TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Penting Saat Situasi Genting, Inilah 4 Tips Menyelamatkan Diri Saat Longsor

Penting mengetahui tips-tips menyelamatkan diri saat terjadi longsor agar tidak panik dan tahu apa yang sebaiknya dilakukan.

Penulis
Rabu 23 Nov 2022, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Longsor menjadi bencana alam yang cukup sering terjadi, tak jarang bencana alam ini menyebabkan kerugian tidak sedikit dan juga korban jiwa.

Karena itu penting mengetahui tips-tips menyelamatkan diri saat terjadi longsor agar tidak panik dan tahu apa yang sebaiknya dilakukan.

Dilansir dari Tempo.co, menurut laman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, berikut sejumlah upaya yang dapat dilakukan saat menjumpai tanah longsor:

1. Evakuasi

Jangan sepelekan peringatan evakuasi dini yang disarankan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah disingkat BPBD milik pemerintah. Kebanyakan orang masih sering mengabaikan peringatan evakuasi sampai akhirnya terlambat.

Saat evakuasi, pastikanlah Anda membawa barang penting dan darurat seperti obat, air minum, makanan. Serta jangan lupa untuk memberi peringatan kepada orang sekitar dan juga bawa hewan peliharaan Anda.

2. Menyingkir

Jika Anda berada di area luar ruangan tanpa ada tempat berlindung, maka segeralah menyingkir ke tempat yang lebih aman. Namun tetap waspada dan berhati-hati ketika melangkah. Jangan lupa untuk memperhatikan juga aliran longsoran. Hanya saja ini bisa dilakukan ketika longsor ringan dan lambat.

3. Hati-hati dan waspada

Umumnya, kemunculan longsor erat kaitannya dengan banjir. Jika Anda harus meninggalkan suatu lokasi berbahaya dengan segera sembari berkendara, maka berhati-hatilah. Waspada dengan jalan yang tergenang banjir, jembatan yang roboh, jalanan yang rusak, dan lainnya. Serta senantiasa ingat untuk tidak melawan arus banjir. 


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x