HUT Kostrad ke-60, Batalyon Armed Cikembar Sukabumi Gelar Donor Darah

Jumat 26 Februari 2021, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan prajurit Batalyon Armed 13 Nanggala gelar aksi sosial donor darah dalam rangka memperingati HUT Kostrad ke-16 di Jalan Perintis Kemerdekaan Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (26/2/2021).

Komandan Batalyon Armed 13 Nanggala, Letkol Arm Wahyu Hidayat mengatakan, kegiatan donor darah ini hasil kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi.

"Aksi donor darah ini sebagai bentuk komitmen Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad. Setetes darah untuk kehidupan," ungkap Wahyu dalam keterangan tertulis yang diterima sukabumiupdate.com, Jumat malam.

Baca Juga :

Ganti Kepemimpinan, Danyonif Armed 13 Dijabat Letkol Arm Wahyu Hidayat

Ia menjelaskan, donor darah tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI untuk membantu kelangkaan stok darah di Sukabumi. Terlebih lagi, saat ini ketersediaan darah di PMI sangat kurang lantaran masyarakat mengalami kekhawatiran mendonorkan darah di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Jadi kegiatan donor darah ini, dilakukan bukan hanya pada saat perayaan HUT saja. Tetapi, memang sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad," imbuhnya.

Menurut Wahyu, kegiatan donor darah ini selain mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh prajuritnya, juga sebagai langkah TNI dalam membantu masyarakat yang membutuhkan darah, sehingga mampu memberikan arti bagi keberlangsungan hidup masyarakat.

"Donor darah merupakan satu tindakan yang mulia, karena setetes darah yang kita berikan sangat berarti bagi kelangsungan hidup seseorang yang membutuhkan," bebernya. 

Baca Juga :

Wahyu mengaku cukup bangga melihat puluhan prajuritnya antusias saat donor darah. Bahkan, prajuritnya tak gentar untuk mengikuti pelaksanaan donor darah di tengah pandemi Covid 19. Tak lupa, ia pun tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Kami berhasil mengumpulkan sebanyak 53 labu darah dari kegiatan ini. Terdiri dari 14 labu dari golongan darah A, 16 labu golongan darah B, 4 labu dari golongan darah AB dan 19 labu dari golongan darah O," paparnya. 

Ia mengatakan, seluruh darah yang terkumpul dari aksi donor darah prajuritnya ini akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Kabupaten Sukabumi.

"Semoga melalui kegiatan donor darah ini, meskipun jumlahnya tidak banyak, dapat membantu ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Sukabumi, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Semoga setetes darah yang kita sumbangkan akan berguna bagi orang yang membutuhkan," paparnya.

photoBatalyon Armed Sukabumi donor darah dalam rangka HUT KOSTRAD - (Armed Sukabumi)

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, dr Hondo Suwito menilai sikap dan kepedulian prajurit Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad sangat menginspirasi banyak orang untuk mau melakukan donor darah.

"Setetes darah yang didonorkan prajurit ini, sangat berarti bagi warga yang membutuhkan. Untuk itu, PMI Kabupaten Sukabumi mengucapkan banyak terima kasih kepada Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad," kata Hondo.

Saat ini, masih kata Hondo, stok darah di PMI Kabupaten Sukabumi untuk didistribusikan ke setiap rumah sakit, sangat minim. Hal ini, terjadi lantaran masyarakat khawatir melakukan donor darah di tengah pandemi COVID-19.

"Padahal warga tidak perlu khawatir untuk melakukan donor darah. Karena, virus itu tidak bisa menular melalui darah. Akan tetapi menularnya melalui droplet," paparnya.

Baca Juga :

5 Kecamatan di Kab Sukabumi Raih Reward PMI, Aktif Donor Darah Selama Pandemi

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pendonor dari penularan virus corona atau COVID-19, maka seluruh petugas PMI Kabupaten Sukabumi, sebelum melakukan donor darah, terlebih dahulu mereka dilakukan rapid test. Selain itu, saat melakukan donor petugas PMI juga menerapkan protokol kesehatan. Seperti menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), mulai dari masker, sarung tangan dan lainnya.

"Saya berharap kegiatan donor darah yang dilakukan oleh prajurit Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad ini dapat dicontoh dan menarik minat warga Kabupaten Sukabumi untuk melakukan donor darah," pungkas Hondo.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science26 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 26 April 2024, Waspada Hujan Petir di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari.
Ilustrasi - Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari. | Foto: Freepik.com/wirestock
Life26 April 2024, 00:02 WIB

5 Manfaat Penerapan Pola Asuh Paralel Pada Anak, Salah Satunya Kurangi Masalah Emosional

Keberhasilan mengasuh anak secara paralel tergantung pada menjaga interaksi dengan mantan Anda seminimal mungkin. Karena pola asuh ini memiliki manfaat baik untuk anak.
Ilustrasi manfaat penerapan pola asuh paralel / Sumber Foto: Freepik/@tirachardz
Sukabumi25 April 2024, 23:51 WIB

Tersambar Petir, Rumah di Nagrak Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi. Peristiwa terjadi setelah petir menyambar rumah tersebut.
Kondisi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi akibat tersambar petir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik