10 Kapal Karam Paling Legendaris di Dunia, RMS Titanic Hingga Blackbeard

Senin 13 Februari 2023, 16:15 WIB
Ilustrasi. Ada banyak kapal karam paling legendaris di Dunia salah satunya kapal Titanic yang kisahnya diangkat menjadi sebuah film | Foto: Unplash/Jason Blackeye

Ilustrasi. Ada banyak kapal karam paling legendaris di Dunia salah satunya kapal Titanic yang kisahnya diangkat menjadi sebuah film | Foto: Unplash/Jason Blackeye

SUKABUMIUPDATE.com - Kisah tenggelamnya kapal RMS Titanic menjadi salah satu kecelakaan kapal karam paling legendaris hingga saat ini, apalagi setelah kisah tenggelamnya Titanic diangkat ke dalam sebuah film.

Ya, film Titanic yang dirilis tahun 1997 itu diambil dari kisah nyata kecelakaan kapal terbesar dan tercanggih saat itu.

Film Titanic yang disutradarai James Cameron itu diketahui kembali ditayangkan di tahun 2023 ini dan mendapat sambutan cukup antusias dari para penikmat film.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Film Titanic yang Akan Tayang Lagi 10 Februari 2023

Namun, rupanya Titanic bukanlah satu-satunya kapal karam yang menjadi legendaris bahkan ceritanya masih diingat hingga saat ini.

Kebanyakan kapal karam tersebut menyebabkan korban jiwa yang tidak sedikit hingga tak jarang kisahnya cukup menyentuh hati banyak orang.

Dari banyaknya kapal karam di Dunia berikut 10 kapal karam paling legendaris yang dikutip dari Akurat.co.

Baca Juga: 6 Adegan Dramatis dalam Film Titanic yang Menguras Air Mata

1. RMS Titanic (1912)

Karamnya Titanic merupakan salah satu kisah yang paling fenomenal bahkan hingga diangkat menjadi sebuah film. Kapal terbesar dan paling canggih pada masanya ini tenggelam saat melakukan pelayaran dari Inggris ke Amerika Serikat.

Cerita karamnya kapal Titanic mampu membuat banyak orang terharu. Pasalnya diangkat menjadi sebuah film yang memisahkan sepasang kekasih di dalam kapal tersebut.

Film tersebut menjadi salah satu film terbaik di dunia dan menjadi kapal karam paling legendaris di dunia.

Baca Juga: 13 Fakta Goa Kutamaneuh Sukabumi, Peristirahatan Prabu Siliwangi Sampai Johny Indo

Kapal megah ini karam pada 14 April 1912 akibat menabrak gundukan es di Samudra Atlantik dan tenggelam sepenuhnya dalam kurun waktu kurang dari tiga jam. Setidaknya ada 1.513 nyawa yang menjadi korban tragedi tersebut.

2. MS World Discoverer ( 1974)

Kapal karam paling legendaris di dunia selanjutnya adalah MS World Discoverer. MS World Discoverer sendiri merupakan kapal miliki seseorang berkebangsaan Denmark pada 1974.

Kapal World Discoverer ini tenggelam setelah menabrak batu di kepulauan Solomon. Meskipun tidak memakan korban jiwa. Namun, kapal ini tidak bisa dievakuasi dan pada akhirnya kapal karam ini tetap berada di teluk Roderick dan dijadikan objek wisata.

Baca Juga: Heboh Kartu Iuran SD di Ciracap Sukabumi, Begini Penjelasan Sekolah dan Disdik

3. MV Dona Paz (1987)

MV Dona Paz menjadi kapal karam yang memiliki cerita paling legendaris selanjutnya. Kapal asal filipina yang kala itu membawa lebih dari 4.000 penumpang itu berakhir usai menabrak kapal minyak MT Vector pada 20 Desember 1987.

Tabrakan tersebut menyebabkan kapal ini meledak dan terbakar. Diperkirakan terdapat 4.386 awak kapal yang meninggal dan hanya 24 orang yang selamat. Kapal ini legendaris dengan sebutan Titanic-nya di Indonesia.

4. Kapal VASA (1928)

Kapal karam yang memiliki cerita paling legendaris selanjutnya adalah kapal VASA. Kapal ini berasal dari Swedia. Kapal ini dirakit antara 1626 hingga 1628.

Baca Juga: Tampil Lebih PD Tanpa Perut Buncit, Ini 4 Tips untuk Mengecilkan Lemak Tubuh

Berdasarkan kisahnya, kapal ini karam dalam kurun waktu 20 menit setelah berlayar karena terjangan angin serta kebanjiran yang membuatnya tenggelam dan tak terkendali.

Kapal ini baru bisa diangkut pada 1961 yang ribuan artefaknya sekarang menjadi objek wisata di Swedia.

5. Kapal Queen Anne's Revenge

Queen Anne's Revenge merupakan kapal dari abad ke-18 dan dikenal sebagai kapal milik bajak laut legendaris yaitu Blackbeard atau Edward Teach.

Baca Juga: Jadwal Persib Bandung vs PSM Makassar di Liga 1, Milla: Kami Butuh Dukungan Bobotoh

Kapal ini ditinggalkan sang kapten dan awaknya pada tahun 1718 untuk menyelamatkan diri dari kejaran pemerintah Inggris. Bangkai kapal ini ditemukan pada 1996 di dekat pantai Atlantic, Carolina Utara.

6. Kapal Black Swan

Penemuan kapal ini merupakan penemuan besar. Karena kapal ini membawa harta karun besar yang ditemukan tim evakuasi saat kapal ini karam. Kapal ini karam di Portugal pada 1804.

