BSU 2023 Akan Dihapus? Tenang, Masih Ada Bansos Rp 4,2 Juta

Kamis 05 Januari 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi Uang Bantuan Subsidi Upah (Sumber : Freepik)

Ilustrasi Uang Bantuan Subsidi Upah (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Pertanyaan tentang BSU 2023 akan dihapus dan apa program penggantinya mulai ramai diperbincangkan, seiring dengan adanya wacana jika pemerintah akan menghapus Bantuan Subsidi Upah.

Hal tersebut tentu saja cukup membuat khawatir untuk sebagian pekerja yang gajinya masih di bawah standar karena tidak akan lagi menerima BSU.

Melansir dari Suara.com, sebelumnya, Informasi pencairan BSU 2022 dikabarkan akan berlanjut hingga tahun ini yang kemudian menjadi BSU 2023

Baca Juga: Kapan Bansos BPNT 2023 Cair? Cek Tanggal dan Cara Mencairkannya

Hingga penghujung Desember 2022, Kemnaker hanya menyalurkan BSU kepada kurang lebih 12 juta pekerja dari target yang telah ditentukan sekitar 14 juta penerima. 

Akan tetapi, pada awal tahun 2023 kepastian pencairan BSU 2023 masih simpang siur bahkan digadang-gadang bakal dihapuskan.

Meski begitu, jangan terlalu dipikirkan karena pemerintah belum mengkonfirmasi secara langsung mengenai kabar penghapusan BSU 2023 ini.

Selain itu, jikalau program bansos BSU memang benar dihapuskan, masih ada bansos pengganti dengan nilai sama yakni sebesar Rp 600 ribu yang dikabarkan siap cair tahun 2023 ini. Masyarakat hanya perlu modal KTP saja untuk bisa mendapat bansos ini. 

Bantuan Rp 600 ribu ini diperkirakan akan melebihi BSU jika diakumulasikan dengan besaran total yang didapat yaitu hingga Rp 4,2 juta per orang. 

Masyarakat bisa mendapatkan bansos sebesar Rp 600 ribu tidak hanya lewat BSU saja, akan tetapi mereka bisa dapat bansos melalui program Kartu Prakerja 2023. 

Diketahui, program Kartu Prakerja 2022 telah berakhir pada gelombang ke 47. Selanjutnya, pemerintah memastikan bakal melanjutkan program Prakerja tersebut di tahun 2023 ini, yang secara otomatis akan berlanjut gelombang 48. 

Berdasarkan informasi yang beredar, program Prakerja 2023 gelombang 48 ini bakal menggunakan metode skema normal. Artinya pemberian bansos Prakerja tidak seperti di tahun sebelumnya yang menggunakan program semi bansos karena berkaitan dengan adanya pandemi. 

Penerapan skema normal ini secara tidak langsung akan membuat besaran bansos yang di dapat oleh masing-masing peserta Prakerja 2023 lebih besar daripada Prakerja di tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 triliun untuk disalurkan total kepada 1,5 juta peserta Prakerja 2023. 

Namun, besaran total tersebut bakal dibagi menjadi dua bagian. Untuk bantuan biaya pelatihan senilai Rp 3,5 juta dan insentif setelah selesai pelatihan yaitu sebesar Rp 600 ribu, kemudian ditambah lagi dengan insentif survei sebesar Rp 100 ribu untuk dua kali pengisian survei yang kemudian jika ditotalkan menjadi Rp 4,2 juta. 

Untuk mengikuti dan daftar sebagai peserta pada program Prakerja 2023, prosedurnya hampir sama dengan program BSU yakni hanya memerlukan KTP saja.

Namun, hingga saat ini belum ada informasi resmi terkait kapan program Prakerja 2023 akan dimulai. Masyarakat tidak perlu khawatir karena bansos senilai Rp 600 ribu dari Prakerja ini diperkirakan akan cair pada bulan ke 3 tahun 2023. 

Selain Prakerja, ada sejumlah bansos yang cair di 2023 ini. Beberapa bansos tersebut diantaranya yaitu PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan subsidi listrik. Diperkirakan bansos tersebut juga akan segera cair. 

Demikian tadi ulasan mengenai BSU 2023 dihapus, apa penggantinya? Masyarakat hanya perlu bersabar hingga program Prakerja 2023 dibuka. 

Sumber: Suara.com (Putri Ayu Nanda Sari)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat28 Maret 2024, 18:42 WIB

6 Penyebab Berat Badan Naik Meski Sedang Berpuasa, Ini Pemicunya

Terdapat beberapa sebab yang memicu berat badan jadi naik meski sedang mnejalani puasa Ramadhan. Penting diantisipasi agar tidak makin buncit
Penyebab berat badan naik saat puasa | Foto : Pexels/ SHVETS production
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)
DPRD Kab. Sukabumi28 Maret 2024, 17:55 WIB

Harapan DPRD Sukabumi Kepada Kades yang Kini Memiliki Masa Jabatan 8 Tahun

Revisi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disahkan pada rapat paripurna DPR RI, Kamis (28/3/2024). Salah satu perubahan signifikan adalah masa jabatan kepala desa menjadi 8 tahun dan bisa 2 kali masa jabatan.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Jejak Wakil Rakyat
Sehat28 Maret 2024, 17:30 WIB

Cara Mudah Menghilangkan Asam Lambung: 4 Hal Ini Dapat Menolong Anda

Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah.
Ilustrasi - Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah. (Sumber : Freepik.com)
Gadget28 Maret 2024, 17:10 WIB

Waspada, 6 Tanda HP Anda Telah Diretas Orang Lain, Berikut Ciri-cirinya!

Terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa HP anda sudah diretas oleh orang lain. Karenanya penting untuk diperhatikan
Ilustrasi. Mengetahui HP diretas orang lain. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life28 Maret 2024, 17:04 WIB

6 Cara Ampuh Mencegah Ular Masuk Rumah, Yuk Terapkan Sekarang Juga!

Mencegah ular masuk ke dalam rumah keharusan yang harus dilakukan untuk antisipasi lebih awal. Maka penting diketahui setiap pemilik rumah.
Ilustrasi. Cara mencegah ular masuk ke dalam rumah. (Sumber foto : Pexels/Pixabay)