5 Cara Merayakan Hari Valentine untuk Para Jomblo, Tetap Bahagia Meski Sendiri

Rabu 08 Februari 2023, 13:30 WIB
5 Cara Merayakan Hari Valentine untuk Para Jomblo, Tetap Bahagia Meski Sendiri. | (Sumber : Pixabay.com/PhotoMIX-Company).

5 Cara Merayakan Hari Valentine untuk Para Jomblo, Tetap Bahagia Meski Sendiri. | (Sumber : Pixabay.com/PhotoMIX-Company).

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Valentine setiap tahunnya selalu dirayakan pada 14 Februari. Pada hari itu kebanyakan orang akan mengutarakan rasa cinta kepada pasangannya.

Momen Hari Valentine memang selalu ditunggu-tunggu oleh mereka yang merayakannya. Tak hanya sekedar ungkapkan kasih sayang saja, biasanya akan dibarengi dengan pemberian kado ataupun ucapan.

Namun, bagi orang-orang yang belum memiliki pasangan, bagaimana cara merayakan Hari Valentine agar tetap mendapatkan suasana hari kasih sayang? Nah, hari kasih sayang tidak melulu harus ada pendamping disisi kamu.

Baca Juga: Profil Gitasav atau Gita Savitri, Influencer yang Bilang Childfree Bikin Awet Muda

Kamu bisa berbagi kasih dengan sahabat maupun cari kesibukan yang membuat dirimu bahagia. Melansir via Suara.com yang dikutip dari Reviews, berikut lima cara merayakan valentine tanpa pasangan. Cocok bagi kamu yang jomblo.

1. Cintai diri sendiri

Kamu tidak perlu mencintai orang lain di Hari Valentine. Sebaliknya, luangkan waktu untuk mencintai diri sendiri.

Terapis perkawinan dan keluarga berlisensi TJ Mocci menyarankan untuk memprioritaskan diri sendiri sebelum orang lain. Sebab, hal seperti itu tentu lebih sulit dilakukan saat telah memiliki pasangan atau sudah menikah dan punya anak.

Baca Juga: 8 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Cocok Untuk Berendam di Akhir Pekan

Menunjukan rasa cinta pada diri sendiri bisa dengan jalan-jalan pagi sendiri, mendengarkan lagu favorit, menyeruput kopi kesukaan, sampai membeli bunga untuk diri sendiri. Tak harus berbelanja banyak dengan alasan mencintai diri sendiri. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk merasa nyaman dengan diri sendiri.

2. Cari kesibukan lain

Jika Kamu belum siap untuk merasakan nuansa Valentine di banyak area publik, tidak apa-apa. Cobalah untuk menghindari hal-hal yang dapat membuat Kamu kesal.

Misalnya, jika di tempat kerja banyak dihiasi dengan ornamen hati dan cokelat, cobalah menghabiskan hari dengan mengerjakan tugas yang menarik untuk mengalihkan perhatian Kamu dari desain interior tersebut.

Baca Juga: Mengintip Lokasi Rest Area di Lintasan Tol Bocimi Seksi III Sukabumi

Jika semua orang terus membicarakan rencana makan malam romantis bersama pasangan, cobalah mengobrol dengan rekan kerja tentang pertandingan olahraga atau pameran seni yang akan datang.

Pengalihan yang disengaja itu dapat membantu Kamu menghindari perasaan sedih atau kesepian yang tidak perlu. Berhati-hatilah untuk tidak mengisolasi diri dari orang lain dengan cara yang dapat memperburuk suasana hati.

3. Waspadai pikiran buruk tiba-tiba

Pola berpikir tidak sehat bisa saja muncul saat Hari Valentine saat Kamu memikirkan tentang kehidupan romantis serta kehidupan masa depan. Misalnya, langsung membuat kesimpulan kalau Kamu memang akan lajang selamanya atau menggeneralisir secara berlebihan.

Baca Juga: Sinopsis Film Survivor Dibintangi Milla Jovovich Akan Tayang di Bioskop Trans TV

Pikiran itu dapat meningkatkan ketakutan dan membuat Kamu merasa tidak aman di Hari Valentine.

4. Berbuat baik untuk orang lain

Biasanya, manusia cenderung merasa senang saat ada orang lain berbuat baik kepada dirinya. Teori itu juga berlaku sebaliknya. Tindakan kebaikan terhadap orang lain meningkatkan suasana hati dan mengurangi depresi.

Jadi, jika Kamu merasa sedih di Hari Valentine, pertimbangkan untuk membagikan kembali cinta. Buatlah kartu Valentine untuk seorang teman, kirimkan bunga kepada orang tersayang, atau rencanakan pertemuan dengan teman-teman dan beritahu mereka mengapa itu penting bagi Kamu.

5. Akui emosi pribadi

Meskipun kedengarannya tidak menyenangkan, Hari Valentine adalah kesempatan yang baik untuk memeriksa emosi pada diri sendiri.

