Melihat Upaya Aqua Mekarsari Sukabumi Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

Kamis 25 Juni 2020, 08:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Food Agriculture Organitation (FAO) mengingatkan munculnya potensi krisis pangan dunia akibat pandemi Covid-19. Hal yang disampaikan FAO ini menjadi perhatian PT Aqua Golden Mississippi (AGM).

Sebagai bentuk kontribusi dalam memperkuat ketahanan pangan nasional, PT Aqua Golden Mississippi Plant Mekarsari bersama mitra Pendampingan Program Negeri Ternak Indonesia (YNTI) saat ini sedang menjalankan program Kampung Lestari Mandiri yang aktivitas programnya berkaitan erat dengan budidaya pangan baik itu budidaya padi sehat, budidaya sayuran sehat, budidaya lele dan juga budidaya jamur. 

Pelaksanaan Program Kampung Lestari Mandiri saat ini tersentral di Kampung Papisangan Desa Caringin Kecamatan Cicurug Sukabumi. Tepat pada hari Rabu tanggal 24 Juni 2020 bertempat di lokasi Sentra Pengembangan Usaha Tani Kampung Papisangan Desa Caringin dilaksanakan kegiatan seremoni penanaman demplot padi sehat dan pelepasan benih ikan lele di kolam bioflok. 

BACA JUGA: Aksi Bersih Sungai Petani Taman Kehati dan Karyawan Aqua Babakanpari Sukabumi

Kegiatan seremoni ini melibatkan muspika Kecamatan Cicurug yang dihadiri oleh Camat Cicurug, Danramil 0713 Cicurug dan pihak Polsek Cicurug. Selain itu juga dihadiri oleh Kepala Desa Caringin, Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Cicurug, Kelompok Tani Sehat Sri Asih 2 dan masyarakat Kampung Papisangan Desa Caringin serta santri dan santriwati Pondok pesantren dampingan program. 

Budi Raharjo, manager program Aqua Head Office dalam sambutannya menyampaikan program Kampung Lestari selain untuk meningkatan ekonomi petani melalui budidaya padi sehat dan budidaya lele bioflok juga sekaligus sebagai wadah belajar petani yang nantinya akan ditularkan kepada petani yang lain. 

"Selain itu, program ini juga melibatkan pesantren dalam kegitan budidaya sayuran sehat, budidaya lele bioflok dan produksi makanan olahan sehingga kedepannya menjadi pesantren mandiri secara ekonomi dan berwawasan kewirausahaan," jelasnya.

BACA JUGA: Pemberdayaan Petani di Tengah Pandemi Ala Aqua Babakan Pari Sukabumi

Pada prinsipnya bantuan program Aqua sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga diharapkan masyarakat atau para petani penerima manfaat program mampu memicu masyarakat lain untuk ke depannya bersama mengembangkan program ini.

Sementara Wawan Godawan, Camat Cicurug mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Aqua Mekarsari yang telah memberikan bantuan program kepada masyarakat dalam rangka mendukung ketahanan pangan melalui pendampingan kepada anggota kelompok tani. 

"Selain hal tersebut pelibatan santri dan santriwati pondok pesantren dalam program juga sangat penting untuk menumbuhkan kecintaan pada dunia pertanian yang saat ini semakin hilang dari generasi muda kita," tegasnya.

BACA JUGA: Ragam Upaya Aqua Sukabumi Cegah Covid-19, Bantu 10 Ribu Masker Hingga Sebar Hand Sanitizer

Kepala Desa Caringin Iik Suryadi,mengatakan sangat mendukung program yang dijalankan Aqua di Desa Caringin.

"Alhamdulilah dengan adanya program ini anggota kelompok tani dan masyarakat caringin pada umumnya menambah wawasan dan keterampilan baru sehingga menambah kemandirian dalam ekomoni dan mampu mengajak dan menularkan ilmu yang didapat kepada masyarakat yang lain," katanya.

Sementara itu, Ketua Balai Penyeluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cicurug Riwan menuturkan adanya jalinan sinergi program dengan pihak BPP memungkinkan untuk selalu mendapatkan update dan perkembangannya pertanian di Kampung Papisangan maupun Desa Caringin secara umum. 