Perusahaan Amerika, Odyssey Marine Exploration berhasil mengangkat Black Swan dan menemukan emas senilai 7 triliun.

Baca Juga: Wajah Baru Pantai Minajaya Sukabumi Manjakan Pengunjung

Kemudian emas tersebut dikembalikan ke pemerintahan Spanyol sebagai pemilik kapal tersebut. Dan kemudian, kapal ini dimuseumkan pada tahun 2012.

7. Mary Rose

Kapal ini diluncurkan pada 1511. Kapal ini banyak menjadi alat bertarung dengan banyak kapal dari negara lain. Namun, kapal ini harus karam pada 1545 setelah melakukan pertarungan dengan kapal Prancis.

Kapal ini kemudian baru ditemukan lagi pada 1971 dan bisa diselamatkan pada 1982. Kemudian, artefak dari kapal ini dipajang di museum Portsmouth dan merupakan salah satu objek paling mahal di sejarah arkeologi maritim.

Baca Juga: Berniat Beli Laptop Bekas? 5 Tips Ini Penting untuk Disimak

8. RMS Lusitina

Kapal ini menjadi kapal yang kekuatannya sangat dipercaya. Karena kapal ini sudah melakukan lebih dari 200 kali pelayaran. Hanya saja pada 7 Mei 1915 kapal jerman ini tenggelam di lautan Lusitania.

Kapal ini sata karam membawa 1.962 yang kemudian memakan sebanyak 1.191 nyawa hilang saat tragedi tenggelamnya kapal tersebut. Kondisi kapal ini bisa dikatakan lebih parah dibanding Titanic karena meledaknya torpedo.

9. RMS Republic

Kapal ini diduga tertabrak oleh kapal lain yaitu SS Florida pada tanggal 23 Januari 1909 pada pukul 05:30. Yang mana ditemukan pada keesokan harinya pukul 20:40, dan memakan 6 korban jiwa.

Baca Juga: Pengemudi Fortuner yang Ngamuk Datangi Polres Jaksel dan Minta Damai dengan Korban

Salah satu cerita yang diangkat dari kisah nyata salah satunya adalah tentang harta yang nilainya mencapai ratusan juta. Namun harta tersebut diklaim oleh Grant dan Martin Bayerle bahwa harta tersebut merupakan miliki mereka.

10. USS Arizona

Ini adalah kapal perang Amerika yang meluncur pada 1915. Kapal ini memiliki banyak misi, salah satunya adalah mengantarkan presiden Woodrow Wilson.

Kapal ini karam pasca satu tahun dikirim ke Pearl Harbour pada 1940 karena bombardir Jepang. Karamnya kapal ini memakan 1.177 korban awak kapal yang meninggal akibat perang itu.

Itulah 10 kapal karam paling legendaris di dunia termasuk Titanik dan kapal bajak laut Blackbeard.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional26 April 2024, 09:31 WIB

Ada Zonasi, Simak 4 Jalur PPDB Tahun 2024 untuk SD, SMP, dan SMA

PPDB diselenggarakan secara objektif, transparan, dan akuntabel.
(Foto Ilustrasi) Ketentuan PPDB diatur dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. | Foto: Freepik/@master1305
Inspirasi26 April 2024, 09:30 WIB

Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat

Berikut Informasi Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan untuk Penempatan Wilayah Jawa Barat.
Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat  (Sumber : Freepik)
Sukabumi26 April 2024, 09:02 WIB

Warga Resah! Beredar Video Konvoi Motor Bersajam di Jalan Pajampangan Sukabumi

Dalam video terlihat salah satu orang yang dibonceng menggesekkan sajam ke aspal.
Tangkapan layar video konvoi kawanan bermotor sambil membawa sajam di Jalan Nasional Jampangkulon-Surade, Desa Talagamurni, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Senin malam, 22 April 2024.| Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi26 April 2024, 09:01 WIB

Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Studi Banding BUMD ke Yogyakarta

Sejumlah anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi saat ini tengah  melakukan perjalanan dinas ke Jogjakarta
Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi Heri Antoni  (Sumber : DPRD Kabupaten Sukabumi)
Sehat26 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Anda Coba Dirumah, 8 Ide Camilan Ringan untuk Menurunkan Berat Badan

Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda.
Ilustrasi - Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda. (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba).
Life26 April 2024, 08:00 WIB

12 Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang

Kebiasaan sederhana ini menunjukkan rasa hormat dan perhatianmu terhadap orang lain, dan orang-orang cenderung merasa dihargai saat merasa didengarkan dengan baik.
Ilustrasi - Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang (Sumber : Pexels/Thirdman)
Sehat26 April 2024, 07:00 WIB

9 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Bisa Mengurangi Perut Kembung

Rutinitas pagi yang tenang dan santai, seperti minum air hangat, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Minum Air Hangat. Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel26 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kencur untuk Meredakan Nyeri Sendi, Ini 8 Langkahnya!

Meskipun kencur memiliki banyak manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Air Rebusan Kencur. (Sumber : Instagram/@meygaahuang)
Bola26 April 2024, 05:12 WIB

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai Menang Dramatis atas Korsel

Fenomenal! Timnas Indonesia berhasil lolos semifinal Piala Asia U-23 2024 usai taklukan Korsel lewat drama adu pinalti.
Rafael Struick (kanan) cetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-23 di laga versus Korsel. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Science26 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 26 April 2024, Waspada Hujan Petir di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari.
Ilustrasi - Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari. | Foto: Freepik.com/wirestock