Penting Diketahui, Ini Dia Persiapan Sebelum Klaim Asuransi

Sabtu 09 Juli 2022, 12:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki asuransi merupakan sebuah keuntungan, hal ini karena dengan adanya asuransi maka apabila ada hal yang terjadi di luar dugaan maka anda dapat meminimalisir kerugian yang akan didapatkan. 

Asuransi memberikan proteksi atas kejadian yang tidak terduga, tidak hanya terdapat untuk asuransi jiwa saja, namun juga didapatkan untuk asuransi mobil.

Asuransi bisa Anda klaim dengan beberapa persyaratan setelah melakukan iuran secara rutin untuk membayar iuran asuransi kendaraan dengan tarif premi asuransi mobil berbeda-beda sesuai dengan proteksi yang dipilih. 

Selain itu, persyaratan pada pengajuan klaim harus lengkap dan sesuai dengan jenis asuransi yang Anda gunakan. Berikut adalah tahapan persiapan sebelum klaim asuransi:

1. Terjadinya peristiwa yang merugikan financial

Apabila Anda memiliki asuransi baik jiwa maupun kendaraan hingga bisnis, Anda bisa mengajukan klaim asuransi apabila hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya kecelakaan, pencurian, dan hal lainnya yang menyebabkan kerugian secara finansial.

2. Lapor ke perusahaan asuransi

Apabila hal yang tidak menyenangkan terjadi dialami oleh anda maka langkah selanjutnya adalah Anda perlu melaporkannya kepada pihak asuransi.  

Biasanya pihak pelayanan asuransi memberikan pelayanan secara online maupun offline sehingga anda bisa melakukan lapor dengan mudah.

3. Menyiapkan data yang perlu ditinjau oleh pihak asuransi

Setelah Anda mengajukan lapor maka pastikan bukti lapor tersebut memiliki bukti nyata baik foto atau pernyataan tertulis. 

Sejatinya hal ini bisa Anda lakukan bersamaan saat mengajukan lapor untuk memastikan bahwa yang dialaminya itu benar terjadi.

4. Penilaian klaim

Setelah mengajukan lapor dan melengkapi persyaratan berkas untuk mengajukan asuransi mobil. Maka berkat akan diperiksa oleh pihak pelayanan asuransi.

Apabila klaim disetujui oleh perusahaan asuransi maka klien yang tertanggung akan menerima penggantian atas klaim dengan nilai kerugian sesuai dengan perjanjian atau polis.

Oleh karena itu, pada saat pengajuan klaim terhadap barang yang memiliki asuransi perlu adanya persiapan sebelum klaim asuransi. Hal ini bertujuan agar asuransi yang anda pilih berjalan sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya yaitu sebagai meminimalisir kerugian yang disebabkan karena hal yang tidak terduga.

Dengan Anda memiliki asuransi pada kendaraan Anda ,terutama apabila Anda menggunakan asuransi mobil, maka Anda bisa mendapatkan manfaat apabila hal yang tidak terduga terjadi dengan kendaraan yang anda miliki. Anda bisa meminimalisir kerugian akibat kehilangan atau kecelakaan kendaraan yang dimiliki.

Ada banyak jenis asuransi mobil yang dapat Anda pilih sebagai opsi asuransi kendaraan Anda. Tentunya jenis pilihan tersebut dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk memiliki ketenangan dan jaminan saat menggunakan kendaraan tersebut.

Persiapan sebelum klaim asuransi tentunya sangat penting untuk dilakukan agar klaim asuransi tidak ditolak berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan asuransi ditolak.

1. Risiko yang dialami tidak ditanggung asuransi

Sejatinya setiap pelayanan asuransi memiliki produk yang berbeda-beda, oleh karena itu klaim bias saja ditolak apabila hal yang terjadi bukan yang termasuk dalam perjanjian polis antara perusahaan dengan klien.

Oleh karena itu, upayakan untuk memilih jenis asuransi yang memiliki risiko lebih luas, meskipun pembayarannya lebih mahal namun dengan hal ini kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

2. Tidak sesuai dengan persyaratan polis

Melakukan persiapan sebelum klaim asuransi. Sangat penting karena apabila persyaratan yang sudah disesuaikan dengan pihak perusahaan hal ini bisa menjadi alas an mengapa klaim ditolak oleh pihak perusahaan.

3. Melebihi batas waktu

Meskipun dengan adanya asuransi anda bisa mendapatkan ketenangan, namun demikian apabila hal yang tidak diinginkan terjadi maka anda harus segera melaporkannya. 

Karena apabila klaim tidak segera dilaporkan maka biasa saja kalim akan ditolak. Pada dasarnya klaim memiliki batas waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan pihak asuransi.

Tidak hanya batas waktunya saja hal ini juga bergantung dengan jenis asuransi mobil yang dipilih. Pastikan saat anda memilih untuk menggunakan asuransi kendaraan pahami pelayanan dan manfaat apa saya yang bisa Anda peroleh. 

Karena dengan hal ini Anda biasa dengan detail memahami kekurangan serta kelebihan jenis asuransi yang Anda pilih.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi Memilih25 April 2024, 19:04 WIB

Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Daftar ke PAN, Fikri Abdul Aziz memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Fikri Abdul Aziz mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali

Mengelola perasaan sedih dan mencapai kebahagiaan bisa menjadi perjalanan yang panjang.
Ilustrasi. Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Life25 April 2024, 18:49 WIB

Menghadapi Situasi yang Mengecewakan, Simak 4 Alasan Mengapa Anak Bertingkah Seperti Ini

Meskipun menangani anak-anak Anda yang bertingkah bisa menjadi tantangan di saat-saat yang panas, yakinlah bahwa semua anak akan bertingkah pada satu waktu atau yang lain
Ilustrasi alasan mengapa anak bertingkah | Foto : Freepik/@freepik
Sehat25 April 2024, 18:38 WIB

7 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Anak-anak, Yuk Bunda Cari Tahu

Apel mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan kalium.
Ilustrasi manfaat apel bisa meningkatkan kesehatan otak.( Sumber Foto: pexels.com/ @Mareefe )