hari kecuali beberapa hari terakhir di bulan itu. Dalam sebuah hadis, Rasulullah menyebutkan Rajab adalah bulan Allah, Syaban adalah bulan saya dan Ramadan adalah bulan bangsa.

Sumber: Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik17 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos

Lagu Sayangnya dipopulerkan oleh Juicy Luicy dan sempat viral di media sosial Instagram hingga YouTube.
Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:49 WIB

Tindakan Puskesmas usai Warga Temukan Limbah Medis Berceceran di Parungkuda Sukabumi

Puskesmas buka suara terkait penemuan tabung sampel darah dan jarum suntik bekas yang berceceran di jalanan Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:42 WIB

Buru-buru Nyari Ojek, Wanita Gendong Anak Ini Embat Duit Warung di Sukabumi

Awalnya, tidak ada yang sadar dengan aksi pencurian ini. Namun saat pemilik warung hendak berbelanja stok barang, ia baru sadar uang Rp3 juta di meja kasir hilang.
Wanita terduga pelaku pencurian uang di warung terekam CCTV (Sumber: CCTV)
Film17 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai

Longlegs merupakan salah satu film horor thriller terbaru serta terbaik di tahun ini yang telah tayang pada Kamis, 17 Juli 2024 di seluruh bioskop di Tanah Air.
Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai (Sumber : Instagram/@neonrated)
Life17 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Karakter Berkelas Meski Tampilannya Sederhana

Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi.
Ilustrasi - Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi. (Sumber : pexels.com/@Sơn Ngọc).
Sukabumi17 Juli 2024, 15:54 WIB

Bupati Ikut Bersuara, Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Marwan menunggu mekanisme hukum yang sedang berjalan di kepolisian.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika dimintai komentar soal kasus dugaan pelecehan seksual salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Entertainment17 Juli 2024, 15:30 WIB

Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya

Jeon Wonwoo adalah member dari boygrup sekaligus anggota unit Hip Hop SEVENTEEN yang berulang tahun hari ini, yaitu Rabu, 17 Juli 2024. Namanya menjadi trending topic di X, karena Carats mengucapkan ulang tahun padanya.
Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya (Sumber : Instagram/@everyone_woo)
Inspirasi17 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Toko Oleh-oleh Khas Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja di Toko Oleh-oleh Khas Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Juli 2024, 14:53 WIB

Hutan Pinus Tertutup Tanah, Longsor Susulan Ancam Jalan Jampangtengah Sukabumi

Sementara di bawah lapisan tanah terdapat batuan cadas yang miring dan licin.
Kondisi material longsor berupa tanah yang menutupi area hutan pinus milik Perhutani di pinggir jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Science17 Juli 2024, 14:30 WIB

Selatan Banten dan Sekitarnya Waspada! Fase Purnama Picu Banjir Rob di Pesisir Indonesia

Fenomena ini terkait fase bulan purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di sejumlah perairan di Indonesia.
Ilustrasi banjir rob. Sampah berserakan kotori pantai Karanghawu Cisolok paska gelombang pasang | Foto : Ilyas Supendi