Apakah Kamu merasa sangat sedih karena sendirian atau marah karena baru saja ditinggalkan dari hubungan yang tidak berhasil. Kejadian itu mungkin akan menimbulkan perasaan cemburu kepada orang lain yang memiliki hubungan atau pernikahan yang sangat baik.

Baca Juga: Lahan Kopi 1.510 Hektare, Distan Sukabumi Kembangkan Potensi Arabika dan Robusta

Daripada berpura-pura tegar, akui perasaan itu untuk mencegahnya meluap. Tindakan itu juga membantu Kamu memvalidasi diri sendiri dan mengingat bahwa tidak apa-apa merasakan hal tersebut.

Sumber: Suara.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel18 Juni 2024, 06:00 WIB

Bingung Memasak Daging Kurban? Intip 4 Aneka Resep Jeroan Sapi Ini!

Bingung Memasak Daging Kurban? Selamat mencoba dan menikmati berbagai olahan jeroan sapi ini!
Ilustrasi. Sambal Goreng Kentang Ati Sapi. Jika Bingung Memasak Daging Kurban, Yuk Intip 4 Aneka Resep Jeroan Sapi Ini! (Sumber : Freepik/@KamranAydinov)
Science18 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Juni 2024, Termasuk untuk Wilayah Sukabumi, Bogor dan Cianjur

Prediksi cuaca hari ini 18 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi18 Juni 2024, 00:59 WIB

RAI Hergun Pastikan Terbuka Terima Silaturahmi Semua Kandidat Pilkada Sukabumi

Menjelang Pilkada Sukabumi, Rumah Aspirasi dan Inspirasi Heri Gunawan (RAI HerGun) terbuka untuk siapapun, baik warga Kota maupun Kabupaten Sukabumi yang hendak menyalurkan aspirasi dan inspirasinya
Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Heri Gunawan (Sumber : dok Heri Gunawan)
Sukabumi Memilih18 Juni 2024, 00:17 WIB

Bertemu Heri Gunawan, Iyos dan Iman Jajaki Dukungan Gerindra di Pikada Sukabumi?

Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somantri dan Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha menyambangi Rumah Aspirasi dan Inspirasi (RAI) untuk bertemu Anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Heri Gunawan, Senin (17/6/2024) petang.
Iyos Somantri dan Iman Adinugraha bertemu politisi Gerindra Heri Gunawan di RAI Hergun di Kota Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat17 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Alasan Kadar Gula Darah Tidak Mau Turun, Anda Pernah Mengalaminya?

Beberapa orang mungkin pernah mengalami kadar gula darahnya tidak mau turun.
Ilustrasi. Beberapa orang mungkin pernah mengalami kadar gula darahnya tidak mau turun. (Sumber : Freepik/@xb100)
Sukabumi Memilih17 Juni 2024, 20:21 WIB

Dapat Perintah DPP, Miftahul Janah Dipastikan Maju di Pilkada Kota Sukabumi

Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) dikabarkan akan mendorong salah satu kadernya, Miftahul Janah untuk maju di Pilkada Kota Sukabumi 2024.
Miftahul Janah, Bakal Calon Wali Kota / Wakil Wali Kota di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Life17 Juni 2024, 20:00 WIB

6 Rutinitas Sehat yang Bisa Mencegah Lonjakan Kolesterol dalam Darah

Dengan menerapkan rutinitas sehat setiap hari, Anda dapat secara efektif mencegah lonjakan kolesterol dalam darah dan menjaga kesehatan jantung.
Ilustrasi. Rutinitas Sehat yang Bisa Mencegah Lonjakan Kolesterol dalam Darah (Sumber : Freepik.com)
Jawa Barat17 Juni 2024, 19:21 WIB

Gempat Darat M3,4 Guncang Cianjur, BMKG Imbau Warga Waspadai Gempa Susulan

Gempa 3.4 magnitudo mengguncang Cianjur, Jawa Barat, Senin (17/6/2024) pukul 81.21 WIB.
Gempa 3.4 magnitudo di Cianjur, Jawa Barat, Senin (17/6/2024) pukul 81.21 WIB | Foto : Ist
Gadget17 Juni 2024, 19:00 WIB

Laptop Sering Nge Freeze? Begini 9 Langkah untuk Mengatasinya

Laptop nge-freeze adalah kondisi di mana laptop tidak dapat merespons perintah pengguna.
Ilustrasi -  Laptop nge-freeze adalah kondisi di mana laptop tidak dapat merespons perintah pengguna. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa Minta Jodoh Terbaik untuk Laki-laki Maupun Perempuan, Yuk Amalkan

Doa minta jodoh terbaik ini dapat diamalkan bagi perempuan atau laki-laki yang sedang mencari pasangan hidup.
Ilustrasi - Doa minta jodoh terbaik ini dapat diamalkan bagi perempuan atau laki-laki yang sedang mencari pasangan hidup. (Sumber : Pixabay.com/@OlcayErtem).