Sinergi BJBS KCP Palabuhanratu, MKKS dan LW Doa Bangsa dalam Penguatan Ekonomi Syariah

Rabu 22 Mei 2024, 15:03 WIB
Pertemuan dan silaturahmi BJBS KCP Palabuhanratu, MKKS dan LW Doa Bangsa membahas Penguatan Ekonomi Syariah | Foto : Ist

Pertemuan dan silaturahmi BJBS KCP Palabuhanratu, MKKS dan LW Doa Bangsa membahas Penguatan Ekonomi Syariah | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu menginisiasi pertemuan dengan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Rayon Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Selasa (21/5/2024).

Pertemuan yang dilangsungkan di Palabuhanratu Sukabumi ini dihadiri pula Nazhir Wakaf Uang, Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa.

Pertemuan dan silaturahmi itu dihangatkan dengan suasana pantai Selatan dan materi diskusi perihal penguatan ekonomi syariah melalui sosialisasi produk-produk perbankan syariah.

Pimpinan BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sugeng Ribowo didampingi Thauriq Vicrianda selaku Staf Pemasaran Pembiayaan menyatakan bahwa produk-produk perbankan syariah seperti haji dan umroh, pembiayaan bagi pegawai dan penghimpunan wakaf uang sebagai instrumen baru dalam wakaf modern sangat strategis dalam membantu masyarakat merealisasikan ibadah haji dan umroh.

Selain itu, (produk-produk perbankan syariah) juga memenuhi kebutuhan masyarakat serta mampu secara solutif menjembatani Lembaga/Yayasan berdikari membangun lembaganya dengan pemberdayaan wakaf uang dan atau melalui uang secara produktif.

Baca Juga: Audiensi LW Doa Bangsa-BJB Syariah, Kolaborasi Majukan Perwakafan di Daerah

Sehingga manfaat atas wakaf tersebut dapat dinikmati oleh civitas akademika secara berkelanjutan.

"Value edukatif terkait wakaf uang ini sangatlah penting bagi anak-anak maupun para guru. Konsep wakaf uang ini mampu menjadi pembelajaran buat mereka dan juga role model bagi lembaga lainnya, sehingga diharapkan literasi akan meningkat dan inklusi keuangan sosial akan meningkat pula," jelasnya.

Ketua MKKS Sub Rayon Palabuhanratu Sukabumi, Dadan Chandra menanggapi bahwa literasi haji dan umroh serta fungsi bank dalam keuangan social yaitu penampung dan pengelola wakaf uang bersama Nazhir sangatlah bermanfaat dan menakjubkan.

Dahsyatnya informasi haji dan umroh dan manfaat wakaf uang sangat solutif dalam merealisasikan keinginan para guru, siswa dan lembaga.

Mereka menyatakan bahwa ternyata sangatlah mudah bagi guru dan siswa untuk untuk berangkat haji dan umroh dengan tabungan haji dan umroh iB maslahah bank bjb syariah.

"Dengan teknologi digital yang canggih, hanya dengan gerakan jari tangan tanpa ribet mengisi formulir, rekening haji dengan mudah terbentuk," ujarnya.

Direktur LW Doa Bangsa Entus Wahidin, menyatakan pemahaman akan wakaf uang sangat sederhana, namun manfaatnya sangat dahsyat.

Terpisah, H Ayep Zaki sebagai dewan pengarah LW Doa Bangsa sekaligus anggota Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan pula bahwa sesungguhnya keabadian marwah pendidikan itu sangat tergantung kepada eksistensi Dana Abadi di sekolah tersebut.

Baca Juga: Paling Banyak Lulusan Sekolah Ini, Menaker Soal 9,9 Juta Anak Muda Nganggur

Kita bisa belajar dari Perguruan Tinggi Al-Azhar, Kairo, Mesir yang menjadi sekolah tertua dalam pengelolaan Dana Abadi berbasis Wakaf yang telah teruji mampu menjadi guardian dalam kelangsungan pendidikan itu sendiri bahkan menjadi penyangga utama negara.

Di Indonesia, Keabadian Wakaf ini, dijamin oleh UU no 41 tahun 2004 tentang Wakaf, berikut turunan peraturan perundangannya.

"Artinya melalui regulasi ini LW Doa bangsa yang telah berlisensi Badan Wakaf Indonesia (BWI) ini memiliki legitimasi dan kesiapan untuk menjadi Nazhir Wakaf Uang yang berkolaborasi dengan Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) seperti Bank BJB Syariah untuk membangun Dana Abadi Pendidikan atau program mauquf alaih lainnya yang menjamin kemaslahatan publik," jelasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 12:30 WIB

10 Cara Ampuh yang Dapat Orang Tua Lakukan Untuk Memotivasi Anak Berbakat

Orang tua yang memiliki anak berbakat seringkali kewalahan dan merasa kecewa karena kurangnya prestasi.
Ilustrasi cara ampuh yang orang tua lakukan untuk memotivasi anak berbaka (Sumber : Pexels.com/@jonasmohamadi)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:18 WIB

Minta Tolong Netizen! Keluarga Korban Celurit Geng Motor di Sukabumi Cari Pelaku

Keluarga Ardi Aulia Muhammad (21 tahun), pemuda yang jari tangannya nyaris putus disabet celurit geng motor di Nanggeleng Citamiang Kota Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024, butuh pertolongan netizen.
Ilustrasi citizen journalism. Keluarga berharap netizen yang melihat peristiwa itu speak up dan memberikan data tentang para pelaku kepada pihak kepolisian. (Sumber: editorandpublisher.com)
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)