BACA JUGA: Dua Perusahaan Aqua di Sukabumi Raih Penghargaan CSR

"Kami dari BPP siap meneruskan jalinan sinergi ini melalui penyluhan dan bimbingan kepada para petani," ungkapnya.

Senada dengan Danramil Cicurug, Kapten Armed Mahtom Tohari, yang mendukung program PT Aqua Golden Mississippi Plant Mekarsari.

"Semoga dengan adanya program Kampung Lestari Mandiri mampu mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan nasional, kami dari Koramil 0713 Cicurug siap membangun sinergi kegiatan di lapangan untuk mewujudkan program ketahan pangan pemerintah," kata dia. 

BACA JUGA: Danone-Aqua Raih Dua Anugerah Proper Emas dan Delapan Anugerah Proper Hijau

Ketua Kelompok Tani Sri Asih 2 sekaligus pimpinan Ponpes Umdatul Falah Sebagai penutup, Abdul Cholik selaku menyampaikan terima kasih kepada Aqua Mekarsari yang telah memberikan bantuan dan pendampingan program kepada kelompok tani dan Pesantren Umdatul Falah. 

Menurutnya bantuan pendampingan program ini sangat bermanfaat terutama untuk anggota kelompok, santri dan santriwati serta masyarakat Kampung Papisangan pada umumnya. Dengan adanya dukungan dari banyak pihak Abdul Cholik sangat optimis dapat menjalankan program ini dengan sebaik-baiknya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat12 Mei 2024, 21:00 WIB

Langkah Mudah Membuat Rebusan Teh Daun Jambu Biji untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol.
Ilustrasi - Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. (Sumber : Screenshot YouTube/@Kunci Sehat).
Sukabumi12 Mei 2024, 20:45 WIB

Truk Box Terbalik Di Puncak Dini Geopark Ciletuh Sukabumi, 3 Orang Terluka

Mobil truk box yang membawa dua unit sepeda motor Nmax, terbalik diturunan Puncak Dini, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu (12/5/2024), sekitar pukul 10.30 WIB.
Truk box terbalik di tanajakan dini Geopark Ciletuh Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 Mei 2024, 20:23 WIB

PKS Runner Raih Juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi

Sejumlah pelari yang tergabung dalam PKS Runners mengikuti event Geopark Ciletuh Run 2024
PKS Runner raih juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi | Foto : Ist
Sehat12 Mei 2024, 20:00 WIB

Menurunkan Kolesterol Tinggi: 5 Bahan Alami yang Harus Segera Anda Coba

Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. (Sumber : pexels.com/@Pixabay).
Sukabumi Memilih12 Mei 2024, 19:25 WIB

Caleg Terpilih Bisa Dilantik Belakangan Bila Mencalonkan Pilkada 2024, Begini Teknisnya

Calon anggota legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024 bisa dilantik belakangan, bila yang bersangkutan maju Pilkada serentak yang digelar pada 27 November 2024 mendatang.
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari | Foto : Capture Youtube KPU RI
Sehat12 Mei 2024, 19:00 WIB

Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba.
Ilustrasi minum air putih - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi12 Mei 2024, 18:04 WIB

Pengelola Geopark: Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi Harus Segera Ditangani

Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu sekaligus Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menanggapi longsoran yang terjadi di sekitar wisata Curug Cimarinjung kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark Sukabumi.
Iyos Somantri, Wakil Bupati Sukabumi sekaligus pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Selamat dalam Perjalanan, Agar Kita Senantiasa Dalam Lindungan Allah SWT

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Life12 Mei 2024, 17:00 WIB

Jangan Disepelekan, 7 Cara Membantu Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Bayi

Dari mulai menyanyi dan membaca hingga terlibat dalam permainan drama, ada banyak cara berbeda yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan bahasa anak.
Ilustrasi -  membantu meningkatkan perkembangan bahasa pada bayi dengan membacakan buku. (Sumber : pexels.com/@Lina Kivaka).
Sukabumi12 Mei 2024, 16:53 WIB

Serikat Pekerja di Sukabumi Menolak Pencabutan Status UHC Non Cut Off

FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi menyatakan keberatan dengan langkah BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang mencabut status UHC Non Cut Off per 1 Mei 2024 bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi yang memerlukan pelayanan kesehatan.
FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi menyatakan keberatan dengan langkah  BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang mencabut status UHC Non Cut Off | Foto : Ist